Kabay 23 Bulan

Kabay 23 Bulan honeymoonjournal

————————————-
KABAY 13 BULANKABAY 14 BULANKABAY 15 BULANKABAY 16 BULANKABAY 17 BULANKABAY 18 BULANKABAY 19 BULANKABAY 20 BULANKABAY 21 BULANKABAY 22 BULAN
————————————-

Ayoo, semangat-semangat! Beresin sampai Kabay 24 bulan sebelum Januari 2021 ganti bulan! Hahahaha…

👦 HIGHLIGHT BULAN INI: BISA BILANG BISMILLAH LENGKAP SENDIRI

Alhamdulillah, Masya Allah, Tabarakallah… Cuma ini yang bisa saya sebutkan karena Kabay udah bisa mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sendiri… 

Sebagai anak yang dilahirkan dalam keluarga Muslim, tentunya bisa mengucapkan lafadz Allah dan Bismillah jadi momen yang ditunggu-tunggu. Saya lupa waktu nonton ceramahnya ustadz siapa gitu, Ustadz Adi Hidayat apa ya? Saat anak pertama kali belajar bicara, yang dikenalkan pertama kali itu harus nama Allah.

Bukan nyanyi-nyanyian, bukan bahasa Inggris.Tapi dia harus mengenal lebih dulu siapa Tuhannya, yaitu Allah. 

Saya bukan orang yang saklek banget nggak boleh ada lagu-lagu di rumah. Kabay sering kok diajarin dan didengerin lagu anak-anak. Tapi kami selalu mengajarkan kalau mau ngapa-ngapain baca Bismillah dulu.

Alhamdulillah, di bulan ke-24 ini dia bisa lancar. Terharuuu T___T

*****

👦 UDAH HAFAL LAGU HIJAIYAH UPIN-IPIN

Serial favorit Kabay kan Upin dan Ipin. Sampai punya bonekanya dooong, dibeliin oleh Ambu… Pokoknya kalau ada Upin dan Ipin di TV nggak boleh dipindahin.

Nah, mumpung Upin dan Ipin ada lagu Hijaiyah, saya masukin aja ke hardisk untuk diputer-puter. Pasti nempel kan tuuh. Buat strategi memperkenalkan huruf hijaiyah sedari dini tanpa paksaan.

Sekarang Kabay udah bisa ngikutin nada Hijaiyah Upin-Ipin dan bisa ngikutin meski hanya ujungnya aja.

*****

👦 BISA MINTA NONTON, NYALAIN REMOTE TV SENDIRI

Saya termasuk keluarga yang rada longgar terhadap screen time, hihihi… Tapi tontonan Kabay tetap saya awasi dengan ketat, hanya boleh Upin-Ipin dan yang ada muatan moralnya. Kalau sekarang-sekarang tambahan Ricko The Series dan Omar Hanna. Kadang-kadang doraemon atau yang ada di Nick Junior.

“Abuuun… Oton…”

Gini nih kata-kata Kabay kalau minta nonton TV. Terus dia juga udah tahu tombol mana yang harus dipencet di remote untuk nyalain TV.

Dasar anak zaman sekarang yaa… Cepet banget dah ngertinya…

*****

👦 BISA BERHITUNG 1-10, YEAY!

Entah gimana awalnya saya juga nggak tahu, Kabay udah bisa berhitung 1 sampai 10 looh! Tapi pastinya Kabay belum ngerti esensi angka. Lima itu segimana sih? Delapan itu segimana?

Kabay kan suka ngedorong mejanya dia ke arah deretan piala, terus nanti dia panjat. Saya pikir ngapain ni anak? Taunya mau ‘ngitung’ piala dooong! Hahaha…

Abah sih suka cerita kalau Kabay mau tidur siang, suka digendong lalu dibawa ke deretan piala itu. Nanti nunjuk-nunjuk piala sambil dinyanyiin, “Ini punya Mbun~ Ini punya Yabi~ Ini punya Ateu~” pakai nada suka-suka sampai Kabay kiyep-kiyep dan ketiduran.

Ternyata itu masuk ke memorinya dan dia pengen nunjuk piala sambil berhitung.

“Satu ua igaaa~ Epat ima enaaam~ Ujuh eyapan~ Embiyan~ Epuyuuhu~ Yeaaay!” Dan kita semua bertepuk tangan!

*****

👦 BISA MINTA MAKAN

Sekarang juga Kabay udah bisa minta makan. 

“Ambuu, akan…” terus ke arah lemari piring minta piring ungunya atau mangkok doraemonnya dia. Udah dapet nanti jalan ke rice cooker dan minta nasi.

Pokoknya lucu deh! Susah dideskripsikan dengan kata-kata, hihihi…

*****

👦 BARANG-BARANG DI ATAS MEJA HARUS DIAMANIN

Karena Kabay makin tinggi, yaaa meskipun di bawah garis ijo sih gegara Yabi dan Mbunnya nggak tinggi-tinggi amat, Kabay jadi bisa menjangkau barang-barang di atas meja!

Jadi, semua barang kita jauhin dan amanin supaya nggak bisa keambil sama dia. Takut aja gitu nggak sengaja naro benda berbahaya, eeeh keambil sama dia. Naudzubillah…

Pokoknya sekarang mah kudu hati-hati kalau naro benda di apapun di atas meja

*****

👦 BULAN PERTAMA MBUN NGGAK PUMPING

Hari pertama nggak pumping, saya masih suka main ke ruang pumping untuk leha-leha bentaran, hehehe… Sambil ngemil dan update berita sama buibu geng pumping. 

Saya kira akan sedih banget gitu nggak bawa peralatan perang: pompa, corong, botol. But really, I quite enjoyed it. Jadi ada waktu untuk bikin draft blog deh, hahaha…

Nggak harus kejar-kejaran beresin kerjaan karena udah tiba waktu pumping. Nggak harus cuci botol dan corong (padahal sejak 3 bulan lalu, saya juga cuma seminggu 2x cuci corong + botol, hihihi…). Nggak harus tega-tegain diri sedekahin ASIP ke pohon. Dan kulkas udah bersih dari stok ASIP. Tinggal sisa ice gel aja.

Bisa nyetok es krim lagi deh, wkwkwkwk…

*****

Yuppp, sekian highlight milestone Kabay bulan ke-23 ini. Belum ada fotonya lagi ya, maafkan… Belum sortir dan nyari foto Kabay bulan 22 dan 24 nih. Ada di hp lama. 

Ecieee, hp baru… Kiwkiw… Hasil trading saham, nih.. Hahaha…

See you next milestone in the 24th month!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *