NHW #5: Belajar Bagaimana Cara Belajar

BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR
(Learning How to Learn)

 

“Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan “proses” anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.”

 

Tetoooot! Pas baca clue NHW #5 cuma segini dooooong… Tetiba saya merasa bingung harus nulis apa karena NHW 1-4 biasanya sudah jelas tertulis pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab. Nah looh…

Ternyata teman-teman IIP Bogor juga merasa clueless dan tidak mengerti. Saya coba baca-baca dari blog lain matrikulasi IIP Batch 1-5, lumayan dapat gambaran sih harus membuat seperti apa. Tapi, berhubung minggu ke lima ini kerjaan kantor lagi hectic dan membutuh legwork, juga saya lagi ikutan kompetisi blog, pikiran masih blank untuk NHW 5 ini.

Waktu diskusi tentang NHW 5, teman-teman banyak yang sharing tentang design belajar ini dan itu. Aduuuh, saya makin bingung harus pakai yang mana. Saya mencoba diskusi dengan ibu (ibu dulu sempat menjadi bidang kurikulum TK selama beberapa tahun), tapi kok kayaknya ribet yah bikin kurikulum itu. Harus dijabarkan banget satu persatu dan secara detail poin-poinnya. Hmmm…

Karena dari pengerjaan NHW sebelum-sebelumnya itu saya baru dapet ilham weekend *jangan ditiru, hihihi*, niatnya mau bikin NHW 5 ini pake diagram visual gitu Minggu malem. Sabtu ga keburu soalnya beberes rumah, Minggu pagi-sore ke undangan pernikahan dan nonton. Cuma tersisa Minggu malem. Eeeeeh, ternyata Minggu malem saya dan Kangmas tepar karena kecapean! Lihat Kangmas tidur, saya jadi ikutan tidur, deh… Tapi ya gitu, tidurnya kebangun terus soalnya kepikiran NHW yang belum beres tapi apa daya tubuh ini minta rebahan mulu. Ya udah, saya nurutin saja keinginan badan yang pengen istirahat. Nyenyak lah tidur saya sampe subuh.

Setelah Kangmas berangkat kerja, saya langsung ngebut bikin NHW. Setelah corat-coret di kertas dulu, niatnya bikin di canva terus dipost di blog, tapi waktu sudah mepet harus berangkat ke kantor. Ujung-ujungnya design pakai power point terus submit file via GC di kantor tepat 15 menit sebelum deadline. Asli, minggu ini adalah NHW termepet saya. Jadi geng serangan fajar deadliners dan mepeters, huhuhu…

Yang penting, NHW 5 sudah selesai tepat waktu walau mepet. Dan berikut design belajar versi saya merunut ke NHW 1-4 sebelumnya.

Design belajar saya ini hanya mengacu pada 4W1H. Karena kalau harus dijabarkan satu persatu, bisa panjaaaaang banget dan malah telat ngumpulinnya.

design belajar 1 nhw5 kelas matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

design belajar 2 nhw5 kelas matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.comdesign belajar 3 nhw5 kelas matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

 

 

Baca juga: Daftar NHW Matrikulasi IIP Batch 6

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *