Resep Praktis Sayur Asem Sunda

resep praktis sayur asem sunda - honyemoonjournal.com

Resep praktis sayur asem – Sayur asem adalah sayur wajib di setiap menu Sunda. Berhubung keluarga saya adalah keluarga Sunda, jadi udah pasti sayur asem selalu tersedia setidaknya seminggu sekali. Segarnya sayur asem apa lagi kalau ditambah sambal buatan Bapak, beuuuuh bikin merem melek mantap di siang hari! Makin komplit kalau ada nasi hangat, ikan asin, tempe goreng asin plus lalapan. Terus dimakannya bareng keluarga. Ups, sekarang lagi bulan Ramadhan. Jangan dibayangin siang-siang yah, nanti makruh, hihihi…

Sebagai seorang working mom yang harus memasak subuh-subuh, saya dan ibu saya selalu mencari menu yang praktis untuk keluarga. Kalau bisa yang tinggal cemplang-cemplung atau blender, terus beres deh. Maklum, kejar-kejaran sama jadwal ngajar dan ngantor. Sayur asem ini salah satunya.

Nah, ini dia resep praktis sayur asem ala kami.

Bahan:

– Labu siam (saya pakai ukuran sedang)
– Kacang panjang
– Jagung manis
– Melinjo dan daunnya
– Kacang tanah
– Laos
– Daun salam
– Cabai merah
– Garam secukupnya
– Bumbu instant sayur asem

Cara memasak:

– Didihkan air di dalam panci.
– Sambil menunggu air mendidih, potong labu siam kotak-kotak, kacang panjang dan jagung manis. Biasanya kami suka memotong jagung manis menjadi 4 bagian lingkaran biar tidak terlalu besar.
– Setelah air mendidih, masukkan laos yang sudah digeprek, daun salam dan sayuran yang keras terlebih dahulu, seperti labu siam, jagung, dan melinjo.
– Kira-kira 3/4 empuk, masukkan bumbu instant sayur asem. Biarkan agar bumbu meresap.
– Setelah semua empuk, masukkan kacang tanah, kacang panjang, cabai merah dan daun melinjo.
– Koreksi rasa.
– Setelah rasa ok, matikan api dan sayur asem sudah jadi!
– Ditambah sambal uleg segar makin josss rasanya.

sayur asem - honyemoonjournal.com

Gimana? Praktis kan nggak pake ribet? Anak kosan pun bisa buatnya karena nggak perlu blender-blender bumbu segala. Menjadi working mom emang harus punya siasat dan taktik biar nggak telat masuk kantor tapi perut orang-orang rumah nggak terlantar.

Ini resep sayur asem versi keluarga kami. Kalau versimu gimana?

masak - honyemoonjournal.com

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *