Pengalaman Menjadi Perwakilan CmSE Matrikulasi IIP Bogor Batch 6

pengalaman cmse matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

Awal bulan Oktober ini, pemberian materi dan Nice Homework Institut Ibu Profesional secara resmi sudah selesai. Nah, fasilitator kelas Bogor, yaitu Mba Dhita sedang merekap pengumpulan NHW sebagai syarat kelulusan kelas Matrikulasi IIP Batch 6 ini. Karena saya pengurus kelas, saya bisa ngintip-ngintip rekap di google sheet, hihihi… Alhamdulillah, saya berhasil mengerjakan 9 NHW yang ditugaskan. Yeay!

Seminggu setelah NHW beres, kayaknya ada yang hampa gitu, kurang greget karena biasanya weekend saya pasti mikirin NHW terus diskusi sama Kangmas. NHW, pusing saat dikasih tapi dirindukan pas sudah beres. Bener yah, kita akan merasa kehilangan sesuatu kalau sesuatu itu sudah ga ada. Eh, ko malah jadi baper?

Sambil nunggu pengumuman kelulusan, di kalender akademik sudah terjadwal bahwa akan ada program Class Meeting Student Exchange. Semacam program pertukaran pelajar, nanti kita akan dimasukkan ke grup kelas matrikulasi di kota lain untuk sharing. Tadinya, kalau mau ikut program ini harus mengajukan diri, saya ga mau mengajukan diri. Ga pede, hehehe… Saya merasa masih banyak temen-temen kelas Bogor yang lebih menginspirasi. Ada bu bidan, ada mahasiswi S2, ada mahasiswi PMDSU yang sedang penelitian S3, ada single mom yang luar biasa setrong, ada yang sudah mempunyai brand kuliner sendiri. Sedangkan saya mah apa atuh, hanya remahan meses warna-warni di roti bakar 😢

Waktu saya cek hp di Senin pagi tanggal 8, saya dimasukkan ke dalam sebuah grup WA dan ternyata saya terpilih menjadi salah satu dari 5 orang yang akan mengikuti program pertukaran pelajar ini. Eng! Ing! Eng! Niat ga mau ikutan malah terpilih, hihihi… Alhamdulillah, termasuk mahasiswi terbaik dari tiap kelas yang menjadi perwakilan CmSE dari Bogor.

perwakilan bogor pengalaman cmse matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

Temen-temen yang terpilih selain saya itu ada Teh Dhiya, Mba Novita, Mba Nisa dan Mba Anggie. Kita harus membuat e-flyer tentang NHW ke-8, be-do-have sebagai bahan sharing. Kata Mba Dhita dikumpulkannya paling lambat hari Senin jam 11 siang. Oh no! Kurang dari 5 jam saya harus membuat e-flyer yang ketjeh dong, biar ga malu-maluin kelas Bogor. Setelah Kangmas berangkat kerja, saya langsung buka laptop dan mulai cari-cari inspirasi design. Tadinya saya mau memakai canva (software andalan kalau butuh design kilat dan ga ribet). Eh tapi kok kurang gimanaaa gitu yah? Kurang saya banget. Jadinya, saya kembali ke software kesayangan saya, yaitu photoshop dengan inspirasi dari pinterest.

Tepat jam 11 kurang 5 menit, saya berhasil mengirimkan e-flyer versi saya ke Mba Dhita. Fyuuuh… Udah deh plong dulu sementara karena ada kerjaan kantor juga yang harus segera dikerjakan.

 

e -flyer pengalaman cmse matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

 

Malamnya, Mba Dhita menginformasikan tujuan CmSE saya dan teman-teman. Ternyata saya kebagian berkunjung ke kelas Tangerang Selatan (Tangsel), kotanya Kangmas, hihihi… At least, saya punya bahan sebagai pembuka dan ice breaking nanti. Teh Dhiya ke kelas Bandung, Mba Novita ke Jateng 2 (Banyumas dan Solo), Mba Nisa ke Surabaya dan Mba Anggie ke Tangerang Kota. Setelah dapat tujuan kota masing-masing dan menyerahkan e-flyer, kita diminta menunggu untuk dihubungi oleh fasilator kota tujuan masing-masing tentang jadwal CmSEnya.

Saya baca-baca e-flyer teman-teman jadi minder, beneran. Mba Nisa adalah seorang bidan, Teh Dhiya seorang lulusan teknik elektro dan tim kurikulum penggiat komunitas Muda Berkarya, Mba Novita sedang membangun sekolah gratis kejar paket untuk anak-anak jalanan dan putus sekolah dan Mba Anggie seorang dosen gizi kesehatan masyarakat. Sedangkan saya seorang (calon) ibu yang bekerja di ranah publik dan domestik yang memiliki interest di bidang kepenulisan. Ngeblog serius baru jalan setahun, buku sendiri pun belum punya. Kalau dibandingin, jauh gitu kan (perasaan saya mah). Saya butuh self confidencebooster, huhuhu…

Setelah dihubungi oleh fasilitator kelas Tangsel, saya kebagian jadwal tanggal 11 Oktober pukul 20.30-21.00. Makin deg-degan dong saya… Saya jadi juru kunci jadwal untuk kelas Bogor, dapat jadwal terakhir dari keseluruhan jadwal CmSE perwakilan Bogor.

Hari H jadwal saya CmSE, jujur, ada kecemasan takut ga seru, dicuekin, kurang menarik. Udah kayak mau presentasi public speaking aja, tapi via jempol alias online WA. Detik-detik menuju pukul 20.30 saya terus pantengin WA, menunggu diundang ke grup MIIP Tangsel. Pukul 20.30 kok ga ada notifikasi invitation, yah? Saya WA Mba Wawak, ternyata Mbanya kelupaan karena lagi nemenin anak 😂. Akhirnya, sekitar 20.45an saya masuk ke grup Tangsel dan ada beberapa orang yang mulai menyapa. Lalu, saya menuliskan sedikit prolog tentang diri sendiri. Chat terkirim dan saya lihat kok ga ada yang ‘typing…’ yaaa? Wah, gagal ga nih CmSE saya? Saya nunggu beberapa saat dan mulai ada pertanyaan tentang blog ini, tentang dunia tulis menulis dan persiapan mau melahirkan. Karena ada juga yang HPLnya bersamaan.

Dan tahukah kaliaaaaan? Saya merasa terselamatkan di sesi sharing ini (selain sharing tentang dunia menulis dan blogging), karena saya menjawab sedang RISET TENTANG CLODI! Dan ternyata ada seorang ibu yang kedua anaknya sudah ber-clodi-ria dooong! Langsung nyambung deh kita ini. Saya memang sedang baca-baca forum tentang persiapan perang ompol Kabay memakai clodi (cloth diaper). Mungkin melihat antusiasme kita berdua tentang dunia clodi, teman-teman yang lain juga mulai ramai dan nimbrung.

Seharusnya, CmSE diberikan waktu hanya 30 menit, tapi melihat masih banyak yang ingin bertanya dan saya juga ga masalah kalau diperpanjang, jadinya CmSE baru beres pukul 22.00 dan ini sejam lebih saya jadi tamu di kelas lain. Katanya saya rekor CmSE paling lama. Whoaaaa! Ga nyangka banget 😱! Seneng banget 😆! Kecemasan yang dari awal saya rasakan menguap seketika karena sepanjang CmSE saya tersenyum bahagia melihat ternyata saya ga dicuekin, hehehe…

Lalu, saya dikasih oleh-oleh dari grup kelas Tangsel. Ini dia!

e-certificate pengalaman cmse matrikulasi iip batch 6 honeymoonjournal.com

Alhamdulillah, CmSE berjalan dengan sangat lancar dan seru! Suatu pengalaman berharga jadi perwakilan Bogor untuk mengikuti CmSE ini.

You may also like

1 Comment

  1. Keren yaaa bisa terpilih jadi Student Exchange. Sempet kepengen, tapi akhir-akhir lagi banyak setoran. Nggak bisa pegang hp lama-lama.

    Yang terpilih emang yang kece abis. Selamat yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *