Bersama Jenius BTPN, Mengatur Keuangan Keluarga Jadi Nggak Ribet!

atur keuangan keluarga bersama jenius BTPN

“Is, jangan lupa transfer gajian ke Jenius BTPN, ya…” Inilah chat whatsapp dari Kangmas setiap akhir bulan.

Wah, nggak kerasa sudah lebih dari 2 tahun saya dan Kangmas jadi Teman Jenius. Jenius BTPN dan segala improvement-nya sudah seperti sohib banget deh dengan kehidupan finansial keluarga kami. Bisa dibilang Jenius itu jadi saksi hidup pendewasaan kami di bidang finansial. Ceilaaah…

Mengatur keuangan keluarga itu pusing-pusing seru, sih. Lebih banyak pusingnya dari pada serunya, hahaha… Seru karena ngurusin uang. Coba, siapa sih yang nggak suka uang? Tapi juga pusing karena banyak banget yang harus dipikirin. Harus nabung untuk dana darurat, ngasih ortu. Buat makan sehari-hari harus cukup tapi pengen juga minum boba yang lagi hits itu.

Awal menikah, saya nyobain mengatur keuangan pakai cara-cara yang beredar di internet. Dipisah-pisah gitu pakai dompet yang bersekat. Ambil sejumlah cash. Sekian buat ongkos Kangmas, sekian buat belanja, sekian buat jajan. Uang tabungan di rekening gajian. TERNYATA SULIT MENAHAN GODAAN, SODARA!

Uang cash habis sebelum akhir bulan? YA NARIK LAGI DI ATM. Ada barang yang nggak perlu-perlu amat tapi lucu di marketplace? LANGSUNG CHECK OUT SAAT ITU JUGA. Gimana coba ini tabungan mau kekumpul? Mana mulai melek finansial dan harus ngumpulin dana darurat. Kalau gini caranya, duit di rekening habis terus, dong :((

FIX. REKENING DANA DARURAT HARUS DIPISAHIN.

Untunglah saya bertemu dengan Jenius BTPN. Lebih tepatnya diracunin sama suami sendiri sih gegara tergiur sama promo nontonnya. Hahaha, iya saya selemah itu sama promo nonton. Dulu. Kalau sekarang sih mikir puluhan kali mau nonton ninggalin Kabay.

Long story short, saya bikinlah rekening Jenius di sebuah mall besar di Bogor. Wuiih, bikinnya saja di Mall, bukan di kantor cabang. Emang nyasar generasi millennial hobi kongkow kayaknya nih. Dan emang ternyata, Jenius ini bukan bank biasa. Jenius adalah digital banking yang cocok banget untuk kita-kita para digital-savvy.

Aplikasi Jenius juga user-friendly banget. Asli deh, design-nya bikin betah dilihat dan nggak ngejelimet. Mau transfer? Mau bikin tabungan berjangka? Mau bikin deposito? Bahkan mau nuker ke mata uang lain? Cukup lewat aplikasi saja, nggak perlu ke bank segala. Bye-bye deh harus izin kantor dan ngantri di bank~

*****

Terus, gimana caranya biar nggak ribet mengatur keuangan keluarga dengan Jenius BTPN?

Selama jadi Teman Jenius, saya dan Kangmas sangat terbantu dalam mengurus keuangan keluarga. Oww, tentu saja kami memanfaatkan promo dan fitur-fitur Jenius. Kita breakdown satu-satu ya, fitur-fitur apa saja yang sangat bermanfaat bagi kami.

💰 PROMO MONYAY

Setiap gajian masuk ke rekening, kami berdua selalu menunggu hari Senin untuk transfer ke Jenius. Kenapa cobaaa?

Karena ada promo Monyay! Yeay!

Kalau isi saldo rekening Jenius minimal 500ribu, kita akan dapet cashback 6.500 ke Jenius kita. Lumayan kan jadi gratis biaya transfernya. Saya dan Kangmas punya rekening Jenius masing-masing. Jadi, bisa transfer dulu ke Jenius baru dibagi-bagi sesuai pos masing-masing.

*****

💰 FREE TRANSFER ANTAR BANK DAN TARIK TUNAI DI ATM MANAPUN

Ini sih fitur favorit saya dan Kangmas. HAHAHAHA. Maklum deh, biaya transfer dan tarik tunai yang ‘cuma’ 6.500 itu kalau berkali-kali kan bisa buat jajan mie ayam. Lumayan banget, ye kaaan? #makmakngirit

Kalau pergi ke mana pun, kami merasa aman meski hanya bawa Kartu Debit Jenius. Bisa narik uang dari ATM mana saja~ Nggak perlu ngantri di ATM tertentu. Mana yang kosong, cusss langsung saja ke situ.

Berhubung rekening orang tua kami beda bank, fitur ini sangat bermanfaat banget buat ngasih-ngasih ke ortu. Karena rekening Jenius saya di atas 10 juta terus, jadi selalu dapet kuota free 25 kali transaksi tiap bulan, deh *somvoonk

*****

💰 TOP UP E-WALLET SEMUDAH ITU

Keuangan zaman sekarang sudah mulai beralih ke dompet digital alias e-wallet. Sebut saja e-wallet ojek online yang sering ngasih promo cashback atau dompet sebelah yang sering ngadain promo nonton.

“Mas, pesen makanan, yuk! Lagi ada promo payday, niiih…”

Eh, lihat saldo e-wallet Kangmas ternyata sudah abis.

Tenaaang…

Cuma beberapa klik lewat aplikasi Jenius, sudah keisi lagi deh saldonya. Gratis transaction fee-nya pula. Dan asiknya itu, langsung kesimpen nomor e-wallet-nya. Jadi, nggak usah ribet ngapalin nomor.

“Boros dong gampang banget isi e-wallet?”

Eits, kan udah misahin dulu untuk dana darurat. Jadi, untuk top up e-wallet ini udah ada budjeting sendiri dooong. Nggak mengganggu pos yang lain.

Iya, semudah itu top up e-wallet :))

*****

💰 SIMPAN DANA DARURAT DI FLEXI SAVER

Saya dan Kangmas baru melek finansial setelah menikah. Salah satunya menjadi lebih aware tentang dana darurat. Kata financial planner, dana darurat ini harus punya likuiditas tinggi alias harus gampang dicairkan. Ya namanya juga darurat, butuh uang cepet.

Naah, pas banget deh di Jenius punya fitur Flexi Saver. Pokoknya, abis gajian dan transfer ke Jenius, sebagian besar uang langsung masukin ke Flexi Saver sebagai dana darurat. Sisanya, ya buat kebutuhan hidup. Kalau di Flexi Saver kan beda dengan saldo aktif, jadi nggak bakal kecampur dengan kebutuhan lainnya.

Hebatnya, kalau emang ada kebutuhan darurat, ya tinggal pindahin ke saldo aktif hanya lewat aplikasi. Iiiih, love banget akutu sama Jenius. Bisa beberapa kantong tapi cuma 1 rekening. Nggak ribet harus ngurusin ke banyak bank.

Dana darurat aman di Flexi Saver

*****

PENTINGNYA DANA DARURAT

Dana darurat itu sepenting apa sih?

Baru bulan yang lalu, dana darurat kami sempat terpakai. Orang tua kami sedang merenovasi rumah dan minta bantuan dana. Sebagai anak yang berbakti, masa iya nggak ngebantuin? Tapi kan biaya renovasi nggak sedikit. Untung saja, kami punya dana darurat di Flexi Saver.

“Butuh berapa, pa?”
“Sekian juta, Mas…”

Membantu orang tua kondisi tertentu termasuk kondisi darurat kan. Jadi, sebagian dana saya tarik dari Flexi Saver Jenius saya dan ditransfer ke rekening orang tua. GRATIS BIAYA TRANSFER DONG, TENTUNYA.

Dengan adanya dana darurat, flow cash keluarga nggak terganggu dan tetap bisa ngebantuin ortu. Coba kalau kami nggak menyisihkan buat dana darurat, bisa kacau balau keuangan kami.

Nah, sekarang ini kami sedang ngumpulin dana darurat lagi sesuai target. Doain ya, supaya anniversary ketiga pernikahan kami sudah bisa kekumpul. Biar bisa napas lega sebelum ngumpulin buat biaya pendidikan Kabay #parenthoodlife :’)

renovasi1 atur keuangan keluarga teman jenius BTPN
renovasi 2 atur keuangan keluarga teman jenius BTPN
Bantu renovasi rumah orang tua dengan dana darurat

Sebenarnya, masih banyak loh fitur andalan dari Jenius BTPN ini. Kalau mau tahu lebih lengkapnya bisa ke web Jenius atau DM ke IG saya di @raniaacil. Sini-sini, saya racuni kalian semua supaya bisa merasakan enaknya pakai Jenius. Hahahaha… Emang secinta itu saya sama Jenius.

Selain menjadi digital banking andalan saya, Jenius juga punya forum bagi para Teman Jenius untuk saling berinteraksi, yaitu Co.Create. Banyak artikel tentang tips-tips keuangan juga di sini. Kita juga bisa menulis tips keuangan ala kita. Siapa tahu ada terbantu dengan tulisan yang kita buat.

Jenius juga menyediakan wadah untuk ide-ide menarik demi pengembangan Jenius. Oh iya, ternyata fitur top up e-wallet itu berasal dari ide salah satu Co.Creators looh… Tuh kan, ide kita jadi bermanfaat untuk orang se-Indonesia.

Co.Create juga sering mengadakan meet up. Tapi berhubung tempatnya agak jauh dari domisili, saya belum sempet ikut. Makmak mah banyak yang harus dipikirin kalau mau pergi-pergi tuuuh.

suami istri atur keuangan keluarga teman jenius BTPN
Suami istri kompak pakai Jenius BTPN 😀

Ini lah cerita saya dan Kangmas sebagai #temanjenius dalam mengelola keuangan keluarga. Dengan Jenius, mengatur keuangan keluarga jadi nggak ribet!

Terima kasih, Jenius 😀

Ada yang punya pengalaman dengan Jenius juga? Yuk, cerita di kolom komentar :))

You may also like

6 Comments

    1. Butuh trial and error ya buat ngaturnya, tricky soalnya
      Coba buka aja Mba, membantu banget loh Jenius ini. Terutama free transfer dan tarik tunainya itu membantu banget

  1. Wah bisa buka deposito mba di jenius?
    Aku udah terlanjut bikin akun banking lain dan udah lumayan cocok disana, tapi kok dari review2 orang sekitar malah bikin mupeng

    1. Bisa banget Mba, malahan bisa tarik sebelum jatuh tempo tanpa kena penalti. Ya tapi ga dapet bunganya sih. Cukup via aplikasi aja, ga perlu ke bank

      Jenius emang bikin semupeng itu Mba, hihihi

  2. Wah… seru sepertinya aplikasi ini. Selama ini masih ngatur keuangan secara manual dan memang susaaaah banget nahan godaan. Thank you rekomendasinya ya mbak. Bisa jadi alternatif untuk memudahkan mengatur keuangan nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *