Kabay 13 Bulan

Mulai Kabay 13 bulan ini, saya berniat untuk me-record apapun perkembangan dan pengalaman Kabay selama sebulan di blog ini. Saya nyesel juga sih nggak dari awal dia lahir bikin catatan. Kalau nyari alasan sih gegara masih adaptasi nyari waktu nulis di tengah kesibukan jadi working mom. Kalau nggak mau ngeles, saya masih milih tidur dibanding nulis malem-malem. Ini aja draft ulang tahun Kabay setahun belum beres-beres, hehehe…

Ok, we start from here:

Kabay is 13 month old. Hello, toddler life!

Sungguh ya, anak masuk ke usia setahun itu udah mulai banyak ulahnya. Beberapa temen yang sharing di DM IG juga begitu. Terutama soal MPASI. Whyyyy, nak? Tapi banyak juga kok yang makin ngegemesin *unch

Ini beberapa milestones Kabay di usianya yang ke-13 bulan ini:

Makin Cerewet

Cerewet di sini in positive way, ya… Artinya, kosa kata dia udah mulai bertambah meski masih bahasa bayi. Udah makin aneh-aneh ngomongnya. Kadang keluar “Oyoyoy” atau kata yang lain. Tapi masih keluar “Ngging”-nya sih padahal udah gede, hahaha… Kata itu biasanya cuma keluar pada bayi usia di bawah 8 bulan. Nggak tahu kenapa, Kabay masih suka ngucapin itu.

Kalau udah mulai bicara, bisa lama nggak berhenti-henti. Apa aja dikomenin sama dia. Tandanya dia lagi bahagia dan sehat. Nggak apa-apa nak, teruskan! Walaupun Mbun suka udah cape mau nanggepin kayak gimana lagi.

*****

Bisa Turun Kasur Kaki Duluan

Akhirnya, Kabay bisa turun kasur kaki duluan. Dulu masih tangan atau kepala duluan. Kasur di kamar sih udah diturunin dari lama. Jadinya kan takut ya kalau turun dari kasur yang agak tinggi. Takut nyusruk itu kepala jadi benjol.

Nah sekarang, Kabay kalau mau turun dari tempat yang agak tinggi, pasti kaki duluan. Meskipun cuma undakan tangga pendek. Padahal dulu diajarin nggak mau-mau. Sekarang udah rada tenang deh urusan naik-turun ini.

*****

Makin Jago Manjat

Mungkin karena anak laki-laki ya, NGGAK BISA BANGET LIAT KURSI/SOFA, PASTI DIPANJAT, YA ALLAH. Sampai container tempat mainan dia pun dipanjat supaya bisa naik ke atas meja. Makin banyak idenya supaya bisa manjat.

Manjat pagar lah, sofa lah, kotak mainan lah, sampai dinosaurus di mall, semuanyaaaa kalau bisa kakinya manjat ya dia panjat. Gusti…

Harus extra sabar ini mah ya… Kalau emang udah membahayakan sih biasanya langsung digendong dan dipindahin ke tempat yang lebih aman. Ya pake teriak-teriak bentar…

*****

Mulai Bisa Berdiri Tanpa Pegangan

Kalau merambat-rambat, Kabay udah bisa dari usia 11 bulan Kabay. Nah, bulan ke-13 ini mulai naik tingkatan proses berjalannya. Kabay udah mulai bisa berdiri tanpa pegangan. Tapi kalau dia kalau nggak sadar, hahaha…

Misalnya, dia lagi pegangan ke kursi. Terus mau tepuk tangan. Dilepas kan tuh pegangannya lalu berdiri beberapa detik. Nanti kalau udah sadar, baru dia pegangan lagi.

Sekarang masih dilatih buat berdiri sendiri dari duduk.

*****

Mulai Jalan Beberapa Langkah

Ini sih milestone paling ketjeh. KABAY UDAH MAU JALAN! Kan, lagi kita latih supaya dia bisa berdiri dengan sadar. Terus dari ditatah dua tangan jadi satu tangan. Lalu kita ajak supaya mulai melangkah sendiri. Eeeh, bisa dooong!

Abis melangkah gitu, dia suka ambruk di pelukan sambil ketawa-tawa. Duh Gusti, momen yang membahagiakan banget ini tuuu…

Tapi tetep sih, merangkak masih the best way untuk pindah tempat, hahaha… Lebih cepet dan efisien ya, nak.

jalan kabay 13 bulan honeymoonjournal.com
Uuuu, udah mau jalan aja ini anaknya Mbun :’)

Mulai Bisa Menerima Perintah

Kabay udah mulai bisa menerima perintah-perintah sederhana, seperti “Mbun pinjem sendoknya, ya…”, “Suapin Yabi dooong…” atau “Gimana suara burung?” walaupun yang keluar suara kucing mau berantem, hahaha…

Jadi kapan nak, bisa bantuin ngisi blog? *lah ngelunjak

*****

Reflek Saat Mendengar Doa dan Lagu

Reflek Kabay saat mendengar doa makin jelas. Jadi, kalau saya atau Yabinya baca doa untuk orang tua, Kabay langsung reflek menengadahkan tangannya. Kalau udah bilang “Aamiin…”, dia usap tangan ke wajahya terus tepuk tangan.

Ini karena pembiasaan. Sekitar 3 bulanan yang lalu memang saya dan Yabi merutinkan dia ikut berdoa sehabis solat. Jadi, refleknya udah terbentuk.

Kalian tahu lagu mainan ‘Cangucang Angge-Angge’ nggak? Orang Sunda mah pasti tahu kan ya… Nah, bulan ini tuh kalau Kabay denger lagu ini, dia langsung reflek posisi seperti merangkak terus pantatnya digoyang-goyang. Hahaha, asli deh ini kocak banget!

*****

Makin Murah Senyum

Kalau Kabay udah senyum, aduuuuh, bikin melting seharian… Giung, meeeen! Alhamdulillah, Kabay jadi anak yang murah senyum sesuai sounding Mbun dari kamu orok merah. Keep humble and smile ya, nak :))

senyum 13 bulan honeymoonjournal.com
Selfie sama Yabiii 😀
senyum 2 kabay 13 bulan honeymoonjournal.com
Aduuuh, giung nak, lihat kamu senyum bahagia gini :))

Udah Punya Tempramen dan Keinginan Sendiri

Usia 13 bulan udah masuk ke fase batita. Dibilang bayi ya masih, tapi udah nggak terlalu bayi. Kabay udah mulai punya tempramen kalau ada hal yang nggak sesuai keinginannya dia. Misalnya dia pengen merangkak ke suatu tempat tapi sama kita digendong karena nggak boleh ke situ. Nah, dia langsung protes dengan cara teriak atau bahkan menahan dirinya. Jadi kita nggak bisa gendong.

Sering juga dia pengen nen, tapi saya masih beres-beres dulu pulang kerja. Dia akan terus ngejar saya dan nangis sampai bisa nen. Kalau udah gini, babay deh mandi dan makan~

abah ambu kabay 13 bulan honeymoonjournal.com
Iiih, kok manyun waktu difoto sama Ambu dan Abah sih?

Mulai Bisa Meniru

Kalau kita bilang, “Pesawat gimana pesawat?”, Kabay akan langsung menggerakkan tangan dan ke samping sambil bilang “Uuuuuu…”. Inilah hasil meniru gerakan pesawat Abah kalau lagi main.

Sekarang juga kalau lihat sapu, bawaannya pengen nyapu karena sering ngeliat orang nyapu. Bisa nyolokin chargeran hp ke kabel terminal meski nggak masuk-masuk karena sering ngeliat. Nyalain saklar lampu, ngetok-ngetok kayu seperti betulin kursi.

Waah, udah harus hati-hati ini udah mulai niru

Nah, yang terakhir soal makan.

*****

Pengennya Disuapin Pakai Tangan dan Mulai BLW

Selama ini, Kabay sukanya makanan yang berkuah. Banyak dan cepet banget deh makannya kalau ada kuahnya. Sampai kalau saya masak MPASI ditumis, tetep harus ada airnya supaya bisa dicampur ke nasi.

Eeeeh, suatu hari, saya masak tumis ati ayam, dia makannya sedikit kata Abah. Padahal itu menu kesukaannya Kabay.  Akhirnya Abah nyoba bikin telur dadar dan disuapin pake tangan, seneng dong dia makannya banyak.

Pas saya nyuapin dia pakai sendok menunya perkedel, mulutnya dikunci nggak mau mangap. Nyoba lah saya suapin perkedelnya aja pakai tangan. Abis 2 perkedel. Fix ini mah harus pakai tangan.

Dulu waktu usia Kabay 8 bulan, menurut teori udah bisa diperkenalkan finger food kan. Saya nyobain ngasih makanan ke dia, seperti wortel atau tempe. Maksud hati pengennya dia nyuap sendiri ke mulutnya, yang ada malah dibejek-bejek doang terus dibuang ke lantai.

Sejak itu, saya belum ngasih dia makan sendiri alias BLW (Baby Led Weaning). Padahal di dalam hati mah panas ini ngeliat anak-anak temen kok udah bisa nyuap makanan sendiri *dasar buibu panasan

Beberapa minggu yang lalu, Kangmas dan Kabay sedang silaturahim ke rumah temen. Istrinya nyediain tempe goreng yang dipotong kecil buat anaknya yang cuma lebih tua beberapa bulan dari Kabay. Eh, malah diabisin sama Kabay, hahaha… Dia asik aja nyomotin tempe berduaan.

Oh oke, tanpa saya paksa, Kabay udah mulai bisa makan sendiri. Berarti emang perkembangan anak nggak perlu dipaksakan, yang penting masih dalam waktu toleransi. Dan jadi peer buat saya masak menu yang cocok untuk finger food.

makan mie kabay 13 bulan honeymoonjournal.com
Pertama kali makan mie bayi
makan2 kabay 13 bulan honeymoonjournal.com
Asik banget bang, itu makanin remehan di lantai 😛

Oke deh, segini perkembangan Kabay yang berhasil saya observasi. Harus makin rajin observasi nih. Kan udah ikut Workshop Pandu45 tentang mengobservasi minat dan bakat anak.

“Wah, workshop apaan, tuh?”

Tunggu rilis postingan-nya yah, masih di draft *nge-draft aja teroooos

Baca juga: Oleh-Oleh Workshop Pandu 45

See you next month!

You may also like

2 Comments

  1. Gemassssnyaaaa masha Allaaahh, duhhh pengen punya bayi lagi mah kalau liat yang lucu-lucu gini, tapi buru-buru nolak, pas ingat drama hamil melahirkan dan urus bayo newborn hahahaa.

    13 bulan itu beneran gemes-gemesnya ya, sehat selalu anak lucu gemesiiinnn:*

    1. Bener banget, mbarey, lagi ngegemes-gemesinnyaaa :*
      Hihihi, sekarang mah cukup 2 dulu ya, mba…
      Sehat selalu juga untuk Mbarey dan 2 gantengnya :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *