Kabay 22 Bulan

————————————-
KABAY 13 BULANKABAY 14 BULANKABAY 15 BULANKABAY 16 BULANKABAY 17 BULANKABAY 18 BULANKABAY 19 BULANKABAY 20 BULANKABAY 21 BULAN
————————————-

Anaknya udah 25 bulan tapi milestone 22 bulannya baru dipost sekarang 😂

Cusss ah, nggak usah lama prolognya, langsung lanjut ke milestone Kabay di 22 bulan.

*****

👦 HIGHLIGHT BULAN INI: UDAH BISA BILANG ABUN!

Akhirnya, Ya Allah… Setelah “Abu”, “Embu”, akhirnya Kabay udah semakin dekat dengan bilang “Abun!”. Abun ini pun jadi trademark sampai saat ini, hihihi…

Kabay pun semakin cerewet, udah bisa merangkai kalimat lebih panjang. 

“Yabi… mau… keja… aik… oto… bembem!”

Setiap pagi Yabi mau berangkat kerja pasti bilang gini. Atau bahkan hari kerja pun kalau Yabinya siap-siap naik motor otomatis bilang gitu.

Oh iya, Kabay juga udah mengenal anggota tubuh lain, yaitu dagu, pipi dan jidat. Ini diulang-ulang terus sama dia sambil nunjukin dagu Mbun atau Yabi.

*****

👦 UDAH BISA MEMILIH

Bulan ini pun Kabay udah bisa memilih, seperti milih baju, milih mau main di mana, sampai mau nen di mana. Nanti dia akan narik tangan saya mau nen di mana, misalnya mau nen di kamar dia akan narik tangan saya ke kamar. Duh, jadi rindu masa menyusui kaan…

Kalau milih baju dia akan menolak kalau kita ngambil baju yang bukan dia pengen. 

“Yang ini?” *nyodorin baju warna merah*
“Bukaaan…”
“Atau yang ini?” *nyodorin baju Iron Man*
“Iyaa…”

*****

👦 UDAH BISA NAWAR

Udah mulai masuk fase “wonderful” two jadi udah mulai bisa nego niih… Kabay udah bisa nawar tapi cenderung menolak karena belum bisa mengungkapkan keinginannya. Contohnya milih baju itu. Atau ini:

“Bukan nuum…” → bukan minum
“Bukan bobo…” → bukan tidur
“Bukan diii…” → bukan mandi

Stok sabar harus buanyaaaak! Harus bisa juga mengartikan keinginannya dia dengan bahasa bubbling khas Tabby, haaa…

*****

👦 TANTRUM TIME HAS COOOME!

Duuuh, setelah baca beberapa cerita tentang anaknya temen tantrum beberapa bulan lalu tapi Kabay nggak pernah tantrum, sekarang kejadian juga.

Tantrumnya dia tuh bukan minta beliin mainan atau jalan-jalan. Tapi NGGAK MAU MANDI atau NGGAK MAU MAKAN cobaaa! 

Kalau udah tantrum nggak mau mandi tuh nggak mau digendong, tiduran di lantai padahal udah telanjang, nangis sesegukan kayak diapain gitu. Pernah beberapa kali dimandiin sambil nangis saking nggak maunya mandi. Padahal dulu seneng banget tuh dia diajakin mandi.

Kalau udah nggak mau mandi gini, keluar deh seribu jurus rayuan. Mulai dari diajakin gosok gigi, main air, main sabun, main botol, mandi di luar (ada pancuran cuci tangan), berenang pakai ember. Jurus ini muter-muter aja tiap hari karena bisa aja hari ini berhasil diajakin dengan rayuan main botol, eeeh sorenya bahkan nggak mau lagi.

Nggak mau makan juga sama, kalau nolak tuh Kabay akan tiduran di lantai dan mingkeeemmmm… Mungkin ada saatnya sih anak males makan, nggak tau kenapanya juga. Nggak sakit, nggak sariawan, nggak tau deh kenapa. Tapi nanti 3 harian udah baik lagi mau dan lahap makan. Sabarrrr…

*****

👦 KALAU MINUM OTOMATIS DUDUK

Makasih Ambuuu udah ngajarin Kabay duduk kalau mau minum 😀

Alhamdulillah banget adab minum ini udah Kabay inget kalau mau minum. Kalau dia minta minum nanti akan otomatis duduk lalu mau minum. Sering diapresiasi juga sama Mbah dan Nenek “Pinter ih, kalau minum duduk…”

Jadi pengingat Mbun dan yabi juga, malu dong kalau minum sambil berdiri. Kabay aja bisa, hihihi…

*****

👦 SERING TAKBIRAN BARENG YABI

Ini sih gegara Yabinya yang ngajarin. Apa aja dipukul buat takbiran, hahaha… Dari kaleng, tupperware, buku sampai pintu pagar rumah Mbah pun buat takbiran.

“Awooh aba… Awooh aba…” gitu ceunah Allahu Akbar ala Kabay.

Nggak apa-apa sih, jadi seneng sering takbir.

*****

👦 BULAN TERAKHIR PUMPING 🙁

Yeah, akhirnya harus rela juga bulan ini adalah bulan terakhir saya pumping 🙁

Ini adalah salah satu ikhtiar saya untuk membuat hormon estrogen dan prolaktin seimbang karena HAMPIR 2 TAHUN SAYA BELUM DAPET HAID! Tapi saya nggak terlalu berat juga sih stop pumping karena toh hampir setahun ini saya pumping buat tanaman.

Yang bikin saya agak berat stop itu adalah berarti saya kehilangan 1 jam untuk leyeh-leyeh di ruang pumping, HAHAHA. Jadi ketinggalan kabar-kabar yang beredar di kantor deeh… Lumayan kan ngomonginnya anak or keuangan selain kerjaan kantor.

Dan makin ke sini Kabay nennya juga makin kenceng. Udah deh kalau weekend di rumah tuh saya udah pasrah ditodong kapan aja di mana aja.

*****

Oke, segitu highlight milestone Kabay bulan ke-22 ini. Belum ada fotonya, nyusul aja deh kalau udah lowong, soalnya kejar setoran nih bulan ini beres sampai 24 bulan.

Ciao!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *