Resep Susu Kurma, Menu Sahur Ibu Menyusui

resep susu kurma menu sahur ibu menyusui honeymoonjournal.com

Ramadhan tahun lalu, saya sedang dalam keadaan hamil di ujung trimester pertama. Nah, tahun ini udah berganti status menjadi ibu menyusui. Sebenarnya, Islam memberikan kemudahan untuk ibu hamil dan menyusui untuk tidak puasa dulu di bulan Ramadhan. Nanti di bulan lain diganti dana tau membayar fidyah. Tapi saya mau mencoba puasa dulu. Kalau kuat nggak kenapa-napa saya dan Kabay, Insya Allah lanjut. Lumayan kan mengurangi qadha, hehehe… Kalau saya merasa lemas atau pusing, baru deh saya buka.

So far sampai hari ketiga ini puasa saya Alhamdulillah, lancar. Semoga bisa full 30 hari. Kapan lagi saya puasa bisa full sebulan? Mumpung si tamu bulanan belum mampir lagi, hihihi…

Gimana rasanya pumping sambil menyusui plus pumping untuk stok ASIP? Boong banget kalau saya bilang ga haus dan lapar. Emang bener sih haus dan lapernya melebihi waktu hamil. Ya gimana ga haus, wong cairan terus keluar (itu ASI terus dipompa) tapi ga ada cairan yang masuk? Tapi saya harus tetap setroooooong!

lapar - honyemoonjournal.com

Di grup WA saya banyak yang bertanya dan memberikan tips puasa untuk ibu yang menyusui. Setelah saya baca-baca, akhirnya saya menyimpulkan tips sehat untuk busui.

1. Niatkan dengan sepenuh hati.

Emang sih nawaitu itu penting banget. Tapi kalau memang nggak kuat, jangan dipaksakan ya, buibu…

2. Tetap jaga asupan cairan.

Meskipun kita puasa, kita harus tetap menjaga asupan cairan kita. Kan 80% kandungan ASI adalah air. Nah, tinggal diatur kapan minumnya. Untuk memenuhi 8 gelas perhari, pembagiannya diatur seperti ini: 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka dan 4 gelas hingga menjelang tidur. Jangan mentang-mentang puasa terus males minum ya, buibu… Pengalaman minum sedikit, hasil pumping malah seret, huhuhu…

3. Menu sahur dan buka yang bergizi.

Hayooo, siapa yang buka puasanya pakai gorengan? Sayaaa 😂 Godaan gorengan saat buka itu emang nggak bisa ditolak., hihihi… Nggak apa-apa kok makan gorengan dan es buah yang seger itu saat buka. Tapi inget, makan besarnya tetap yang bergizi yah… Harus ada karbohidrat, perbanyak protein, buah dan sayur. Sahur juga sama. Biar ga lemes shaaay, waktu puasa nanti.

4. Buat susu kurma.

Nah ini nih, amunisi khusus untuk bumil dan busui yang mau puasa, susu kurma! Buatnya gampang banget, rasanya juga enaaaak 😋

Cara buatnya:

– Siapkan 3, 5 atau 7 butir kurma. Kalau saya biasanya 3 butir biar ga terlalu manis.
– Buang bijinya.
– Rendam dengan air matang di dalam gelas. Airnya nggak usah terlalu penuh. Yang penting kurmanya terendam seperti foto di bawah ini.

kurma honeymoonjournal.com

– Diamkan di kulkas selama 6-8 jam. Biar nggak perlu menghitung jam, setelah shalat taraweh segera rendam kurmanya untuk diolah sehabis sahur.
– Setelah makan sahur, tambahkan susu cair pada gelas yang berisi kurma dan airnya. Harus susu cair yah, seperti susu UHT atau pasteurisasi. Jangan susu yang dicairkan, seperti kental manis atau bubuk.
– Blender (kurma, air, dan susu) hingga kurma hancur.
– Saring (ini opsional. Kalau saya biasanya disaring, lalu ampas kurmanya saya makan).
– Susu kurma siap diminum!

susu kurma honeymoonjournal.com

Itu deh resep susu kurma untuk amunisi ibu menyusui agar kuat puasa. Silakan dicoba, dijamin ketagihan susu kurma 😝

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *