Ngidam Saat Hamil, Mitos atau Ilmiah?

ngidam saat hamil mitos atau ilmiah honeymoonjournal.com

“Ngidam yang aneh-aneh ga?” Itu pertanyaan kedua setelah nanya “Udah berapa bulan?” waktu orang-orang tahu saya lagi hamil muda waktu trimester pertama, lalu berlanjut “Mual-mual ga?”. Ibu hamil muda memang identik dengan yang namanya ngidam, yah… Ngidamnya juga macem-macem, yang paling umum itu ngidam mangga muda yang asem. Duh, ngebayanginnya ajah udah bikin pengen makan rujak yang asem, pedes, manis dikit, seger gitu, hihihi…

Waktu hamil trimester pertama, saya juga ga luput dari fenomena ngidam ini. Kalau dibuat daftar, agak panjang sih, tapi ga sampe kayak struk belanja bulanan, hehehe… Nah, sebenarnya, kenapa sih bumil-bumil itu suka ngidam? Ada ga sih penjelasan ilmiahnya?

Dilansir dari situs ini, dr. Damar menyatakan teori pertama dari ngidam adalah teori perlindungan untuk ibu dan janin. Jadi, 70% ibu hamil muda biasanya mengalami morning sickness yang menyebabkan makanan yang masuk keluar kembali. Otomatis, ibu hamil akan kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi inilah yang menyebabkan ngidam. Misalnya, saat bumil ngidam mangga muda, itu tandanya tubuhnya sedang butuh asupan vitamin C. Atau ngidamnya pengen yang asin-asin, berarti tubuh sedang kekurangan Natrium dan mineral lainnya.

Kalau menurut saya, ngidam itu lebih ke keinginan makanan yang ga bikin mual. Waktu morning sickness menyerang, makanan pasti ga ada yang masuk. Nah, biasanya saya suka ngebayangin makanan apa ya yang ga bikin mual dan ga dimuntahin lagi? Alhasil, setelah mereka-reka dan mencipta-cipta, kepikiran deh pengen makan soto mie, misalnya. Terus bilang ke Kangmas pengen soto mie, terus diterjemahin sama Kangmas “Lagi ngidam soto mie?”

So far, Alhamdulillah, selama saya ngidam, saya ga pernah ngidam yang aneh-aneh dan harus saat itu juga diturutin. Ada temen kantor saya yang cerita kalau ada istri tetangganya yang ngidam pengen jambu air tapi harus suaminya sendiri yang naik pohon jambunya Pak RT. Terus temen saya itu harus fotoin dan videoin supaya ada bukti bahwa bener sang suami yang manjat. Mana lagi gerimis-gerimis gitu. Itu mah malah nyusahin banyak orang yah. Ga make sense sih kata saya mah. Kalau pengen nasi padang malem-malem sih masih masuk akal. Seharian ga bisa makan karena dimuntahin terus ya wajar kalau tengah malem jadi laper. Tinggal suaminya aja yang harus pengertian muter-muter nyari restoran padang yang buka 24 jam, hihihi…

bayi ngeces

Mitos kalau ngidam ga diturutin nanti anaknya ngeces belum ada penjelasan ilmiahnya. Karena ngeces merupakan fase normal pada bayi di atas 3 bulan. Kelenjar air liur bayi mulai aktif dan bayi juga mulai belajar untuk mengunyah. Lalu, bayi juga sering memasukkan tangan ke dalam mulut jadi merangsang air liur untuk keluar. Tapi, bayi belum belajar untuk menelan air liurnya sehingga air ludahnya banyak yang keluar dari mulut. Jadi, hubungan antara ngidam ga keturutan dan bayi ngeces masih mitos yaaa, buibu…

Saat hamil Kabay, apa aja sih makanan yang saya bikin saya ngidam?

daftar ngidam saat hamil honeymoonjournal.com

  1. Rujak bebeg: serius, ini ngidam yang paling nyusahin! Ceritanya di bawah
  2. Soto Mie: gegara Kangmas ngirim foto soto mie pas coffee break di pabriknya. Pas beres makan seporsi, besoknya malah enek waktu liat fotonya juga.
  3. Tek wan: gegara kepikiran aja
  4. Bacang: habis 3 kalau ga salah
  5. Steak: gegara kepikiran aja
  6. Steam boat kuah tomyam: pengen tapi ga mau yang mahal-mahal. Akhirnya beli bahan mentahan dan bikin sendiri
  7. Siomay: gegara kepikiran juga, enak kali ya makan siomay pake bumbu kacang, hahaha
  8. Susu UHT kacang ijo: ini segala ada pake drama nangis masa, hihihi
  9. Macaroni schotel: ini lupa karena apa ya?
  10. Sate ayam: ini perjuangan juga Kangmas nyari tukang sate yang masih buka tengah malem. Pas pulang shift 2, tetiba Kangmas ngebangunin dan nyodorin sebungkus sate yang udah dipiringin. Uuuu… 
  11. Pizza jamur: kesampeannya lama, harus ke pizza hut dulu
  12. Kue cokelat: ini juga bikin sendiri, biar bisa makan yang banyaaaak

Baca juga: Resep Sate Aman Untuk Bumil

Nah, ada cerita lucu saat ngidam rujak bebeg. Saya ngidam rujak bebeg ada kali semingguan. Terus pas bilang ke Kangmas, besoknya Kangmas waktu libur kerja di weekday, langsung muter-muter nyariin tukang rujak bebeg. Saya juga nanya ke grup mamah muda angkatan saya di mana tukang rujak bebeg di sekitaran rumah saya. Pada nyaraninnya agak jauh. Saya ga mau jauh-jauh soalnya takut ngerepotin. Nyari lah Kangmas di radius 3 km-an dari rumah.

Kangmas nanya ke tukang jualan yang biasa mangkal di situ, “A, Kapan tukang rujak bebeg lewat sini?”
Jawab abang-abang, “Biasanya jam segini udah lewat, A.”

Dan setelah nunggu sekitar 10 menit, ga lewat-lewat dong tukang rujak bebegnya 😂 Dan Kangmas udah 2 hari muter-muter ga nemu juga.

Beberapa hari kemudian, Bapak pergi ke daerah Kangmas nanya tukang rujak bebeg mau beli ketoprak daerah situ. Eeeh, pas nengok ke sebelahnya ada tukang rujak bebeg dong pagi-pagi udah mangkal di situ 😂. Cusss lah Bapak langsung beli buat anaknya yang lagi ngidam ini. “Ini mah Kabay pengen kakeknya yang beliin,” kata Bapak. Besoknya saya makan rujaknya tanpa nyisain sedikit pun buat orang lain, hahaha…

susu kacang ijo honeymoonjournal.com

Cerita yang pengen susu UHT kacang ijo juga lumayan lucu. Kan saat itu Frisian Flag baru banget ngeluarin varian kacang ijo. Saya pengen nyobain dong. Bilanglah ke Kangmas malem.

👩🏻: “Mas, pengen susu UHT kacang ijo.”
🧑: “Kan ga ada di paket bulanan.”
👩🏻: “Tapi aku pengen.”
🧑: *ga komen*

Paginya saya bilang lagi.

👩🏻: “Mas, pengen nyobain susu UHT kacang ijo.”
🧑: “Udah aku bilang, ga ada di paket bulanan.”
👩🏻: “Tapi aku pengen nyobain.”
🧑: *ga komen terus keluar kamar*
👩🏻: *ga tau kenapa, tiba-tiba pengen nangis dan beneran nangis dong ini gegara susu doang*
🧑: “Ini susunya.” *nyodorin sekantong dari minimarket
👩🏻: *mata berbinar-binar* “Whoaaa, makasih, Maskuuu cintaaaa!”

Padahal pengen nyobain doang, ternyata dibeliin 6 kotak! Emang the best lah Kangmasku ini 😘

Biasanya, kalau ibu-ibu hamil ngidam terus udah dapet makanan yang diidamin, cuma nyobain secuil kan. Nanti para suami yang ngabisin, makanya para paksu perutnya ikutan maju karena ngabisin makanan ngidam istrinya, hihihi… Kalau saya mah beneran diabisin semua 1 porsi. Paling nyisa dikit doang buat Kangmas biar bisa nyicipin.

Inilah cerita ngidam saya selama hamil Kabay. Gimana cerita ngidam buibu?

 

Baca juga: Trimester Pertama Kehamilan Kabay

You may also like

15 Comments

  1. aku hamil anak pertama nyaman banget karena gak ada ngidam atau mual2 , lancar , tp anak kedua, baru telat dua minggu kalau numis bawang bawaan mau muntah melulu, trsu gak bisa masuk makanan dari pagi sampai malam, tp kalau makan di rumah orang bisa. jd aku nebeng makan ke temen setiap hari sampai 9 bulan

    1. Saya juga baru nyadar ternyata ngidam makanannya banyak juga, hihihi…
      Cerita hamil emang seru-seru dan ada-ada aja

    1. mungkin sering ngasih kode dianggap ngidam sama paksu, mba, hehehe…
      mba lagi hamil juga ya? sehat-sehat selalu mba dan debaynya 😀

      salam kenal juga, mba oline 🙂

    1. Itu mah laper mba, ehehehe…
      Saya pas trimester 2 mulai banyak makannya, trimester 3 ini justru harus dibatasi karena bobot kabaynya takut over, huhuhu

    1. Itu seninya ngidam mba, pengalaman seru waktu hamil salah satunya ngidam bikin jadi banyak cerita, hehehe…
      Salam kenal juga Mba Elok 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *