10 Ide Kado Anniversary Pernikahan, Spesial Nggak Harus Mahal!

ide kado anniversary pernikahan

10 Ide Kado Anniversary PernikahanAnniversary merupakan momen spesial bagi pasangan suami istri, tanda bilangan sekian tahun sudah dilewati bersama-sama. Anniversary bisa jadi momen untuk merefleksikan kehidupan setahun ke belakang. Tanggal istimewa ini juga bisa jadi waktu yang pas untuk menyusun rencana dan target pernikahan yang akan datang.

Anniversary ini memang nggak wajib dirayakan tapi nggak salah dong untuk memberi kado spesial untuk istri atau suami kita. Apa lagi kalau salah satu bahasa cinta istri atau suami adalah receiving gift alias penyuka hadiah. Waah, pasti akan bahagia sampai bikin status “Monangis bahagia T.T” atau “Ga paham lagi sama abang tercinta” *eaaa, anak milenial~

Suka pusing nggak nyari ide kado anniversary apa sih yang spesial tapi nggak butuh budjet terlalu mahal? Saya coba rangkum dari beberapa sumber 10 ide kado anniversary pernikahan yang sederhana tapi berkesan untuk istri atau suami kita.

Here we go, beib!

*****

10 IDE KADO ANNIVERSARY PERNIKAHAN

1. Menginap di Hotel Berdua

menginap di hotel ide kado anniversary pernikahan
Menginap berdua di hotel bisa jadi kado romantis

Hiruk pikuk pekerjaan dan rutinitas bisa jadi beban tersendiri bagi suami. Bahkan seorang istri yang menjadi ibu rumah tangga nggak dipungkiri bisa jenuh juga dengan kegiatan harian yang nggak bakal habis-habis. Menginap sehari semalam di hotel bisa jadi ide kado anniversary pernikahan yang oke punya! Bisa laaah ditambah makan malam yang romantis di restoran favorit.

Lalu, anak-anak gimana? Kalau memungkinkan, bisa dititipin dulu ke saudara yang bisa dipercaya. Tanpa ada anak-anak, quality time kita sebagai pasangan suami istri bisa makin terjalin. Coba, udah berapa lama nih kita nggak jalan-jalan berdua? Saling menjalin jari-jemari dan menatap mata penuh cinta? Kalau bahasa cinta pasangan adalah quality time, beeuh bakalan cocok nih sama kado ini.

Baca juga: Anniversary Pertama Pernikahan – Merajut Cinta

Kata mak @olevelove juga penting banget loh membangkitkan gairah lagi sebagai pasutri. Malah dia mah memberi saran sebulan sekali ke hotelnya. Kalau nggak bisa, ya setahun sekali deh pas anniversary ini, hihihi…

Sebelum tidur, coba lakukan pillow talk yang agak deep, refleksi dan review setahun ke belakang, proyeksi beberapa tahun ke depan. Kalau nanti lanjut ke adegan you-know-what, itu di luar tanggung jawab saya ya, hehehe… Udah halal ini kan, ups!

Untuk hotel sih sesuaikan budjet aja. Aplikasi booking hotel berserta promo-promonya udah banyak kan sekarang. Mau yang murah, homey, bintang lima, staycation dalam kota, atau sekalian honeymoon kedua, bebaaaas… Yang penting dibawa happy aja oleh kita berdua.

Waktu anniversary pernikahan ketiga kami :*

Bulan Juni lalu, saya dan Kangmas nginep di hotel selama semalam di tengah Kota Bogor. Kabay gimana? Ya dibawalaaah, hahaha… Udah suntuk juga doi cuma bisa main di sekitaran rumah dan komplek doang. Eits, tenang aja, tetep jaga protokol kesehatan kok. Kita nggak berenang wong ditutup sama pihak hotelnya, hahahahuhuhu… Dinner tinggal pesen pake ojek online dan makan sehabis Kabay tidur. Sambil ngobrol berdua ngebahas hal-hal retjeh sampai berat. Jangan lupa ngomongin saham, hahaha… Kita juga bikin list target tahun keempat keluarga. Anak masih kicik masih bisa dikondisikan. Nggak tahu deh nanti kalau nginep di hotel bawa anak udah gede dan lebih dari satu. Liat nanti aja, hahaha…

*****

2. Masakan Favorit Pasangan

masak ide kado anniversary pernikahan
Masak makanan favorit dia

Untuk yang jago atau hobi masak, cocok nih ngasih kado ini. Kita bisa masak makanan favorit istri atau suami lalu pakai garnish yang cantik. Dihias macam tumpeng ala-ala gitu deh.

Untuk masih belajar masak bisa juga jadi ajang ‘menunjukan bakat’ untuk pasangan. Jadi suami atau istri tau gitu effort kita untuk bikin masakan ini tuh. Gimana makin nggak klepek-klepek tuh dibuatin masakan dengan penuh cinta?

Atau yang suka ngadon dan manggang, bikin aja kue istimewa. Selain passion tersalurkan juga jadi ide kado anniversary yang apik tenan! Bikin kue cupcakes lucu-lucu gitu, kue tart dihiasi cream manis dan lezat, atau kue bolu dihiasi kertas ucapan dicetak sendiri juga jadi. Yang penting usahanya, sob!

Makan malam romantis sambil #dirumahaja 😛

Untuk yang kurang bisa masak kayak saya gimana? Tapi pengen ngasih kado masakan juga buat Kangmas. Yowesss, beli aja masakan jadi ditambah kue promoan, hahaha… Eh, serius loh saya. Bulan Juli lalu adalah tahun anniversary masehi kami yang ketiga. Kami rayakan kecil-kecilan dengan dinner romantis ala kami di teras rumah. Makanannya adalah masakan Padang hasil beli plus roti bun yang dikasih kertas ucapan nyetak sendiri hasil berburu promo.

Alhamdulillah, Kangmas mah justru seneng banget dengan kesederhanaan ini. Nggak keluar uang banyak, nggak kepikiran ninggalin Kabay, mau ngobrol semalem apapun nggak khawatir disuruh pulang karena resto mau tutup, ngantuk ya tinggal masuk ke kamar. Sesimple itu kebahagiaan kita berdua, hihihi…

*****

3. Jam Dinding Custom Karikatur

jam dinding custom ide kado anniversary pernikahan
Jam dinding custom juga pilihan yang oke sebagai kado

Jam dinding yang dibuat custom dan ada karikatur kita bareng keluarga juga ide kado anniversary pernikahan yang unik, loh! Desainnya dibikin custom, jadi terasa lebih personal. Karikaturnya pun dibuat mirip tapi tetap lucu.

Harganya pun murah banget! Nggak nyampe seratus ribu! Beneran! Kalau nggak percaya, boleh banget hubungi teman saya, Ravi Abdillah via Instagram. Dia punya tokopedia kalau transaksi mau lebih aman, tapi kalau mau lihat portofolionya bisa langsung cusss ke IGnya. Tenaaang, mau transaksi lewat WA pun amanah orangnya.

Oh iya, jamnya terbuat dari akrilik mika dan bisa dipajang di meja, di gantung di dinding atau ditempel di kulkas. Terserah enaknya simpen di mana biar rumah tetep Instagramable. Terus free alias GRATIS desain loh! Bebas revisi sampai puas.

Mau lihat desain jam custom yang saya pesan? Ini dia penampakan jam costom keluarga kecil kami. 

jam dinding custom ide kado anniversary pernikahan
Bisa disimpan di meja juga looh
jam dinding custom ide kado anniversary pernikahan
Bisa juga ditempel di kulkas

Gimana? Gimana? Ketjeh banget kaaan? Mau soft file karikaturnya juga? Bisa bangettt! Ada biaya tambahan tapi asli, nggak bakalan nemu deh yang harganya se-amazing ini di luaran sana. Di bawah lima puluh ribu, bro! Ini juga untuk 3 orang, saya, Kangmas dan Kabay. Mau tahu detail harganya? Langsung aja hubungi Ravi lebih lanjut. 

Thank you ya bro, udah bikinin jam custom ketjeh ini 😀

*****

4. Anniversary Camping 

Anniversary camping, menyatukan cinta bersama alam

Kalian pasangan yang suka kegiatan outdoor? Atau pengen rehat sejenak dari kegaduhan kota dan pengen ngadem ngeliat yang ijo-ijo? Duh, pas banget sama ide kado anniversary yang ini: GO CAMPING! 

Nggak perlu sampai naik-naik ke puncak gunung. Cukup pasang tenda di camping ground, bikin mie instan dan nyeruput kopi di depan api unggun juga udah mesraaaa… Quality time-nya hampir sama dengan nginep di hotel. Cuma bedanya yang ini menyatu dengan alam.

Ada teman saya yang emang hobi naik gunung sampai anaknya yang masih bayi dibawa camping, loh! 

*****

5. Kolase Foto

Kolase berbentuk angka tahun pernikahan

Buat yang tangannya kreatif, boleh dicoba nih ide kado anniversary pernikahan yang ini! Zaman sekarang pasti sering dong foto-foto bareng. Coba dicetak lalu dibikin kolase foto berdua atau bahkan bareng sama anak dalam satu figura. Or dibuat angka sesuai tahun pernikahan. Unik, bukan?

Caranya bisa manual atau pakai software photo editor. Tinggal dipilih aja enaknya yang mana.

Baca juga: Jika Niat Menikah Karena Lelah, Dapatkah Lillah?

*****

6. Bantal Couple

Bantal couple sebagai teman tidur saat LDM

Jangan kalah sama yang masih pacaran, hihihi… Pesan bantal couple yang berinisialkan nama pasangan. Bantalnya bisa buat di kantor sebagai senderan kursi atau teman tidur buat yang pasangan LDM. Sekarang banyak kok yang buka jasa pesanan bantal couple gini. Desainnya pun lucu-lucu.

*****

7. Gelas Couple Custom

gelas couple ide kado anniversary pernikahan
Gelas couple dengan desain yang lucu-lucu

Waah, kalau gelas couple sih jangan ditanya lagi, banyak banget sob yang jual! Bisa yang bentuk couple or desainnya yang samaan. Bisa milih juga mau dicetak foto yang mana. Cari aja di marketplace dengan kata kunci ‘mug custom’, pasti banyak deh. Cocok kan buat masa sekarang sebagai pengingat agar minum air putih yang banyak.

*****

8. Frame Foto dan Ucapan

Foto dan ucapan tulisan tangan dalam frame bikin makin personal

Ini bisa DIY, nih! Cetak satu atau dua foto yang berkesan, lalu tulis ucapan terima kasih dan harapan untuk pernikahan. Keluarin deh semua ucapan romantis kalian. Dihiasi ilustrasi yang sederhana juga bisa. Bebas! Kado makin berkesan karena ditulis oleh tulisan tangan kita sendiri.

Baca juga: Menikah, Menggapai Berkah Hingga ke Jannah

*****

9. Tanaman Hias dalam Pot

Tanaman hias impian doi yang dibentuk love~

Pasangan pecinta tanaman dan hobi gardening? Wah, cocok nih dengan kado yang ini. Sebagai pasangan, tentu tahu dong doi suka atau ingin tanaman apa. Beri dia surprise dengan tanaman dalam pot yang dihiasi pita. Jangan lupa tulis ucapan romantis di secarik kertas. Bisa juga ditulis tahun saat ditanam sehingga nanti kalau sudah tumbuh besar bisa jadi memori.

*****

10. Video Dokumentasi dan Ucapan

Udah zamannya bikin vlog sebagai ucapan “Happy Anniversary, dear!”

Kamu seorang vlogger? Sekalian aja bikin video dokumentasi dan ucapan anniversary sebagai kado anniversary pernikahan buat doi. Kalau bukan vlogger juga nggak apa-apa sih. Sekarang tersedia beberapa aplikasi video maker yang simple di smartphone. Boleh banget dimasukin backsound lagu favorit kalian berdua. Kalau sudah jadi, bisa dikirim via WhatsApp, Google Drive atau bahkan upload ke YouTube biar seluruh dunia tahu bahwa suami atau istri kita adalah pasangan terbaik di dunia.

Biayanya? NOL RUPIAH! Ya palingan modal kuota untuk upload-nya, hehehe…

Duh, jadi inget dulu pernah bikin dan upload video ke YouTube waktu Kangmas ulang tahun ke-18. Waktu masih kinyis-kinyis masih remaja, hihihi…

*****

Nah, segitu deh 10 ide kado anniversary pernikahan yang nggak butuh budjet besar tapi tetap berkesan dan istimewa. Bahkan bisa gratis! Kado spesial nggak perlu mahal.

By the way, kalian udah pernah ngasih atau dikasih kado anniversary apa aja nih? Share di kolom komentar yaa…

18 thoughts on “10 Ide Kado Anniversary Pernikahan, Spesial Nggak Harus Mahal!”

  1. ahhh happy anniversarry yaa mas-mba! semoga terus bahagia dan langgeng, aku paling suka camp-anniversary sih, itu bisa jadi paket komplit deh! jalan-jalan bareng, tidur di tenda bareng, masak-masakan bareng dan bikin video anniversary, dan bahkan bisa tukeran kado pas camp-anniversary hahaha *dasar aku anak jalan*

  2. Dengan cara membuat vlog jadi makin romantis ya untuk merayakan anniversary. Dapat dikatakan kejutan yang luar biasa.

  3. Kado yang sederhana tapi manis ya mbak aku pernah juga kasih kado kolosal foto ke teman, sederhana tapi dia suka banget. Apalagi kalau kita sendiri yang tempel² jadi lebih berkesan kadonya

  4. kalau aku gak bakal ngasih tanaman hias, soalnya aku pernah dikasih tanaman hias trus mati, rasanya punya rasa bersalah sama yang ngasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *