Resep Sate Aman Untuk Ibu Hamil

resep-sate-aman-untuk-ibu-hamil-honeymoonjournal-dotcom

Resep sate aman untuk ibu hamil. Baru kemarin kita merayakan Idul Adha 1439 H. Setelah rame-rame solat ied di masjid di lapangan, nonton prosesi penyembelihan hewan qurban, nukerin kupon daging, kegiatan nyate pasti jadi agenda wajib. Perasaan ada yang kurang gitu kalau Idul Adha ga bikin sate. Sebagai ibu hamil trimester 2 yang nafsu makannya lagi anteng-antengnya ini, pasti dong saya juga pengen ikutan bakar sate dan nyicip-nyicip. Eh tapi, katanya ibu hamil ga boleh makan sate yah? Yaaah, gimana doooong?

resep-sate-aman-untuk-ibu-hamil-honeymoonjournal-dotcom

Kebetulan kemarin saya lagi mudik ke rumah mertua, terus ditawarin mau nyate ga? Saya mah pengen sebenernya, tapi saya bilang kan kalau ibu hamil ga boleh makan sate karena takut dagingnya kurang matang. Eits, tenaaang… Ternyata Ibu Mertua punya resep jitu biar menantu cantiknya ini *ehm* masih bisa makan sate. Mau tau resepnya? Ini dia!

Bahan:

  1. +- 600 gram daging sapi (boleh juga daging kambing)
  2. Bawang merah 4 siung
  3. Bawang putih 6 siung (kata Papa Mertua makin banyak bawang putihnya makin sedap)
  4. Lengkuas
  5. Ketumbar
  6. Gula merah secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Lada bubuk secukupnya
  9. Daun salam

Cara membuat:

  1. Blender bawang merah, bawang putih, lengkuas dan ketumbar dengan tambahan sedikit air sampai halus.
  2. Rebus air di dalam panci bersama bumbu halus, gula merah, garam, lada bubuk dan daun salam
  3. Setelah air mendidih, masukkan daging sapi (lebih baik dipotong dadu dulu, tapi kemarin masih dipotong besar. Ga masalah, karena nanti ketika sudah matang juga gampang memotongnya).
  4. Rebus daging hingga empuk.
  5. Koreksi rasa.
  6. Tunggu hingga air habis. Matikan kompor.
  7. Tusuk daging dengan tusukan sate yang sudah dicuci bersih.
  8. Lumuri dengan kecap manis, mentega dan sisa bumbu.
  9. Bakar deh, satenya. Tapi jangan terlalu lama yah, karena dagingnya sudah matang dan kalau terlalu lama malah gosong dan justru berbahaya bagi kesehatan karena mengandung zat karsinogenik di bagian yang gosongnya.
  10. Sate siap disantap dengan nasi hangat dan juga sambal kecap, yeay!

Nah, kalau sudah direbus dulu kan saya jadi yakin sate ini matang dan aman buat bumil. Buat bumil-bumil yang ngidam sate juga resep sate aman untuk ibu hamil ini bisa jadi andalan.

rebus-resep-sate-aman-untuk-ibu-hamil-honeymoonjournal-dotcom

Emang kenapa sih, ibu hamil harus menghindari olahan daging yang kurang matang? Daging mentah ataupun sajian daging yang diproses hanya setengah matang, berisiko mengandung virus toksoplasma. Virus tersebut dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya bagi janin di dalam kandungan, meski ibu hamil tidak mengalami gejala apa pun. Penting untuk memasak daging merah, daging putih, termasuk daging cincang dan sosis mentah, hingga matang sempurna untuk menghindari virus toksoplasma. Pada sajian sate memang sering kali proses masak membuat daging tidak matang merata dengan sempurna. Saat matang, seluruh bagian daging tidak ada lagi yang tampak berdarah atau merah muda.

sate-resep-sate-aman-untuk-ibu-hamil-honeymoonjournal-dotcom sate-resep-sate-aman-untuk-ibu-hamil-honeymoonjournal-dotcom

Oh iya, saya dan ibu mertua bikin satenya ukuran kira-kira 3x3x3 cm (gede banget sih emang, hehehe) sebanyak 4 potong tiap tusukannya. Dan ternyata, 2 tusuk saja sudah bikin saya kekenyangan! Mantep banget deh, mirip-mirip sate klatak yang di Yogyakarta lah, yaaah…

Oke, jadi bumil-bumil ga harus say good bye sementara dengan sate waktu acara bakar-bakar pas Idul Adha 😀

5 Comments

  1. Alhamdulillah. …
    In Shaa Allah menjadi inspirasi yg positif tuk menantu yg sholehah.

    Uji coba perdana membawa berkah calon cucu ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *