Review Spectra Q Breast Pump

review spectra q

Review Spectra Q Breast Pump – Setelah putus cinta mendadak dengan Real Bubee, akhirnya saya minjem pompa ASI ke temen satu tim kerjaan. Kebetulan dia sedang dalam fase menyapih anaknya menjelang 2 tahun. Jadi udah jarang pumping kalau di kantor.

Langsung saya WA dia setelah misuh-misuhin Kangmas dulu, hahaha… Asli deh itu hectic banget suasananya. Udah nggak mood ngapa-ngapain sebelum permasalahan pompa ASI terselesaikan. Mau nyewa dulu juga nggak bisa dadakan.

Sementara saya minjem, saya mencari calon tambatan hati selanjutnya. Pengen beli Spectra 9+ tapi nggak di-acc sama Kangmas. Jadilah saya beli Spectra Q preloved di shopee. Always yah syopiii jadi andalan~

Saya dapet harga 600ribu udah termasuk double pump, blue valve baru 2 pcs dan botol ASIP kaca tutup karet 20 buah. Wuiiih, menang banyaaak! Minusnya ya preloved sih, tapi Alhamdulillah sampai saat ini masih joss gandosss dibawa pumping hampir setiap hari sampai Kabay usia 15 bulan ini. Cuma weekend saya nggak pumping.

Aslinya, Spectra Q baru seharga 700-800ribuan tapi masih single pump. Bisa di-upgrade jadi double pump tapi harus beli corong set lagi seharga 170ribuan. 

review spectra q
Set Spectra Q preloved

Berikut review Spectra Q ala Mbun:

PLUS SPECTRA Q:

  1. Pompa ASI keluaran Spectra yang paling murah. Sebelum ini keluar, paling murah itu Spectra 9+ tapi masih di kisaran harga 1.6 jutaan. Spectra Q ini membawa angin segar untuk buibu pumping yang pengen menghemat *teuteup harga jadi nomor 1 yee
  2. Tarikannya mantapppp! Lebih kenceng kalau pake colokan listrik, bukan powerbank.
  3. Nggak bikin payudara sakit. Beberapa temen juga bilang corong Spectra itu enakeun, nyaman dipakainya kalau sesuai ukuran.
  4. Punya indikator level hisapan, yaitu 1-5. Kalau RB nggak keliatan di level berapa karena nggak ada indikatornya, level massage atau expression Spectra Q keliatan dari lampunya.
  5. Ukuran mesinnya kecil, jadi cukup ringkes dimasukin ke tas sehari-hari.
  6. Bisa di-upgrade ke double pump, meskipun harus beli set corong tambahan. Katanya kalau Spectra Q+ udah langsung dapet 2 corong set.
  7. Nggak berisik. Jadi kalau mau pumping di kamar anak masih amaaan.
  8. Portable. Meski nggak rechargeable, tapi masih bisa pakai powerbank.
  9. Udah closed system. Jadi ASI nggak bakalan masuk ke selang dan mesin.
  10. Auto off 30 menit, biar mesin awet. Kalau keasikan ngobrol pas pumping di kantor terus mesin tiba-tiba mati, berarti udah 30 menit itu, hahaha…
  11. Bisa dikasih baju alias stiker lucu-lucuuu Uwuuw banget nggak siiiih?
  12. Sparepart mudah dicari. Bertebaran tuh di shopeee~

*****

review spectra q
Tombol-tombol di Spectra Q

MINUS SPECTRA Q:

  1. Nggak ada display monitor. Kalau Spectra 9+ kan ada display-nya udah level berapa dan menit ke berapa. Kalau level di Spectra Q bisa keliatannya dari lampu indikator. Kalau mau dihitung udah menit ke berapa sih tinggal pakai stopwatch di hp. It’s not a big deal saya rasa.
  2. Harus nyolok ke sumber daya listrik, entah itu colokan atau powerbank. Kalau buibu tingkat mobilitasnya tinggi, harus sedia powerbank.
  3. Set nggak termasuk tuas manual. Tapi saya nggak pernah pake manual juga, jadi nggak butuh, hahaha…
  4. Transisi levelnya agak kasar. Maksudnya, dari level 1 ke level 2 itu langsung terasa bedanya. Kalau Spectra 9+ lebih lembut transisi antar levelnya. Kalau dibandingkan, 1 level di Spectra Q itu 2x level 9+. Jadi level 4 Spectra Q = level 8 Spectra 9+.

Udah deh kayaknya segitu aja minusnya. Bilang aja udah jatuh cinta sama Spectra Q ini, ihihihi…

mesin spectra q
review spectra q sticker
Spectra Q saya udah dikasih baju Iron Man~

*****

Begitulah pengalaman dan review Spectra Q ala saya. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buibu semua dalam memilih pompa ASI yang sesuai.

Kalau buibu, udah pernah pakai pompa ASI apa aja? Sharing di kolom komentar yaa… 

12 thoughts on “Review Spectra Q Breast Pump”

  1. Annastasia christie

    Mbak, nanya dong..
    Lembut mana hisapan di PD antara Q+ dan 9+?
    Sy sdh pernah coba 9+ enak bgt.. mau beli yg Q+ masih ragu2.

    1. Mungkin klo 9+ user pindah ke Q ini agak kaget kali ya, mba… Soalnya transisi Q itu jauh antar levelnya…
      Klo 9+ cenderung lebih lembut…
      Tapi kalau hisapan kayaknya kurleb sama

  2. Halo mom, saya 2 bulan lalu barusan lahiran anak pertama dan dapat pompa RB. Tertarik pengen beli Spectra yg Q+ ini tapi masih ragu karena kondisi yg RB masih OK. Kebetulan nemu artikel ini jd mau tanya nih.
    1. Dari segi hasil ada beda g mom antara RB dan Spectra ini, soalnya saat ini sekali pumping satu PD dapatnya cm 50-100ml?
    2. Saya pakai RB awal2 bikin nipple sakit, yg Spectra ini apa sama?
    3. Suara antara RB dan Spectra lbh halus mana atau sama saja?

    Maaf ya pertanyaanya banyak. Terimakasih mom

    1. Halo juga mom, maaf banget baru bales sekarang…
      Saya coba jawab ya, mom…

      1. Kalau dari segi hasil, pengalaman saya nggak begitu jauh beda sih, mom. Kalau dari kekuatan hisapnya kurleb sama. Oh iya, saya pakai mesin RB tapi corongnya dari Spectra mom, jadinya waktu beli Spectra Q ini nggak terlalu berpengaruh ke hasil karena frekuensi pumping saya sama saja.
      Kalau untuk memperbanyak hasil pumping bisa pakai metode power pumping mom, apa lagi waktu tengah malam. Bisa 2x lipat loh hasilnya.
      2. Mungkin corongnya RB kurang cocok untuk mom. Saya juga gitu soalnya. Malah saya sempet mogok pumping karena sakit banget pake corong bawaannya si RB. Pendek corongnya. Jadilah saya beli corongnya Spectra yang ukuran XS. Nah, itu baru enak. Mungkin bisa jadi pertimbangan untuk beli corongnya Spectra dulu.
      3. Kalau suara lebih halus Spectra Q, mom.

      Semoga membantu ya, mom, jawaban dari saya :))

      1. Dulu beli corongnya yang tipe apa mom? Atau semua corong Spectra sama saja? Kayaknya jadi lebih tertarik nyoba ganti corong dulu mom daripada beli yang baru. Hehe. Oh ya kalau misal ganti corong saja apa bisa handsfree ya, soalnya kan saya kerja jadinya bakal membantu sekali.

        Saya coba power pumping jam 4 an tambah sih hasilnya, tp gak yang terlalu significant.

        1. Saya dulu beli yang ukuran XS, mom, spectra ada yang dari ukuran XS sampai XL klo ga salah… Bisa diukur dulu mom size nipplenya, nanti search aja di Google ukuran corong spectra 🙂

          RB bisa ditandem pakai hansfree kok, tapi pengalaman temen saya yang pada pake HF ini hasilnya kurang maksimal, soalnya ga bisa sambil mijit-mijit PD… Saya pribadi ga beli HF, mom…

          Momnya udah rutin PP dini hari kah? Klo saya hampir tiap hari, hehehe… Anak saya soalnya minumnya lebih banyak dibanding hasil pumping, jadinya harus lebih ekstra kejar tayang…

          Semangat terus untuk mengASIhi ya, mom 😀

          1. ini saya sudah searching mom, belinya harus full set dengan botol atau bisa corongnya saja ya mom? Maaf ya tanya mulu takut salah beli soalnya cari info belum ketemu yang pakai RB diganti corong Spectra

          2. Harus 1 set mom, nanti dapet botol + corong set + tutup botol + selang
            Kalau saya nyoba beli 1 dulu, pompanya single pump sebelahnya pake silicone pump, udah kerasa enak baru beli 1 lagi deh…

            Gapapa kok mom, Alhamdulillah saya seneng bisa diskusi gini :))

  3. Untuk PD dengan nipple yg agak datar, sakit gak yaa???
    Nippleku nggak datar banged siih, dan PD aku juga biasa aja.
    Galau mau beli tp takut nyeri, smentara dsini gak da rental pompa asi

    1. Sepengalaman saya dan temen-temen sih klo mesin sih ga bikin sakit, mba… Tapi lebih ke ukuran corongnya. Ada temenku yang ukuran nipple-nya gede sedangkan corong bawaannya Spectra itu M, jadinya kekecilan dan bikin lecet. Temenku yang lain pas ukuran corongnya sampai sekarang baik-baik aja :))

      Nanti klo udah sering dipompa, nipple-nya jadi lebih maju kok, mba, hihihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *