Kopdar Playdate Ibu Profesional Bogor

kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Waah, udah berapa minggu blog ini ga ada postingan terbaru? Pada kangen gaaa? Semoga kangen yah, biar nyenengin saya gitu kalau blog ini ada yang baca, hehehe…

Sebenarnya, sudah ada beberapa daftar ide mau nulis apa. Tapi, minggu-minggu kemarin itu saya dan Kangmas lagi sibuk mengurus revisi skripsi untuk menebus ijazah sarjana yang sudah 2 tahun masih nginep di kampus, hihihi… Jadi, fokus saya lebih terprioritaskan untuk melengkapi persyaratan mengambil ijazah, seperti revisi skripsi, membuat poster dan bolak-balik kampus untuk tanda tangan dosen sebelum Kabay keburu launching.

Long story short, hardcover skripsi sudah beres dan bertanda tangan lengkap. Tinggal distribusi ke dosen pembimbing dan kampus. Klo Kabay keburu lahir, tugas negara ini saya serahkan pada Kangmas aja deh, ups… Ga apa-apa yah mas, demi istri~

Nah, saya mau cerita tentang Kopdar Playdate Ibu Profesional Bogor sebulan yang lalu. Seperti batch-batch sebelumnya, setiap kelas matrikulasi per kota mengadakan kopdar alias kopi darat untuk mengenal lebih dekat siapa sih observer, fasilitator dan para matrikan yang pada semangat belajar meskipun hanya saling menyapa di grup whatsapp?

Awalnya kita berdiskusi mau kopdar di mana dan mau ada acara apa lagi selain say hi saja? Untuk tempat, diputuskan di Kebun Raya Bogor karena lokasinya di tengah-tengah dan enak juga untuk membawa anak. Biar bisa lari-lari bebas. Tapi, tanggal yang diusulkan terlalu mepet untuk persiapan. Akhirnya, ternyata dari IP Bogor sendiri punya rencana untuk mengadakan kopdar dan playdate. Yowesss, kita gabung saja sekalian biar rame pesertanya.

Terputuskanlah acara kopdar ini jatuh di hari Minggu, 21 Oktober 2018 di Kebun Raya Bogor. Acaranya akan ada lomba menghias donat untuk anak-anak di atas 2 tahun, kegiatan mencap daun dan untuk ibu-ibunya ada sharing session dengan Bunda Nesri, koordinator pertama IP Bogor, tentang Happy Mom, Happy Problems! Bapak-bapaknya gimana? Bisa milih, kalau tidak membawa/belum punya anak, bisa ikut sharing session, atau mendampingi anak-anak yang sedang berkegiatan. Atau seperti Kangmas, asik muter-muter Kebun Raya sendiri, hihihi…

sharing session kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Acara dimulai sekitar pukul 8 pagi. Setiap peserta dikasih label nama supaya saling kenal. Waktu mulai gabung, saya masih malu-malu gitu. Saya mah kan emang gitu orangnya, warming up-nya lama kalau ada di lingkungan baru. Lebih seneng mengobservasi dulu.

Sambil memerhatikan sekeliling, saya nyamperin beberapa orang yang saya familiar dengan foto profil whatsapp-nya. Oooh ini looh ketua kelas Matrikulasi Bogor Batch 6, Mba Tika. Oooh, ini looh observer kelas Bogor, Mba Dira. Dan kebanyakan saya yang disapa duluan oleh sesama matrikan, “Mba Rania, yah?” terus saya balas menyapa setelah lihat label nama dulu. Akhirnya, ketemu juga dengan Mba Evi, Mba Lelly, Mba Widyas, Mba Fanny dan temen-temen yang lainnya. Kalau soal wajah, saya bisa mengenal dengan cepat, tapi kalau soal nama, saya menyerah untuk menghapal dan mencocokannya dengan wajah. Maafin yah temen-temen…

kangmas dan topi chef kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjut dengan membuat topi chef dari kertas karton. Saya sih sebenarnya ga mau ikutan, toh topinya buat anak-anak yang mau ikut lomba dekorasi donat. Jadi, saya sama sekali ga bawa persiapan apa-apa untuk membuat topi chef ini. Tapi melihat antusiasme yang lain, saya kok jadi kebawa ya? Seru gitu melihat yang gunting sana-sini, melipat sana-sini. Jadi pengen ikutan kan… Untung ada yang bawa koran banyak. Akhirnya, saya bikin topi chef ala kadarnya dan Kangmas yang jadi peraganya, hihihi…

konsumsi kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Lalu, anak-anak digiring menuju tempat dekorasi donat dan mencap daun. Naaah, saatnya buibu yang deh! Sebelumnya, dipersilakan dulu untuk ngambil makanan di spot putluck. Konsumsinya hasil buibu yang sudah sukarela bawa. Makanannya banyak bener! Sampe enak kan saya makan terus, maklum bumil, ibu hamil doyan ngemil.

Naah, sharing session-nya dengan narasumber Bu Nesri Baidani. Bagaimana sih cara menghadapi masalah sehingga menjadi seorang ibu yang bahagia?

bu nesri kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Nah, Bu Nesri memberikan tips and tricks how to be a happy mom with happy problems!

  1. Masalah itu jangan dianggap sebagai sebuah masalah, tapi sebuah TANTANGAN

  2. Identifikasi tantangan. Tantangan ada 2 jenis: dari dalam dan dari luar

  3. Di IIP ada sebuah mantra, yaitu SWITCH! (mengganti pikiran kita dengan pikiran baru yang positif). Lakukan sambil menjentikan jari agar tubuh juga ikut terbawa emosi positif.

  4. Pikiran negatif? CANCEL! CANCEL! GO AWAY!

  5. Contoh tantangan dari dalam: malas. Malas? Cancel! Cancel! Go away! Switch ke rajin. Lelah mengerjakan switch ke harus mengerjakan.

  6. Contoh tantangan dari luar: komentar negatif dari keluarga dan tetangga. Komentar negatif? Cancel! Cancel! Go away!

  7. Kita yang tentukan kebahagiaan kita sendiri.

  8. Kenapa Ibu harus bahagia? Karena hanya ibu bahagia yang dapat mendidik anak bahagia.

bunesri 2 kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

Selain buibu dan nakanak, banyak juga pabapa yang ikut mendampingi. “Kabaaay, Kabay kapan lahirnya?” Kangmas mengusap perut saya karena pengen juga ikut gendong anak kecil kayak pabapa yang lain. Terima kasih Kangmas udah ngizinin aku ikut komunitas dan kopdar ini.

Terima kasih juga untuk IPers Bogor dan teman-teman Matrikulasi Batch 6 atas energi positif yang selalu menguar dari awal hingga akhir acara. Kalau ditanya apa yang kurang dari acara kopdar kemarin? Kurang lamaaaaaaa… Masih pengen ketemu dan kenalan lebih lanjut dari sekedar bertukar cerita lebih banyak. Insya Allah.

wefie kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

matrikan batch 6 kopdar playdate ibu profesional bogor honeymoonjournal.com

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *