BPN30 #3 | Honeymoon Journal dan Doa di Baliknya

memilih nama blog honeymoonjournal.com

Memilih nama blog itu menurut saya susah-susah gampang. Kebanyakan susahnya dibanding gampangnya. Apalah arti sebuah nama, ceunah kata orang luar sana. Tapi justru nama itu harus punya arti, penuh filosofi dan disematkan sebuah doa dan mimpi. Apa lagi kalau memilih nama untuk anak. Saya dan Kangmas sempet galau mau ngasih nama apa untuk Kabay. Eh ko malah curhat nama anak siiih? *fokus*

Perjalanan saya nge-blog lumayan lama sebelum lahirnya blog ini. Menulis blog-nya pun di platform yang berbeda-beda. Karena tempatnya berbeda, alhasil namanya juga beda-beda, deh. Dari perbedaan nama ini sih ceritanya mau bikin kesan yang berbeda gitu. Kalau pakai istilah blogging sekarang, niatnya mau personal branding yang beda. Hahaha, namanya juga dulu itu zaman sedang pencarian jati diri. Seorang remaja yang butuh aktualisasi diri untuk diakui.

Baca juga: 5 Alasan Nge-blog

 

LAPSUS SI ACIL

Sssst, saya mau buka rahasia dikit yang belum pernah saya tulis di sini, niih… Di blog ini kan saya selalu menggunakan nama RANIA yang memang nama saya sebenarnya. Padahal dulu waktu di sekolah, saya dipanggil dengan nama ACIL alias singkatan dari Anak keCIL karena tubuh saya yang mungil. Saking terkenalnya nama panggilan ini, ada seorang teman saya yang bingung sendiri waktu mencari nama saya.

👩🏻: “Cil, gw mau liat nilai lu di daftar. Tapi kok ga ada, ya?”
🧕: “Masa? Ga mungkin ga ada, kan itu daftar satu kelas.”
👩🏻: “Iya, serius ga ada.”
🧕: “Emang lu nyarinya namanya siapa?”
👩🏻: “Acil. Terus gw nyari di alfabet A.”
🧕: “Yaiyalah ga adaaaaa. Nama asli gw kan Rania. Carinya di R laaah…”
👩🏻: “Oh, iya! Hahaha! Gw sampai lupa nama asli lu itu siapa!”

Begitulah personal branding yang sebenarnya sudah melekat kuat. Karena di SMK saya setiap praktek selalu membuat laporan yang dinamai lapsus (laporan khusus), makanya blog di wordpress pun saya beri nama Lapsus Si Acil karena berisi tentang kisah-kasih dan pengalaman ajaib selama sekolah dengan bahasa yang (pengennya sih) kocak. Jadi kalau teman-teman saya nemu blog saya di gugel, udah ketauan itu blog punya saya.

Nama ini bertahan sangat lama sekitar 6.5 tahun di blog gratisan. Saya sempat berganti blog header untuk menunjukkan karakter saya.

header1 memilih nama blog honeymoonjournal.com

Saya pakai header ini untuk menunjukkan blog saya yang isinya seru-seruan. No serious things here. Pokoknya pengalaman yang lucu dan kocak deh.

lapsus si acil memilih nama blog honeymoonjournal.com

Lalu, saya ganti dengan header ini untuk karena saat itu saya sudah mau lulus kuliah dan kepribadian saya (perasaan) lebih dewasa. Padahal kayaknya ga ada yang berubah, masih kayak anak kecil, hehehe… Niatnya header yang ini menunjukkan pengalaman saya yang lebih berwarna.

 

ANOTHERSTORYOFACIL

Nah, nama ini untuk Tumblr saya. Ceritanya sih mau personal branding yang beda gitu dengan blog di wordpress. Kalau di wordpress untuk cerita dengan bahasa sehari-hari, di Tumblr ini cerita dengan bahasa yang lebih nyastra. Kisah yang lain dari seorang Acil. Ceilaaaah, gaya banget yah saya…

Tujuan awal saya bikin Tumblr ga bertahan lama dan akhirnya sebagai sumber asupan fangirling-an saya waktu saya ngefans banget sama Sherlock, Benedict Cumberbatch dan Marvel Cinematic Universe. Makanya, waktu kominfo ngeblokir Tumblr¸ saya sediiiih banget. Sumber asupan paling update saya hilang, huhuhu…

 

DUNIA RANIA

dunia rania memilih nama blog honeymoonjournal.com

Awal tahun ini, nama Lapsus Si Acil saya ganti menjadi Dunia Rania karena saya ingin re-branding diri menjadi sosok yang lebih dewasa. Karena saya sudah menikah, rasanya perlu untuk re-branding biar ga dianggap anak kecil mulu, hihihi… Tapi tetep dengan warna-warna yang colorful.

 

HONEYMOON JOURNAL

header HJ memilih nama blog honeymoonjournal.com

Naaah, ini niih… Untuk blog TLD ini, awalnya saya dan Kangmas mikir mau ngasih nama apa. Awalnya, kami pilih nama journal karena cita-cita kami untuk traveling. Nama honeymoon ya karena traveling-nya untuk bulan madu. As simple as that. Jadi honeymoonjournal.com menjadi catatan perjalanan bulan madu kami, review tempat wisata, tips and trick honeymoon murah. Siapa tahu dapet sponsor supaya bisa honeymoon gratis kan…

Tapiiii, etapiiii… sayangnya saya lupa riset dulu caranya mencari nama domain yang google-friendly. Jadinya, daftar domain dulu baru riset. Ternyata, nama honeymoon journal itu masih kurang spesifik karena niat awalnya kan kami buat blog ini agar bisa nangkring di page one google.

Yowessslah, domain sudah terlanjur dipesan juga dan sempat ngisi beberapa postingan. Sayang (uang) juga untuk ganti lagi.

Tapi (lagi), ternyata kami tidak sesering itu untuk melakukan traveling. Traveling yang pernah kami lakukan (tapi belum sempat saya tuliskan) itu adalah budjet traveling ke Singapore-Malaysia-Thailand dalam 5 hari, ke Lembang Bandung dan ke Yogyakarta. Sisa isi tulisan di blog ini lebih ke curhat tentang pernikahan dan kehamilan.

Jadiiii, kami memperlebar tujuan blog ini bukan hanya sekedar catatan perjalanan traveling, tapi juga berisi perjalanan-perjalanan “bulan madu” kami dan insya Allah bersama anak-anak tercinta yang berkah hingga ke Jannah. Nama honeymoon journal juga memiliki doa karena kami ingin menjadikan pernikahan kami selalu semanis madu, dari saat ini sampai ribuan jam yang akan kami lalui bersama.

Ups, ada bonus foto maternity 2 minggu yang lalu sama Kangmas, hihihi…

doa memilih nama blog honeymoonjournal.com

You may also like

1 Comment

  1. Unik deh nama Honeymoon Journal, berniche travel tapi dengan tema khusus honeymoon bersama keluarga! Semoga terus menulis dari perjalanan-perjalanan keluarganya ya Mbak 🙂 Thank you for sharing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *