Kabay’s Journal: 14 Bulan

kabay 14 bulan honeymoonjournal.com

Tepat draft postingan ini dibuat, Kabay pas 14 bulan. Uwow banget nggak, tuuuh? Nggak kerasa, udah setahun lebih 2 bulan aja nih anaknya Mbun, bentar lagi lulus SD nih *mendadak mellow

Yuk ah, markijut~ Mari kita lanjut ke milestone-nya Kabay di bulan ke-14 ini…

Finally, Kabay bisa jalan juga! Woo-hoo!

Asli, ini deh milestone yang paling cepet perkembangannya! Bulan lalu tuh jalannya masih suka ngegedebrug. Apa sih bahasa Indonesianya? Pokoknya jalan beberapa langkah terus ngejatohin diri gitu. Terus bulan lalu juga kalau mau jalan masih harus distimulus dulu. Porsi merangkak:jalan masih 90:10.

Tapi bulan ini, Masya Allah… Udah lancar dong mau kemana-mana pun. Plus bangun untuk berdiri dari posisi duduk. Huhuhu, aku terharuuuu :’)

Mulai dari pose nungging-nungging berdiri sendiri, terus nambah jumlah langkahnya, bolak-balik ambil mainan sendiri, sampai akhirnya bisa jalan sendiri muter-muter rumah. Oh iya, udah bisa naik dan turun 1 anak tangga sendiri juga. 1 bulan ini sungguh pesat perkembangannya. Alhamdulillah…

Sebenarnya, saya nggak termasuk orang tua yang pengen anak harus cepet-cepet bisa jalan. Red flag-nya masih di usia 18 bulan ini kan. Lebih banyak merangkak justru lebih bagus. Jadi ya, Kabay udah lancar jalan (meski masih kayak penguin) di usia 14 bulan itu bonus.

kabay bola kabay 14 bulan honeymoonjournal.com
“Aku udah bisa main bola, dooong…”

Yang paling gemesin tuh KALAU JALAN NGGAK MAU DIPEGANGIN. Pengen bilang “Sok tahu ih kamu, jalan masih oglek juga kanan-kiri,” hahaha… Kayaknya kalau dibawa ngemol udah ngacir kemana-mana kali ya.

Enaknya sih jadi kita udah nggak susah harus megangin atau ngejagain banget-banget lagi kalau dia main. Tinggal diliatin aja. Oh, mainnya aman… Yowess kita sambil ngerjain yang lain.

Repotnya itu rumah langsung disteril nggak boleh ada benda berujung tajam. Pintu pagar luar harus ditutup karena langsung akses tangga. Pintu dalam juga nggak boleh lengah dibuka lebar karena suka kaburrrrrr jalan sendiri keluar nyamperin kucing. Dan ini nih: kalau pakai baju itu nggak bisa diem, Ya Rabbi… Pengennya jalaaaan mulu. Hhhh…

Eh harusnya bersyukur atuh yah, anaknya udah bisa jalan.

Kalau pake baju karakter gini kayak yang udah gede aja kamu, naaak :’)

*****

Mulai mengerti cara pakai sesuatu

Children see, children do. Kabay udah mulai mengerti cara pakai sesuatu karena sering melihat orang dewasa melakukannya.

Contohnya nih, dia udah mulai ngerti kalau peci itu pakainya di kepala, kalau kacamata itu di mata. Kabay suka pakein peci ke Abahnya atau kacamata ke mata Yabinya. Kadang juga suka sotoy pengen pake sendiri walau nyasar ke belakang kepala 😂

Kalau liat remot TV, dia suka ngarahin ke TV biar nyala. Dikira diarahin doang langsung nyala kali ya tu TV. Dia begitu karena sering liat kita-kita ini cara nyalain TV ya pake remot begitu.  Udah ngerti cara nyisir rambut (meski gagangnya kebalik), pakai kaos kaki atau sepatu (kakinya disodorin or nginjek sepatu sendiri).

Yang paling kocak adalah PENGEN PAKE SENDAL GEDE. Kayaknya setiap anak pasti mengalami fase ini ya. Setiap pagi sambil nganterin orang-orang rumah berangkat ke sekolah, Kabay selalu nyamperin rak sepatu dan sendal. Lalu hampir semua sepatu dan sendal dia turun-turunin untuk dipakein. Kalau udah bisa masuk kakinya, terus tepuk tangan kegirangan deh.

pakai sendal
Pertama pakai sendal gede dulu…
… terus senyum-senyum kegirangan 😀

*****

Mulai mengerti sholat

Entahlah apa yang ada di benaknya dia, tapi hampir selalu setiap waktu solat dan lihat sajadah, Kabay akan reflek untuk posisi sujud. Posisi sujudnya belum bener sih. Masih nungging tapi dahinya nempel ke bawah. Arah kiblatnya? Kemana aja gimana dia pengennya, hahaha

Kalau diajak Yabi ke mesjid juga langsung reflek sujud. Enak juga sih sajadahnya kan gede dan empuk gitu. Diajari cinta ke mesjid sejak dini sama Yabi ya, nak 😘…

kabay sholat kabay 14 bulan honeymoonjournal.com
Masya Allah… Tabarakallah…

Kalau udah sholat Magrib, dia minta buku Yasin kesayangannya berwarna biru. Harus yang itu. Yang ada foto almarhum uyutnya. Nanti Kabay akan buka-buka halamannya terus kayak yang ngaji. Tahu dari mana dia ngaji? Kedengeran deh beda intonasinya sama ngoceh biasa. Kayak gini, nih:

Ngaji: “Ashjheiogofeoodceo…”
Ngoceh: “ASHJHEIOGOFEOODCEO…”

Kadang emang suka ngegas dia kalau ngoceh, hahaha…

Alhamdulillah, semoga dirimu terus menjaga sholat dan mencintai Alquran ya, anak sholeeeh 🙂

*****

Mengerti beberapa kode dan simbolis

Maksudnya, misalnya dibilang, “Enaaak…” nanti Kabay akan mengacungkan jari telunjuknya. Soalnya belum bisa kalau jempol.

Terus kalau dibilang, “Assalamulaikum…” nanti Kabay mengatupkan kedua tangannya kayak memberi salam.

Udah mulai bisa membedakan suara hewan juga. Kalau macan dia akan menggeram, kalau tikus akan mencicit. Jadi semua suara hewan kalau ditanyain nggak suara kucing berantem mulu, Hahaha… Baru 3 or 4 hewan aja sih yang diajarin suaranya.

Selalu kayak gitu nggak? Ya nggak juga sih, gimana mood-nya dia aja.

*****

Naik KRL dan Busway pertama kali

Untuk pertama kalinya, Kabay jalan-jalan naik KRL. Mau kemana kitaaa? Ke Ragunan  lanjalan pas liburan Natal.

Excited gitu Kabay di dalem kereta. Alhamdulillah, dia nggak rewel selama di KRL. Seneng banget liat rumah-rumah, jalan-jalan. Terus SKSD ngajak senyum mba-mba di sampingnya, hahaha… Genit sih ini…

Dan terakhir pas mau turun, dia pengen gelantungan di pegangan. Hadeuuuh…

Kalau naik busway sih waktu nengokin sodara di RS Fatmawati. Selalu seneng dia mah ngeliatin banyak mobil tuh. Mana adem lagi kan di busway *norak, hahaha

kabay naik kereta
Yak, gelantungan dulu sebelum turun kereta -___-

*****

Drama menyusui yang baru: ogah minum ASIP 🙁

Semenjak setahun, #dramamenyusui baru muncul lagi, yaitu Kabay mulai ogah minum ASIP. Setiap dikasih dot, pasti dihempas. Sampai dimainin itu nipple-nya dicolok-colok ke dalem atau digelindingin botolnya. Yang dulu sebelum MPASI bisa minum ASIP sampai 7 botol alias 700 mL selama saya tinggal kerja, berkurang jadi 4, terus 3. Bahkan bisa seharian ga minum ASIP. Padahal saya pumping setengah jiwa itu di sela-sela jam kerja 🙁

Dulu sempet galau gegara stok terus menipis. Sekarang galau lagi gegara freezer udah kepenuhan. Saya sampai nebeng ke kulkas nenek coba saking kepenuhannya kulkas di rumah. Tapi anaknya ga mau minum. Hatiqu terpoteque iniiiii T___T

Tapi kalau dbf (nen langsung) mah masih juara sih. Kalau weekend saya hampir nggak bisa ngapa-ngapain karena Kabay nen sejuta kaliiii~ Segala udah bisa nengok ke dalam baju nyariin nen pula. Tapi nanti nyotnyot bentar terus main lagi. Nyamperin nen lagi, nyotnyot lagi, main lagi. Nggak dikasih dianya ngambek. Gitu aja terus seharian.

Walaupun nen masih tetep kecintaannya, tapi keefektifannya udah berkurang jadi 80%. Dulu kalau dia kabur keluar, ditawarin nen langsung muter balik badan nyamperin. Sekarang udah nggak semempan dulu.

👶: *kabur keluar kamar*
👩: “Anak sholeh, nen, yuk! Niiih…”
👶: *diem* *ngeliatin dulu*
👩: “Niiih nennya…”
👶: *ngeliatin lagi* *ngeliatin keluar* *malah pergi keluar*
👩: *terpaksa bangun dari tempat tidur padahal mata ngantuk*

*****

Mau makan duren

Saya boleh tebar confetti nggak nih? Akhirnya, masa-masa penantian berakhir juga. Kabay mau makan duren! Wooohooo!

Desember-Januari ini lagi musim duren kan, yah. Nah, pas libur Natalan itu saya dan keluarga main ke Warso Farm. Tapi Kangmas nggak ikut karena lembur. Padahal mah emang Kangmas nggak doyan duren. Mabok nanti kalau ikut. Suka bingung deh saya kenapa ada orang yang nggak suka duren. Padahal kan itu buah surga dunia *okeskip

Jadi formasinya itu Abah bonceng Ambu sambil gendong Kabay, saya bonceng Ateu. Cusss lah kita berlima ke sana pakai motor. Pas nyampe sana dan duren dateng ke meja, langsung deh saya cobain duren ke Kabay. Degdegserrr dong ini apakah Kabay akan nurun ke emaknya doyan, atau ke babehnya yang malah mabok?

Ternyata dia suka doooong! Asiiik, jadi ada temen berburu duren kalau dia udah gede, hahaha… Nak, kita tinggalin Yabi aja di rumah kalau musim duren 😜.

Baiqlaaa… Segitu catatan perjalanan milestones-nya Thariq. See you next month, gaes! Bonus foto senyumannya Kabay yang bikin giuuuungggg!

kabay senyum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *