Cara Menghapus Email Lama di Gmail

cara menghapus email lama di gmail

Cara menghapus email lama di Gmail –  Seminggu ini saya sedang ikut kulwapp tentang Konmari Gadget. yang diadakan oleh Ibu Profesional Tangerang Kota. Momennya pas banget soalnya saya juga lagi back up foto-foto di hp karena memory full terus.

Ternyata Komari method itu ga melulu tentang beberes isi rumah looh. Isi gadget, termasuk laptop dan medos bisa di-konmari-kan biar hidup kita lebih tertata. ‘Decluttering mind’ istilahnya.

Nah, salah satunya adalah beberes email di Gmail. Kebiasaan saya adalah jarang bacain email yang saya anggap kurang penting. Goldar B banget, hahaha 😂

Saya ikut Google groups tapi jarang bacain emailnya. Saya juga subscribe newsletter web macam Creative Market buat ngincer freebies-nya. Dan tiap 2x seminggu mereka akan ngirim email, baik itu ada promo bundle or weekly freebies. Kebayang dong penuhnya inbox saya sama unread emails. Mana dari 2014 pula 😅

Pas saya cek, ternyata Gmail memakan space lebih dari 40% Google Drive saya 😱! Used space sebelum bebersih sebanyak 12 GB. Tak kirain kapasitas GDrive habis karena saya sering nyimpen foto di situ. Eeeh dilalah, Gmail tho yang ngabisin tempat.

GDrive harus dihabisin juga soalnya saya mau back up foto-foto Thariq di situ. Biar lowong corethidupcoret memory hp saya.

“Bilang aja belum mau beli hp baru dengan kapasitas lebih gede.” Pengen sih beli hp baru. Panasan liat ade baru beli hp kapasitas 128 GB, hahaha… Tapi uangnya lagi ditabung buat beli buku anak. Sekarang mah apa-apa mikirin buat anak kicik dulu #makmaklyfe

Habis ngehapusin unread emails yang ga penting dan lebih dari 3 tahun, lumayan banget space GDrive jadi nambah 5GB 🎉. Ga sia-sia mata siwer di depan laptop nyela-nyela kerjaan. Ada kali 8000++ email udah saya delete  😂. Include notif dari marketplace, kayak toped, BL, sopiii, jedeaidi…

Sebelum ini sebenernya 12 GB
Setelah email-email dihapus, jadi tinggal 7 GB, hahaha

Sekarang, saya mau ngasih tahu trik gimana sih cara menghapus email lama di Gmail yang gampang? Soalnya kalau mau delete all juga kan takut ada email yang penting. Nanti mau tracing di kemudian hari malah ribet. Gmail sendiri hanya mampu menampilkan paling banyak 100 email di satu halaman. Kalau ada 8000 email, berarti harus 80 kali mark all dan delete. Terus next page lagi. Duh, ribet!

Gini nih, coba cara di bawah ini:

Note: HANYA BISA VIA PC

📧 Menghapus Semua Unread Emails (Email yang belum dibaca):

1. Ketik is:unread di search bar Gmail. Klik enter atau search 🔍. Semua unread emails dari inbox, sent, draft dan label lainnya akan muncul.

unread cara menghapus email lama di gmail

2. Klik kotak di bawah ikon kaca pembesar sampai muncul tanda centang. Sekarang terlihat hanya 50/100 email yang dipilih.

mark all cara menghapus email lama di gmail

3. Klik Select all conversations that match this search.”
4. Klik ikon tempat sampah untuk menghapus email. Semua unread emails akan terhapus dan Gmail memindahkannya ke Bin. Bin akan tetap menyimpannya selama 30 hari lalu akan dihapus permanen selamanya.

select all cara menghapus email lama di gmail

5. Jika Bin mau langsung dihapus juga, maka di menu sebelah kiri, klik More lalu pilih Bin.
6. Di atas, klik “Empty trash now”.

*****

📧 Menghapus Email dengan File Besar:

1. Ketik has:attachment larger:10M di search bar Gmail. Klik enter atau search 🔍.
Note: 10M artinya 10MB. angka ‘10’ bisa diganti dengan angka yang lebih kecil atau besar.
2. Pilih atau back up email yang masih mau disimpan.
3. Hapus email yang sudah tidak dibutuhkan dengan cara yang sama seperti di atas.

*****

📧 Menghapus Email Lama:

1. Ketik older_than:2y di search bar Gmail. Klik enter atau search 🔍.
Note: angka 2 bisa diganti dengan angka yang lebih kecil atau besar. Jika 3 tahun, berarti 3y.
2. Pilih atau back up email yang masih mau disimpan.
3. Hapus email yang sudah tidak dibutuhkan dengan cara yang sama seperti di atas.

*****

“Gimana caranya jika ingin menghapus email lama yang belum dibaca saja?”

Tinggal menggabungkan filternya. Misalnya email 2 tahun lalu yang belum dibaca. Berarti ketik older than: 2y is:unread di search bar.

*****

How? How? Gampang, kaan?

Mulai sekarang harus rajin nih ngehapusin email yang ga penting. Kalau perlu newsletter-nya di unsubscribe aja deh. Terus bikin label khusus buat email-email penting. Udah pernah sih sebenernya bikin beberapa label dan filter untuk notif medos dan marketplace. Tapi harus lebih rapi lagi biar ga nambah siwer ni mata. Email 1 for all soalnya. Sayang kalau mau bikin email baru.

Okidiii… Segitu aja #tipsalambun cara menghapus email lama di Gmail. Semoga bermanfaat~

Coba, kapan terakhir kali kalian cek dan bebersih email?

You may also like

6 Comments

    1. Maaf baru bales, mba…
      Saya juga kemarin lagi pengen konmari gadget dan pas banget ada kulwhappnya
      Langsung deh eksekusi, hihihi

      Sama-sama mba, semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *