Kabay 20 Bulan

kabay 20 bulan honeymoonjournal.com

————————————-
KABAY 13 BULANKABAY 14 BULANKABAY 15 BULANKABAY 16 BULANKABAY 17 BULANKABAY 18 BULANKABAY 19 BULAN
————————————-

Waaah, usia Kabay udah kepala 2 aja, alias 20 bulan 😍 Dikit lagi udah mau 2 tahun, terus belajar toilet training, terus belajar disapih, terus Mbunnya mulai baper karena udah nggak ada alasan buat tiduran nenin Kabay, hiks…

Di bulan Juli, saya nggak terlalu merhatiin milestone Kabay karena saya lagi ke fokeus ikutan kelas naikin DA yang nggak kepri-makmak-an itu 😅 Milestone Kabay aja sampe ngutang 2 bulan. Mata panda karena hampir tiap malem mantengin laptop. Tapi Alhamdulillah worthed banget sih! DA saya yang tadinya super duper mini udah nyampe 15 dong 😘! Udah ada beberapa blog job yang nyangkut meskipun masih retjeh. Thank you buat para coaches 👌

Yuk ah lanjut milestone Kabay di 20 bulan:

*****

👦 HIGHLIGHT BULAN INI: MUKA NYUSRUK SAMPE BARET

Entah kenapa, highlight 2 bulan ke belakang ini adaaaaa aja yang bikin syediiih. Setelah bulan lalu biang keringet parah, bulan ini Kabay nyusruk sampe muka bagian kanan baret banget. Udah bukan baret ringan lagi sih, tapinya udah kegasruk gitu 😭

Ceritanya suatu weekend pagi, saya, Kangmas, Kabay dan Ateu mau jalan pagi ke daerah Cijayanti. Menyesap minuman hangat ditemani semangkok indomie rebus sambil menatap hijaunya sawah. Beuuuh, juara pisaaan!

matahari bukit pelangi honeymoonjournal.com
Masih ceria waktu dateng

Nah, Kabay itu lagi mau nyamperin saya dan tiba-tiba oleng. Nangis kan tuh dia. Saya kira cuma luka di bibirnya aja karena kena gigi. Eeeh, jalan bawahnya itu banyak kerikil dan kegasruk lah itu mukanya. Mana berdarah pula! Panik banget dong saya. Udah nggak bisa mikir itu ngeliat berdarah muka dan bibirnya.

Saya mah sempet baper dulu. Mana cuma bertiga orang dewasanya. Nggak bawa baju ganti, cuma bawa tisu basah. Kabay nangis kejer karena perih. Ngeblank lah pokoknya! Saya rasa cuma Kangmas doang yang tenang. Ateunya rada ikutan panik dikit.

Lukanya udah dibersihin semampu kita pake tisu basah, saya langsung kasih nen biar sekalian ngeberhentiin pendarahan di mulut. ALhamdulillah, udah dikasih nen mah udah nggak nangis lagi tapi hati saya yang teriris. Itu luka baret panjang dan banyak beud dah ah di mukanya.

Nggak pake lama setelah sarapan abis, langsung cusss lah kita berempat pulang ke rumah. Tapi sambil mikirin ini gimana ngomongnya ke Ambu soalnya takut dimarahin. Udah kayak bocah aja takut dimarahin abis jatoh, hahaha… Pas nyampe rumah, tetep aja sih ketauan. YAIYALAAAH! Tak disangka, Ambu malah selow banget! Dikirain bakal panik juga.

Ekspektasi: “Aduuuh, ini cucu Ambu kenapa? Kok bisa gini? Ayo, buruan obatin!”
Realita: “Ini kenapa neng, bisa gini? Udah diobatin? Cepcepcep, ada-ada aja… Kuat-kuat ya, sholeeh…” *pakai nada selow*

muka baret honeymoonjournal.com
Dahi, hidung dan bibir baret 🙁

Saya kira Kabay akan garuk-garuk lukanya. Tau kan gimana gatelnya kalau luka mau sembuh itu. Itu yang bikin saya khawatir karena kalau digaruk bekas lukanya bakal ngebekas. Duh, bye bye deh kulit bayi mulusnya 🙁 Untungnya sih nggak. Dua sampai tiga hari bekas lukanya blasss nggak ada dong! Regenerasi kulit bayi itu emang juara! Nggak kayak saya yang udah mulai berumur 😛

Momen ini jadi pelajaran buat saya supaya lebih hati-hati lagi dalam pengawasan. Sekarang better kalau jalan banyak kerikil saya gendong ajalah biar nggak jatuh.

*****

👦 AKHIRNYA CATCH UP VAKSIN DPT + POLIO 4 DAN MMR

Setelah beberapa minggu gagal mulu karena selalu full booked, akhirnya Kabay bisa catch up vaksin DPT + Polio 4 dan MMR juga bulan ini. Seperti biasa, tempat langganan vaksin kita adalah Rumah Vaksin Bogor di Taman Yasmin Sektor 6. Baru sedikit yang review tempat ini. Kalau sempet saya bikin reviewnya aaah~

rumah vaksinasi bogor honeymoonjournal.com
Rumah Vaksinasi Bogor yang menerapkan protokol kesehatan pandemi

Recommended banget banget tempatnya apa lagi sedang pandemi kayak gini. Karena fasilitas kesehatan otomatis menerapkan protokol kesehatan kan. Terus nggak banyak ketemu orang karena diatur berdasarkan jadwal booking. Pas Kabay aja cuma 2 pasien yang nunggu. Lebih enak kayak gini sih diatur jadwal datengnya supaya nggak nungguin lama. Bete abisnya kalau nungguin lama tuh. Kangmas udah diem aja di kursi pojokan kalau udah ngantri vaksin kayak gitu.

Karena udah nggak lama vaksin kali ya, jadinya sekarang agak demam sore harinya. Padahal dulu demam itu waktu DPT 1 (dari siang sampe sore) dan DPT 2 (cuma 2 jam) aja. DPT 3 blass Alhamdulillah nggak demam. Vaksin lain pun nggak pernah demam. Kabay jarang banget demam jadinya saya sedih banget pas Kabay sumeng gini. Suhunya 38.1 kalau nggak salah tapi anaknya masih lumayan aktif jadi nggak dikasih parasetamol. Demamnya agak lama sampai besok siang baru suhunya normal lagi.

*****

👦 BISA NGAJAK MASUK KAMAR UNTUK MEH

Ritual nen yang baru udah nggak tiba-tiba duduk di pangkuan lagi. Tapi sekarang Kabay akan narik jari saya dan ngajak masuk ke kamar. Terus dia akan ngejatuhin diri sendiri ke kasur sambil senyam-senyum penuh makna. Hihihi, makin ada-ada aja kelakuannya.

Yang kayak gini bikin saya harus gercep habis pulang kantor buru-buru mandi nggak pake leha-leha dulu. Nggak tega saya harus ngelepasin tangannya karena belum mandi. Leha-lehanya nanti aja sekalian nen sambil bobo di kasur. Uuuh, nikmatnya dunia ngelonin anak sholeh~

*****

👦 MULAI MERANGKAI KALIMAT 2 KATA

“Auuu mem… “ → “Mau meh…”
“Abah nyapu…”
“Auuu num…” → “Mau minum…”
“Antuk… Bobo…” → “Ngantuk mau bobo…”

Alhamdulillah, Kabay udah mulai bisa merangkat kalimat dari 2 kata sederhana. Jadinya kita udah nggak terlalu bingung maksudnya Kabay itu ingin apa.

*****

👦 NGAJAK NGOBROL TERUS

Selain udah mulai merangkat kalimat, Kabay lagi fase capetang. You know capetang? Dalam bahasa Sunda, capetang itu pinter ngomong. Kabay lagi apaaaa aja diobrolin dan ngajak ngobrol. Walaupun mostly pakai bahasa yang hanya Allah dan dia doang yang tahu, hahaha… 

Kadang tuh kita suka nggak ngerti dia lagi ngomong apa, tapi ditanggepin aja, “Oooh gitu ya, nak…” “Emangnya lagi ngapain?” “Iiih, Alhamdulillah Kabay cerdas!” Atau mungkin dia sebenernya lagi nanya apa tapi kita jawab apa. Ya pokoknya ditanggepin aja terus. Kalau lagi ngobrol tuh, beeuh ekspresinya nggak tahan, meen! Menghayati banget!

Oh iya, Kabay seneng banget kalau diucapin “Terima kasih ya, yaa…” Nanti dia akan jawab “Ma ama…” sambil senyum. Uuuh, senyum itu ngegemesin!

kabay ngobrol honeymoonjournal.com
Ngajak ngobrol terus, niiih…

*****

👦 TAHU KALAU MAU BERANGKAT

Kabay sekarang udah ngerti kalau Yabinya mau berangkat. Nanti dia akan ngebawain sepatu Yabi dari luar ke dalam kamar, hahaha…

“Atuu Abi…” → “Sepatu Yabi…”

Terus akan nyariin kunci motor, helm, topi Yabi. Termasuk kalau dianya diajak berangkat juga langsung heboh gitu nyariin sepatunya, ngambil kaos kaki dan topi sendiri. Dan kalau udah siap berangkat gini tapi nggak diajak, beuuh bakalan nangis bombay! Udah digendong sama Mbun pake SSC nggak bakal mau digendong sama siapapun lagi. Udah ngerti jalan-jalan ya sekarang mah…

*****

👦 NGERTI MAIN MOBIL-MOBILAN DAN BOLA

Kabay udah ngerti banget main mobil-mobilan dan bola nih, gaes! Makin terasa aja punya cah lanang alias anak lakik >,< Apa lagi kalau pas Yabi ngajakin main. Digendong dilempar-lempar gitu. Atau nggak diajak lari-larian dan entah kenapa, larinya Kabay itu kayak larinya NARUTO! Hahaha, iya, yang tangannya ke belakang.

kabay lari honeymoonjournal.com
Lariiiiii!

Main mobil-mobilan juga udah sesuai caranya, didorong-dorong, dijejerin. Yaa, walaupun ujung-ujungnya kadang dilempar -____- Kalau main bola terserah deh itu bola mau dilempar kek, mau ditendang kek, soalnya suka dikasih pijakan kalau yang dilempar itu bola.

👩: “Yang dilempar itu boo…”
👦: “Waa…” *kemudian masih tetap melempar yang lain*
👩: *sigh*

main mobil-mobilan honeymoonjournal.com
Main mobil-mobilan
main bola honeymoonjournal.com
Main bola basket dari Ambu, bajunya jersey sepak bola dari Mbah

*****

👦 INGIN MAKAN BARENG-BARENG

Untuk makannya agak tricky nih… Suapin pake tangan udah bukan one stop solution lagi. Harus bisa liat mood dia lagi kemana hari ini. Sekarang lagi hobi ngerecokin piringnya orang gede, terutama Abah dan Yabi. Jadi makannya sekalian sama orang gede. 

Jangan lupa dikasih sendok sendiri biar nyuap sendiri. Kalau udah gini, beuuh makannya bisa banyak! Seru kali ya makan bareng-bareng. Kan biasanya disuapin mulu.

makan es krim honeymoonjournal.com
Snack favorit sekarang: es krim

Yowess, cuma segini milestone Kabay yang berhasil saya observe. Maafkan Mbun nak, lagi pacaran mulu sama laptop bulan lalu, huhuhu… Bulan Agustus udah selow laah, walaupun tugas Pra Bunsay udah dimulai.

Yossh! See you next month, gaes! 

bantu abah honeymoonjournal.com
Bantu abah ngecat pintu rumah
kacamata kabay honeymoonjournal.com
Serasa mahasiswa tingkat akhir dan dosen pembimbing, hihihi…
kabay lari bersama yabi honeymoonjournal.com
Lari bareng Yabi. Kaboooor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *