Kalau mikirin pernikahan zaman now pasti bikin minder duluan kalau udah ngomongin biaya. Apa lagi dengan banyak referensi dari para selebgram yang harga buket bunganya aja bikin bongkar tabungan setahun. Belum lagi tuntutan semuanya yang harus serba instagramable biar bisa masuk instastory dan feed instagram bikin nambah beban pikiran. Angka beratus-ratus juta udah jadi bayangan menyeramkan!

But, take it easy, my love~

Gimana yah caranya bikin pernikahan zaman now dengan budjet low tapi tetap wow?

Berikut tips dari kami agar dapat mengoptimalkan biaya pernikahan di bawah 100 juta.

1. Kalau masih bisa sendiri, ga usah pakai wedding organizer

Sekarang banyak wedding organizer yang menyediakan berbagai macam paket pernikahan. Keuntungan menggunakan WO adalah kita ga usah ribet-ribet mikirin kebutuhan resepsi, seperti makanan, dekorasi dan make up. Bahkan ada WO yang menyediakan gedung. Namun, kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan jasa ini.

wedding-organizer-biaya-pernikahan-di-bawah-100juta-honeymoonjournal-dotcom
(pict by swinglineblog.com)

Untuk yang berniat mengefisiensikan biaya seperti kami, tentunya WO ini bukan merupakan pilihan. Saat survey ke beberapa WO, biaya yang dibutuhkan mulai dari 90 juta. Itu pun belum termasuk undangan, souvenir dan gedung. Jadi, lebih baik mengurus semuanya sendiri. Memang sih, lebih memakan banyak waktu dan tenaga. Apa lagi untuk orang-orang yang bekerja. Tapi, dengan mengurus segalanya berdua, quality time kalian akan semakin banyak dan hitung-hitung sekaligus belajar mengorganisir rumah tangga.

Kalau punya geng rempong, ga salah ko minta bantuan teman-teman untuk jadi WO ala-ala kita.

 

2. Survey lebih dari 2 vendor. Jangan lelah mencari

Jangan lelah mencari referensi berbagai macam vendor, terutama catering yah, my love. Karena semuanya diurus sendiri, tentu kita harus mencari vendor satu-satu. Gunakan fasilitas internet yang sudah sangat mudah sekarang ini. Ga harus di depan komputer atau laptop, saat sedang menunggu antrian atau istirahat saat kerja pun kalian bisa ko mencari lewat smartphone.

Oh iya, jangan lupa ajak orang tua karena mereka sudah berpengalaman dan saran mereka sangat penting.

 

3. Buat rincian budjeting. Komitmen kepada biaya maksimal

Komitmen ini sangat penting! Saat survey vendor, tentunya harga yang ditawarkan bermacam-macam. Catat rincian budjeting kalian secara digital agar dapat langsung dihitung. Gunakan software perhitungan, seperti Microsoft Excel, untuk memudahkan kalian. Catat serinci mungkin pengeluaran yang akan dikeluarkan, seperti tanggal DP, tanggal pelunasan, menu catering dan penanggung jawab.

Di bawah ini adalah contoh format excel yang kami gunakan. Sila diunduh sebagai gambaran.

rincian-biaya-pernikahan-di-bawah-100juta-honeymoonjournal-dotcom

Catat semua kebutuhan dan biayanya

Setelah mencatat semua kebutuhan beserta biayanya, harus tetap komitmen pada biaya maksimal. Jika biaya maksimal kalian adalah 100 juta, stick to it! Jika anggaran lebih dari 100 juta, evaluasi kembali di mana pos yang dapat dikurangi lalu cari alternatifnya.

 

4. Cari Catering yang paling optimum

Bukan rahasia umum lagi jika MAKANAN adalah hal yang paling penting dalam resepsi pernikahan. Ibarat kata, makanan enak jadi omongan, makanan tidak enak apa lagi. Jadi, usahakan yang terbaik untuk menjamu para tamu undangan, yah…

catering-biaya-pernikahan-di-bawah-100juta-honeymoonjournal-dotcom
(pict by foodndtv.com)

Banyak jasa catering yang menawarkan paket-paketnya. Ingat, jangan tergiur harga rendah! Selalu test food terlebih dahulu.

Jika 500 undangan, biasanya kita harus memesan 2x lipatnya, yaitu 1000 porsi. Biasanya, tamu yang datang itu 70% dari undangan. So, pesan makan berat 700 porsi. Sisanya ramaikan gubugan yang mengenyangkan, seperti spaghetti dan macaroni.

Karena gubugan paling cepat habis (hayoo, ngaku aja kita kalau ke resepsi pernikahan pasti ngincer gubugan dulu kan, hihihi…), minta tolong diatur oleh vendor untuk time switching pengeluaran menu gubugan jangan di 1 waktu agar tamu yang datang belakangan masih bisa mencicipi gubugan.

Sebenarnya, jauh lebih hemat jika masak sendiri. Perbandingannya bisa 50% atau lebih, loh! Naah, jika masak sendiri, beli semua bahan di pasar induk lengkap karena bisa dapat harga yang lebih murah untuk jumlah yang lebih banyak.

Kalau masak sendiri, berarti kita harus mencari tukang masak yang handal, kalau bisa masih kerabat. Kalau tingkat gotong royong antar tetangga masih tinggi, tetangga tak akan segan membantu. Jangan lupa beli sesuatu untuk mereka sebagai ucapan terima kasih, yah…

Untuk urusan catering, berarti ada 2 pilihan:

1. Serahkan pada jasa catering, yang artinya budjet lebih banyak tapi kita terima beres dan ga ribet ngurusin masak, persiapan, menghidangkan dan setelah acara; ataU

2. Masak sendiri, yang artinya kita agak ribet ngurusin belanja di mana, proses memasak dan menghidangkan tapi biaya yang dikeluarkan bisa ditekan. Bahkan dengan budjet yang sama dengan jasa catering kita bisa mendapatkan porsi dua kali lipat.

So, itu pilihanmu, my love~

 

5. Cari dekorasi dan gedung dengan standar medium

Harga gedung beserta fasilitasnya dan dekorasi juga sangat bervariasi. Agar harga bisa miring, lebih baik menyewa gedung sekolah, aula militer atau aula pertemuan masjid. Harganya lebih terjangkau dibandingkan di hotel. Jangan lupa tanyakan fasilitas yang didapatkan. Biasanya kalau di gedung itu mendapat kursi, sound system dan pendingin ruangan, tergantung kebijakan gedungnya masing-masing.

dekorasi-biaya-pernikahan-di-bawah-100juta-honeymoonjournal-dotcom
Biru dan putih menjadi tema dekorasi pernikahan kami

Kalau yang rumahnya cukup untuk menampung orang banyak dan jalannya ga susah, bahkan ga usah ngeluarin budjet untuk gedung. Tuh kan lebih irit lagi.

Berhubung jalan menuju rumah saya penuh liku, jadi kami memutuskan untuk menyewa aula gedung SMA kami. Sekaligus bernostalgia di tempat pertama kali kami bertemu~

Oh iya, untuk dekorasi, tak perlu yang mewah bak pesta di istana raja. Yang standar medium saja. Minta warna yang mencerahkan dan perbanyak bunga sehingga memberikan kesan ceria. Kalau mau ada sentuhan sendiri, banyak ko beredar di internet ide-ide DIY (Do It Yourself) yang ketjeh agar dekorasi pernikahanmu instagramable.

 

6. Baju pengantin lebih baik menyewa

Untuk baju pengantin, lebih baik sewa saja di salon dibanding bikin sendiri. Memang sih kalau bikin sendiri designnya bisa personal dan bisa buat kenang-kenangan. Tapi, pasti gaun pernikahan hanya akan dipakai sekali lalu akan menumpuk di lemari. Jadi, dari pada menambah biaya, lebih baik mencari warna yang diinginkan di salon khusus pernikahan.

 

7. Gunakan medsos sebagai media menyebarkan undangan

Untuk anak-anak muda zaman sekarang, sepertinya undangan lebih cepat tersebar via aplikasi chatting yah. Tidak perlu repot kirim via kurir atau mendatangi rumah satu-satu. Kecanggihan teknologi sangat mempermudah kita.

Eits, tapi undangan cetak tetap perlu loh! Untuk siapa? Biasanya undangan cetak untuk relasi orang tua, atasan di kantor, orang yang dihormati dan perwakilan komunitas. Untuk undangan cetak, cari percetakan yang murah tapi ga murahan designnya. Kenapa? Soalnya biasanya nasib undangan itu kebanyakan berakhir di tempat sampah. Sedih yah? Tapi memang gitu kenyataannya. Jadi, dibanding menghabiskan uang untuk sesuatu yang akan dibuang, lebih baik dialokasikan ke tempat lain, seperti souvenir.

Sekarang, udah banyak ko jasa cetak undangan via online yang designnya kekinian. Yuk, manfaatkan teknologi!

 

8. Cari souvenir yang bermanfaat

Entah sejak kapan tradisi ini dimulai, pernikahan tanpa memberikan souvenir sepertinya masih ada yang kurang. Hmm, hitung-hitung sebagai ucapan terima kasih untuk tamu undangan telah datang ke pernikahan kita. Tentang souvenir, kami menyarankan carilah souvenir berdasarkan azas manfaat, jangan azas murah. Jangan lelah mencari yah, my love! Banyak jenis-jenis souvenir yang selain berkesan tapi juga bermanfaat untuk para tamu undangan. Contohnya, tote bag dengan design pernikahan kita.

souvenir-tas-blacu-tote-bag-biaya-pernikahan-di-bawah-100juta-honeymoonjournal-dotcom
Tote bag ini design sendiri looh

Dari mana belinya? Sekali lagi, hari ini informasi dari manapun sudah ada di genggaman kita. Sudah banyak vendor souvenir yang go online, loh! Kami pun mendapatkan vendor souvenir tas blacu dari jogja dan lokasi kami berada di Bogor. Tinggal hubungi via WA, bikin kesepakatan, transfer dan barang pun dikirim. Gampang bukan?

 

9. Untuk dokumentasi, bisa menggunakan jasa teman yang baru buka jasa fotografi

Kamera digital (DSLR ataupun mirrorless) sudah menjadi barang penting yang harus dimiliki kaum millennial. Apa lagi sudah banyak anak-anak muda yang merintis usaha fotografi. Naah, kalau kalian memiliki teman seperti ini, jangan ragu untuk memakai jasa mereka. Selain bisa dapat harga bersahabat, kalian juga membantu teman kalian untuk menambah jam terbang mereka. Yang namanya teman itu saling membantu kan…

 

10. Selesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa emosi

Terakhir nih, pernikahan itu bukan hanya menyatukan dua insan, tetapi menyatukan dua keluarga menjadi keluarga besar. Pasti banyak ‘gesekan-gesekan’ selama kalian mempersiapan acara (semoga) seumur sehidup sekali ini. Orang tua ingin begini, calon mertua ingin begitu, ingin ini ingin itu banyak sekali~

Ga usah pusing dan stress yah, my love. Itu hal yang biasa. Jadi, selesaikan semua masalah dengan kepala dingin. Ajak pasangan kalian untuk sama-sama berpikir dewasa. Kan udah mau berumah tangga, harus belajar bijaksana. Pasti ada jalan tengahnya. Tenang, semua ini akan selesai dengan bahagia.


Oke, sekian tips and tricks mengatur biaya pernikahan di bawah 100 juta dari kami. Di bawah ini adalah hitungan kasar budjet pernikahan yang sudah kami selenggarakan bulan Juli 2017.

AKAD
• KUA : 800.000
• Mahar : 2.900.000

• RESEPSI
• Catering (800 porsi, free 3 gubug) : 36.000.000
• Gubugan tambahan (5 jenis, 800 porsi): 8.500.000
• Rias, baju : 6.500.000
• Dekorasi : 11.500.000
• Fotografer : 2.500.000
• MC (Akad+resepsi) : 750.000
• Upacara Adat Sunda : 6.000.000
• Gedung : 6.500.000
• Undangan : 1.300.000
• Souvenir : 3.570.000
• Sound System : 500.000
• Print photo props, guest book personal : 400.000
• TOTAL : 87.720.000

Untuk kalian para calon pengantin, semangaaaat! Yakinlah pernikahan itu adalah pintu rezeki. Semoga Tuhan melancarkan semua urusan kalian.

 

Salam cinta,

honeymoonjournal-dotcom

1 comment on “Mengatur Biaya Pernikahan di Bawah 100 Juta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *