Kabay 19 Bulan

Kabay 19 bulan cover honeymoonjournal.com

————————————-
KABAY 13 BULANKABAY 14 BULANKABAY 15 BULANKABAY 16 BULANKABAY 17 BULANKABAY 18 BULAN
————————————-

Sesungguhnya, bulan Juli kemarin adalah bulan ter-hectic saya dalam dunia blogging. Sampe-sampe kelewat 2 bulan buat nulis milestone Kabay, huhuhu… Ikut kelas 30 hari naikin DA blog jadi bikin agak naik darah juga karena kurang tidur dan kurang waktu main sama Kabay, hahaha… Segala ikut lomba (yang belum rezeki) dan ngejar deadline tugas dengan segala aturan nyelenehnya yang bikin degdegser takut di-kick dari grup.

Bulan Agustus ini mau slow down dulu deh, sambil nyicil-nyicil hutang postingan pribadi. Ikut lomba tipis-tipis aja nggak terlalu ngoyo. Kalau ada job juga Alhamdulillah, dikerjain sebaik mungkin.

Yuk ah, udahan curcol (yang always jadi pembuka postingan milestone, HAHAHA) ini 😛 Here we go~

*****

👦 Highlight Bulan Ini: Biang Keringet Parah

Cuaca abis lebaran itu lagi panas-panasnya ya. Alhasil Kabay lagi cepet banget keringetannya. Kayaknya nggak ada siang tanpa buka kaos. Pas selalu singlet + popok doang. Terus suatu hari waktu mau mandi, saya cek punggungnya kok ada bentol-bentol kecil khas beruntusan gitu. Awalnya cuma searea kecil gitu.

“Oooh, biang keringet ini mah kali ya. Nanti juga ilang,” pikir saya.

Kok makin hari makin nyebar aja, ya? Udah saya pakein Caladine Lotion yang ungu tiap abis mandi masih aja ada. Puncaknya itu habis pulang dari rumah Mbahnya di Pondok Cabe. Itu mah sepunggung biang keringetnya! Kasian banget suka garuk-garuk kayak yang gatel banget 🙁

Lalu saya curhat ke geng pumping, ternyata anaknya temen saya juga ada yang lagi kayak gitu. Malah lebih parah dan lebih merah. Terus seorang temen saya kayak yang keingetan sesuatu gitu

“Eh, bentar deh. Kayaknya di grup WA ibu-ibu aku ada yang pernah nanya tentang biang keringet gini.” Terus dia nyari dan nemu. “Coba aja mandinya pake Lactacyd Baby Wash.”

Keidean lah kami berdua untuk beli dulu 1 botol terus dibagi 2. Biar kalau nggak cocok cuma beli sedikit gitu. Dasar ya buibu perhitungan, hahaha…

biang keringet honeymoonjournal.com

Long story short, Alhamdulillah 2 minggu pemakaian biang keringet di punggung Kabay berkurang drastis! Ditambah selama 2 minggu itu dia nggak dipakein kaos dalem dulu, jadi langsung aja kaos luaran. Pas malem tidur juga. Biar hawanya adem dulu.

Masuk minggu ke-3, Alhamdulillah kulitnya udah mulus lagi. Terhuraaaa 😭 Kabay juga udah nggak pernah garuk-garuk punggung lagi. Ampuh bener deh sabun ini. Nanti saya mau bikin reviewnya aah. Jadi sabun wajib ada di rumah ini mah. Kalau udah mulai keliatan ada biang keringet, langsung cuss pake pas mandi.

*****

👦 “Ana, ya?” and “Waow!” are Words of The Month

Sekarang Kabay udah bisa nyariin sesuatu. Misalnya nyariin Abah. Kita bilang, “Abah mana, ya?” nanti dia akan ngikutin “Ana, ya?” Terus aja ngomong gitu sampe ketemu, “Niii!” sambil nunjuk. Terus kita para orang gedenya suka dijadiin semacam permainan cuma supaya dia nyariin doang, hahaha…

Kabay juga sering banget bilang “Waow!” untuk apapun. Kalau saya bawa sesuatu habis kerja, dia akan bilang itu. Terus juga buka halaman buku, bilang waow lagi. Semua aja kayak hal baru buat dia. Bentuk ekspresinya juga sih kayaknya.

*****

👦 Makin Bawel dan Ekspresif

Alhamdulillah banget ini, kosakatanya makin banyak! 😀 Lewat 18 bulan itu emang fasenya words explosion banget, ya… 

Kalau kita bilang terima kasih, dia jawab, “Ma amaa (sama-sama)…”

Kalau lagi ngedadahin Yabinya mau berangkat kerja, dia akan nerusin, “Dadah, Abiii… Titi (hati-hati)… Mmuah! (kiss bye) Alaaam! (Waalaikumsalam)”

Kalau makanannya enak, “Hmmm, nak!” dengan nada riang gembira.

Udah bisa manggil anggota keluarga juga loh 😆

“Biii…” → Yabi

“Buu…” → Ambu

“Tiii…” → Ateu

Terus kalau Mbun gimana? Dipanggil “Kaka” dooooong… Gegara orang rumah seringnya manggil saya ‘Kaka’. Syediiiih T____T Harus dibiasain dipanggil ‘Mbun’ niiih biar nggak jadi kebiasaan. Muka sih nggak beda jauh lah ya sebenernya masih dianggap adek-kaka, uhuk.

*****

👦 “No! No! No! No!”

Ini termasuk ke bagian ekspresifnya dia. Saya menghindari pakai kata ‘jangan’ tapi pakai kata ‘no!’. Padahal mah sama aja ya, HAHAHA 😅 Jadinya dia kalau nolak sesuatu selalu bilang, “No! No! No! No!” sambil tangannya dikibasin dan alisnya nyureng gitu. Anak kecil emang copycat banget!

*****

👦 Ritual Nodong Nen

Mentang-mentang udah gede, dia udah bisa nodong nen sendiri. Saya baru duduk istirahat abis pulang kerja, kan cape gitu ya, langsung nyamperin. Eits. saya langsung minggat buru-buru mandi kalau udah kayak gini, hihihi…

Urutan ritualnya gini nih: Kabay nyamperin → langsung dulu di pangkuan → “Auu… Meh!” (mau meh) → terus tangannya ditengadahin mau baca Bismillah → ngeluarin nen sendiri sambil nyengir → nen deh

Duh nak, makin ngegemesin amat sih, dirimuuu! 😆

*****

👦 Kecerdasan Musikal Makin Terlihat

Kabay juga udah bisa nyanyi tepat nada, contohnya lagu Burung Kakaktua, Kereta Api dan Balonku. Yaa, walaupun pake bahasa yang masih balelol tapi nadanya pas gitu loh. Terus kalau ada lagu yang dia kenal, auto joged. Makin kita respon, makin heboh gerakannya. Seneng ditanggap. Makin nurun dari Yabinya, hehehe…

*****

👦 Mengerti Beres-Beres

Ini sih favorit Mbun banget, hihihi… Kabay udah mulai mengerti konsep beres-beres. Ambu berperan banget sih di bagian ini. Karena masih wfh, jadi Ambu banyak ngajarin Kabay di rumah, termasuk kalau habis main harus diberesin. Walaupun masih suka nggak diberesin, tapi sebisa mungkin dia terlibat dalam proses beres-beres ini. Jadi ngajarin kalau main itu harus tuntas, mulai dari ngeluarin mainan, proses mainnya dan balikin lagi ke tempatnya. Kalau Kabay lagi ngeh mah, dia suka beresin sendiri sih.

dorong galon kabay 19 bulan honeymoonjournal.com
Kuat banget tenaga sampe bisa dorong-dorong galon 😅

*****

👦 Duta Cuci Tangan

Cuci tangan kan jadi kebiasaan wajib ya sekarang. Kabay jadi ikut-ikutan juga. Kalau tangannya kotor, dia udah udah tahu harus dicuci dan langsung ke wastafel. Kan kita jadi malu sendiri ya, anak kecil aja ngerti kebersihan. Hahaha, good job, nak!

*****

👦 Sudah Bisa Memilih Kegiatan

Sudah bisa milih mau ngapain nih doi sekarang. Mau tidur, mau nonton, mau minum, pakai sepatu, mau baca buku, main musik atau mau meh. Kalau kita tawarin tapi dianya nggak mau, dia akan bilang, “No! No! No! No!”. Tapi kalau dianya mau, akan bilang, “Au!”

Udah makin gede aja kamu, nak… Jangan cepet gede atuuuh :’)

*****

👦 Baca Buku Sendiri

Ini sih mulai saya observasi gegara ikut lomba blog Let’s Read. Jadi Kabay udah bisa milih buku apa yang mau dibaca terus asyik ngomong tentang isi bukunya. Terus saya foto dan video buat bahan konten, hahaha *maap jangan ditiru* Lanjutkan, nak! Suka baca ini mah nggak apa-apa turunin dari Mbun aja.

baca buku kabay 19 bulan honeymoonjournal.com

*****

👦 Satu Set Shalat Lengkap

Alhamdulilllah, Kabay bisa ngikutin shalat lengkap tanpa ngegangguin. Dari dulu juga jaraaang banget ngenggangguin kalau lagi pada shalat sampe bisa ditinggal shalat tarawih pas Ramadhan. Tetep dalam pengawasan tapinya. Nah sekarang udah bisa ngikutin shalat juga dari Takbiratulihram sampe salam. Kadang malah suka tiba-tiba shalat sendiri dan sampe 5 rakaat 😂 Kebanyakan atuh… Masya Allah… Tabarakallah…

shalat kabay 19 bulan honeymoonjournal.com
lebaran kabay 19 bulan honeymoonjournal.com
Lebaran dulu, gaes~
Nginep di hotel bertiga sama Mbun dan Yabi~

1 thought on “Kabay 19 Bulan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *