Mau Jadi Blogger Sukses? Yuk, Intip 8 Tips dan Rahasianya!

tips jadi blogger sukses honeymoonjournal

Mau Jadi Blogger Sukses? Yuk, Intip 8 Tips dan Rahasianya! – Zaman sekarang, siapa sih yang nggak pernah buka internet? Terutama generasi milenial yang dari bangun tidur sampai tidur lagi pasti megang smartphone. Apakah kamu termasuk? Hayoooo, ngaku… Saya juga gitu soalnya, hihihi…

Karena perkembangan teknologi dan internet ini, banyak loh job-job yang zaman orang tua kita dulu belum ada. Sebut saja blogger, online shop, Youtuber, social media specialist, software engineer, graphic designer bahkan influencer. Semuanya menggunakan internet sebagai sumber informasi dan pemasukan. Jadi udah nggak aneh lagi kerja sekarang nggak pergi ke kantor tapi rekening terus terisi.

Job yang dulu dianggap sebelah mata tapi sekarang hits lagi adalah BLOGGER. Sekarang banyak brand produk maupun jasa yang bekerja sama dengan para blogger untuk mempromosikan produknya. Bisa dengan sistem sponsored post atau lomba dengan hadiah menarik.

Kalau banyak blogger yang mengulas kan orang-orang jadi bertanya, “Ada apa dengan produk ini? Kok banyak yang ngomongin?” terus jadi kepo dan bisa aja jadi beli atau pakai jasanya. Rata-rata orang nyari review suatu produk juga lebih percaya ulasan di blog. Terasa lebih personal karena pakai bahasa sehari-hari. Tuuuh, bisa disebut influencer juga jadi blogger tuuuh…

*****

TIPS JADI BLOGGER SUKSES

Kalau ada yang nanya, “Gimana sih jadi blogger?” jawabannya gampaaaang. Tinggal bikin aja akun di wordpress atau blogspot terus ikutin deh tutorial yang beredar di Google or YouTube. Sehari juga bisa bikin postingan pertama dari daftar sampai publish post.

Nah kalau “Gimana sih jadi blogger SUKSES?” ini beda lagi urusannya. Nggak susah kok kalau nggak mau tulisan ini dianggap demotivasi. Tapi di mana-mana yang judulnya SUKSES itu pasti butuh EFFORT. Roma nggak dibangun dalam sehari, kan?

Definisi sukses menurut diriku dan dirimu tentu saja berbeda. Ada yang mengartikan blogger sukses itu bisa jadi pekerjaan utama dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. No problemo. Bisa juga dengan banyak pengunjung organik hasil search Google itu artinya sukses. Atau sering dapet job content placement, boleh juga. Sering menang lomba blog? Ini sih idaman saya, hahaha… Atau cukup dengan bisa curhat tanpa dihakimi lewat blog, ya sah-sah aja. Yang penting sih menurut saya sukses itu dalam pengertian positif dan tidak merugikan orang lain.

Berdasarkan baca ribuan artikel (okay, ini lebay) dan ikut kelas blogging, saya akan merangkum beberapa tips dan rahasia jadi blogger sukses. Saya share ini bukan berarti saya udah jadi seorang blogger sukses. In progress Insya Allah, even if it’s still a long road to go 🙂 Sebagai reminder pribadi dan biar temen-temen juga tahu ini loooh caranya sukses lewat blogging.

Kuy ah, langsung aja ke tips dan rahasia jadi blogger sukses!

tips blogger sukses infografis

*****

1. TENTUKAN TEMA BLOG

tentukan tema blog tips jadi blogger sukses

Bicara tentang sukses, tentunya kita tidak bisa sukses di semua bidang. Manusia itu tempatnya lupa dan salah, kesempurnaan hanyalah milih Allah semata (tsaaah, malah ceramah). Seorang expert adalah seseorang yang ahli dalam SATU bidang. Begitu juga dengan blogging. Kita harus tahu dulu mau dibawa ke mana hubungan blog kita itu. Mau fokus tentang parenting? Mau jadi food and travel blogger? Mau jadi tukang review? Bahas teknologi? Keuangan? Waaah, pokoknya banyak deh jenis niche atau tema blog kalau dijabarin satu-satu.

“Kalau jadi lifestyle blogger itu gimana?”

Lifestyle blog alias blog yang isinya gado-gado (ya macam honeymoonjournal.com ini, hihihi) juga nggak apa-apa sih. Tapi kata salah satu coaches di kelas saya, tetep harus ada satu tema yang diperbanyak artikelnya. Kalau sesekali curhat sih oke laah, hehehe… Apa lagi makmak blogger kan suka pengen gitu curcol buat ngabisin kuota 20.000 kata perhari.

Tema blog ini akan berpengaruh ke personal branding kita. Misalnya, “Oooh, kalau mau nyari info dan pengalaman tentang menyusui, bisa baca di blog honeymoonjourna.com loh!” atau “Kamu lagi mau mulai journaling? Baca aja blognya mbak E. Lengkap!” 

Cari yang temanya ‘Gue banget!’ biar kita enjoy dalam setiap proses menulisnya. Nggak mungkin kan makmak kayak saya ini tiba-tiba nulis tentang review game? Wong game yang dulu sering saya mainin aja cuma Hago, hahaha… So, know yourself and find your blog niche!

*****

2. BUAT BLOG DENGAN TOP LEVEL DOMAIN (TLD)

2 buat blog dengan tld tips jadi blogger sukses

Semenjak bikin blog dengan TLD, saya menemukan lebih banyak blogger sukses yang memiliki domain sendiri. Apa saya mainnya kurang jauh, yah? Hmmm… Menurut saya pribadi sih TLD ini sangat penting. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam dunia blogging. Biar lebih kredibel juga. Apa lagi dengan TLD ini banyak fitur premium yang tidak bisa dapatkan kalau memakai blog gratisan. Ya maklum lah gratisan, terima aja yang dikasih, hihihi… TLD ini mungkin sebuah tips wajib jadi blogger sukses, ya.

Buat yang pakai wordpress atau blogspot gratis, jangan berkecil hati, kawan! Kalau mau ngulik, bisa sih tampilannya ketjeh juga. Tapi kalau ada rezeki, coba aja beli domain sendiri. Sekarang udah banyak paket-paket murah di penyedia hosting. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan budjet lalu rasakan bedanya. Thank me later

*****

3. BELAJAR SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

belajar seo tips jadi blogger sukses

SEO atau Search Engine Optimization ini penting banget loh buat yang pengen organic traffic-nya banjir kunjungan! Kalau udah ngomongin SEO, nggak bakalan cukup dibahas dalam satu artikel. SEO ini banyak tips and trick-nya. Tapi nggak usah khawatir, banyak banget blogger-blogger di luar sana yang sharing tentang SEO ini. Dari yang tingkatan newbie sampai mastah juga ada. Kuncinya raijn riset aja. Mau kelas gratis ada, kelas berbayar juga banyak.

(Baca juga: Belajar SEO On Page, Mantra Ajaib Page One Google)

kelas belajar jago seo on page

Oh iya, ngomong-ngomong tentang kelas SEO, saya punya info tentang kelas SEO ketjeh nih! Mentornya nggak usah ditanya lagi, SEO specialist semua, men! Coaches saya di kelas naik DA 30 hari yang sudah terbukti. Buktinya DA saya naik 7 poin kurang dari 2 minggu. Plus materinya yang daging buanget! Mau ikut? Klik lebih lanjut banner di atas 😀

*****

4. MAU BELAJAR TENTANG BLOGGING

belajar blogging tips jadi blogger sukses

Selain belajar tentang SEO, ada beberapa hal juga yang harus dipelajari kalau mau jadi blogger profesional. Ada teknik copywriting, bikin infografis yang ciamik, belajar coding, sampai bikin video yang asyik. Influencer paket lengkap jadi blogger itu. 

Gimana? Pusing? Eits, jangan pusing dulu, gaes! Semua ini pasti ada tipsnya kok. Mau bikin infografis ketjeh, sekarang ada canva. Pengen blognya bisa ina-inu? Ada plugin WordPress. Di Google semua ada. Of course dong mau belajar ini adalah salah satu tips wajib jadi blogger keren, ketjeh dan profesional.

Media belajar tentang blogging ini pun bisa dari mana aja. Saya sering banget nyari tutorial blogging atau design graphic di YouTube. Ikut kelas online pun bisa. Saya ikut kelas Naik DA 30 Hari pun salah satu cara belajar blogging. Belajar bareng-bareng itu ternyata lebih seru dibanding baca tutorial sendirian. Saling belajar, saling ngasih masukan. Bingung bareng-bareng ngertinya pun bareng-bareng, hihihi… Minggu kemarin materinya adalah Ingin Menarik Perhatian Pembaca melalui judul artikel? Terapkan 7 Prinsip ini! oleh Ilham Sadli. Clickbait banget kan judulnyaaa… Tujuannya emang belajar bikin judul yang clickable tapi tetap memertahankan kaidah SEO. Zuperrrr!

Dari 18 peserta Kelas Naik DA 30 Hari yang kebetulan berisi ciwi-ciwi tangguh, saya mau kenalin nih 2 orang teman sekelas saya.

*****

Mbak Andayani Rhani, Sang Gadis Tunggal Multitalenta

blog andayanirhani

Pemiliki blog andayanirhani.com ini adalah salah satu siswi yang belum jadi campuran ganda, hihihi… Kebanyakan murid di kelas DA gelombang 2 ini udah pada punya buntut semua. Salut saya sama Mba Rhani. Seumuran dia saya masih sibuk ngurusin cinta-cintaan sama tugas-tugas kuliah di sela kerjaan. Mbak Rhani mah udah serius ngeblog. Mantap, euy! 

Ini adalah hasil wawancara (online) saya dengan Mbak Rhani:

“Tujuan Mbak ngeblog itu apa sih?”

“Tujuan awal ngeblog itu karena butuh tempat yang lebih leluasa buat ngembangin bakat mba. Dulu pertama saya aktif di wattpad nulis puisi dan cerpen cuma kan nggak semua orang bisa baca. Kemudian nyoba-nyoba ngeblog. Saya suka cerita orangnya, cuma karena anak tunggal dan biasa sendirian di rumah jadi sering ngerasa kesepian. Jadilah saya sharing lewat blog tentang kisah-kisah saya.

Dulu mayoritas cerita di blog saya tentang cinta dan konten Islami gitu. Cuma dulu sering diejekin temen-temen kalau promosi link jadilah saya hapus semua kontennya. Saya sisain satu, asal usul tentang daerah saya (tahun 2016) karena saya juga suka sejarah dan itu satu-satunya tulisan karya sejarah pertama saya.

Saya sempat berhenti ngeblog karena sering dikatain bucin sama teman-teman alias nggak ada yang ngedukung. Orang tua juga sibuk kerja semua. Tapi pas hari terakhir UN SMA itu nggak tau dapet wangsit dari mana saya berusaha untuk bangun kembali blog saya. Saya kembali nulis dan beli domain TLD (9 April 2019). Sejak itu berusaha buat fokus dan serius ngeblog.


Semakin dewasa saya, saya juga mikir kalau uang memang bukan segalanya, tapi segalanya tetep butuh uang. Apalagi kuliah saya tentang keuangan. Jadi akhir tahun 2019 kemarin Alhamdulillah blog saya udah kedaftar adsense dan udah dapat project meski masih recehan tapi lumayan bisa buat beli kuota dan perpanjang domain pertahun. Basically keluarga saya bukan keluarga yang lebih, ya cukup kalau bisa dibilang. Jadi mumpung masih” remaja saya pengen blog saya jadi investasi buat masa depan.

“Gimana bagi waktu antara blogging dengan kegiatan lainnya?”

“Perkara bagi waktu ini gampang-gampang susah sih, mbak. Kalau dulu sebelum covid emang harus pinter-pinter cari waktu. Karena selain kuliah, proker organisasi, saya juga nyambi jadi guru les privat, jadi harus datang ke rumah satu dan ke rumah lain.

Setiap weekend juga biasanya saya nggak ngerasa weekend karena pasti ada proker dari organisasi. Saya ikut organisasi KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal) sama Pers Mahasiswa. Jadi saya baru benar-benar free itu waktu malam, jam 9 ke atas. Kalau misal besok nggak ada tugas/ujian saya biasanya ngeblog tapi juga ga sering karena seringnya ketiduran karena kecapekan.

Tapi waktu corona ini saya lebih seneng karena punya freetime dan waktu yang lebih fleksibel. Malah sehaari saya bisa bikin 2 draft artikel.”

“Harapan blogging untuk ke depannya kayak apa?”

“Harapan saya semoga saya bisa jadi blogger yang kompeten dan punya tulisan yang berkualitas. Saya nggak suka dibilang ambisius tapi kalau udah terjun di suatu bidang saya nggak suka kalau cuma main-main dalam kata lain saya ingin hasilnya maksimal. Ibarat udah nyebur ke kolam dan terlanjur basah ya harus belajar/ berenang sekalian.”

“Kesan & pesan ikut kelas DA kayak gimana”

“Kesan saya seneng banget, mbak. Pertama, karena saya bisa dapat banyak ilmu di sana. Jujur saya setahun ngeblog dri 2019 itu cuma asal nulis aja. Pengen curhat tentang apa ya tinggal tulis. Ga peduli ada yg baca/ada yg suka. But semakin ke sini kayaknya juga sia-sia kalau saya nulis tapi nggak ada yang dapat menemukan tulisan saya.”

Waaah, keren banget, ya! Walaupun badai sempat menghadang tapi Mbak Rhani bisa bangkit kembali. Tetep semangat menulis ya, Mbak… 

*****

Mbak Hanifah Nila, Seorang Ibu Pecinta Buku

blog hanifahlani

Teman sekelas saya yang satu ini statusnya samaan nih sama saya, seorang makmak. Bedanya, kalau saya baru punya satu putra, Mbak Hanifah udah punya dua putri. Mbak Hanifah suka banget nulis resensi buku yang habis dibaca, boleh banget looh nengok buku apa aja sih yang udah Hanifah review di hanifahnila.com.

Ini adalah hasil wawancara (online) saya dengan Mbak Rhani:

“Tujuan Mba ngeblog itu apa sih?”

“Saya tau blog sebenarnya sejak lama mbak waktu kuliah tahun 2010, platform multiply. Awalnya cuma untuk resensi buku yang pernah saya baca. Karena dulu saya ikut kelas resensi buku dengan satu komunitas gitu deh. Jadi istilahnya punya blog untuk latihan nulis resensi buku.

Lalu ternyata di multiply sistemnya seperti media sosial blogging. Setiap postingan kita muncul di halaman depan multiply. Jadi interaksi sesama blogger di sana akhirnya banyak kawan. Eh kok tahun 2012 multiply bangkrut. Saya berhenti ngeblog deh. Malas kalau tulisan udah banyak terus ilang lagi hehehe.

Ternyata tahun 2019 teman saya kasih tau kalau blog makin asik sekarang. Bisa buat content placement juga alias tambahan penghasilan. Emak-emak kan denger penghasilan tambahan seneng 😄 jadi buat akun deh di blogger.”

“Gimana bagi waktu antara blogging dengan kegiatan lainnya?”

“Biasanya pagi sampai Siang jadwalnya beberes kerjaan domestik. Malam baru bisa blogging.”

“Harapan blogging untuk ke depannya kayak apa?”

“Lebih diperbaiki kualitas tulisannya dan lebih menghasilkan.”

“Kesan & pesan ikut kelas DA kayak gimana?”

“Alhamdulillah banyaaak ternyata ilmu yang Belum saya pelajari ttg blog. Langsung rajin berbenah blog sekarang dan banyak teman baru.”

Waktu saya kepo blognya, ternyata saya dan Mbak Hanifah satu komunitas juga loh di Ibu Profesional. Tapi Mbak Hanifah udah masuk kelas Bunda Cekatan. Saya mah baru mau mulai Bunda Sayang. Keren pisaaaan, ibu dengan dua orang anak masih aktif blogging dan berkomunitas!

*****

5. IKUT KOMUNITAS BLOGGER

ikut komunitas blogger tips jadi blogger sukses

Masa awal-awal honeymoonjournal.com ini lahir, saya bingung bagaimana cara menggaet pembaca agar mau baca blog saya. Jujur, kalau saya share link di facebook, masih sedikit traffic-nya. Setelah saya kepo ke banyak blog, ternyata pada pasang banner komunitas di sidebar-nya. Daftarlah saya ke beberapa komunitas yang dimaksud. Dan ternyata lumayan juga page view kalau saya share link di grup khusus blogger. Satu hobi kan soalnya. Misalnya Blogger Perempuan dan Emak-Emak Blogger. 

Selain bisa share link, ikut komunitas juga banyak manfaatnya, loh! Banyak tips-tips yang dibagikan oleh sesama anggota blogger, jadi makin banyak belajar. Terus bisa ikut list blogwalking, ada info lomba blog sampai info job blogger. Bukan lumayan lagi dong kalau dapet job. Mata makmak langsung ijo nih denger kata job, job = cuan, hihihi… 

Carilah komunitas yang positif dan bisa memberikan kita pengetahuan baru. Jangan lupa perhatikan aturan setiap komunitas ya, gaes…

*****

6. DON’T BE THE BEST, BUT BE DIFFERENT!

be the different tips jadi blogger sukses

Kalau ingin menjadi yang terbaik, harus menjadi dokter dulu kalau mau menulis tentang kesehatan. Harus menjadi ahli keuangan dulu kalau mau menulis tentang finansial. Kalau kayak gini, kita nggak bakal nulis-nulis dong.

Tak perlu menjadi yang terbaik dalam satu hal, tapi sajikan lah tulisan itu dalam format yang berbeda. Bisa dari tampilan blog yang unik, gaya bahasa yang personal, infografis yang memiliki ciri khas, atau dari sudut pandang yang lain. Misalnya lagi sudah ada yang membahas tentang tips menyusui dari sisi ibu. Coba tulis dari sudut pandang ayah. Atau misalnya kalau bahasannya tentang keuangan kan pakai bahasa formal. Coba tulis pakai bahasa sehari-hari yang orang awam pun bisa mengerti. Yang berbeda inilah yang berkesan untuk para pembaca.

It’s not easy but it’s really worthed to do.

*****

7. KONSISTEN MENULIS ARTIKEL BERKUALITAS

konsisten menulis artikel berkualitas tips jadi blogger sukses

Ini nih PR dari semua kegiatan, apapun yang bertujuan ingin sukses. Mau sukses jadi pengusaha? Harus konsisten mempelajari produk dan marketing. Mau sukses jadi vlogger? Harus konsisten bikin video yang menarik. Mau sukses jadi blogger? Ya harus konsisten menulis dooong…

Sekarang kan lagi booming tuh One Day One Post. Kalau bisa ngikutin, coba aja ikut challenge ODOP ini. Kalau saya sih jujur nggak bisa, hahaha… Seriously, saya angkat topi ke salah satu temen blogger saya yang masih konsisten ODOP padahal dia adalah seorang ibu rumah tangga, punya 2 anak dan non-ART.

Kalau (sama seperti saya) nggak bisa ikut ODOP juga nggak apa-apa. Yang penting terus konsisten menulis. Misalnya minimal seminggu sekali. Karena blogger pekerjaannya adalah menulis kan. Tapi tulisannya harus tetap berkualitas. Bukan asal copas dari blog sebelah atau seringnya curhatan tanpa solusi. Content is the king. Apalah arti SEO kalau konten nggak berkualitas. Kan pengen jadi blogger sukses. Jadi yuk, tingkatkan kualitas tulisan kita!

*****

8. PROMOSI, PROMOSI, PROMOSI

promosi tips jadi blogger sukses

Saya pernah baca di komen salah satu blog “Content is the king but the distribution is the queen”. Distribusi di sini adalah promosi tulisan kita bisa lewat media sosial macam Facebook, Twitter, Instagram. Bisa jadi orang bukan menemukan blog kita dari hasil pencarian Google tapi karena kita sering share link di media sosial. Personal branding sebagai seorang blogger kita pun dapet. Apa lagi kalau followers IG-nya udah 10.000. Bisa swipe up-swipe up tuh di IG Story.

Sering blogwalking juga bisa jadi ajang promosi blog kita ke sesama blogger. Tujuannya selain nitip URL blog, sebagai ajang silaturahmi juga. Bisa jadi karena komentar kita, si empunya blog kepikiran untuk kolaborasi. Rezeki jalannya bisa dari mana, yekaaan…

Selain promosi blog, yang terpenting adalah promosi identitas kita sebagai seseorang di balik blog. Yang menulis kan kita, konten tulisan mencerminkan pribadi kita. So, kita sendirilah yang harus bisa menjadi pribadi yang baik sebagai blogger.

Sekian 8 tips dan rahasia jadi blogger sukses ala saya. Semoga bermanfaat ya, gaes… Yuk share tips jadi blogger ala kalian di kolom komentar 😀

50 thoughts on “Mau Jadi Blogger Sukses? Yuk, Intip 8 Tips dan Rahasianya!”

  1. nagus banget ini tipsnya, selama ini kirain menjadi blogger itu cukup dengan menulis saja ternyata banyak tips yang harus dilakukan jika ingin menjadi blogger sukses.

  2. Walah, mau bgt dong sukses huhu
    8 tips nya harus saya jalankan nih
    Apalagi ga susah sebenarnya yg susah menjalankannya dengan konsisten hehe

    1. PR banget emang menjaga konsistensi itu, tapi emang harus kalau mau sukses di bidang apapun. Semangaaat!

  3. Keren, nih, Mbak Hani. Ikut kelas naikin DA alhamdulillah banget ya. Banyak dapat plus-plusnya. Nambah temen, belajar blogging, yang bikin happy DA naik banget.

      1. Hihihi, tak apeu, mbak Lia 😛
        Iya, Alhamdulillah banget bisa keangkut kelas ini walaupun tugasnya bikin begadang mulu, hahaha

  4. Mantapkan juga tulisannya biar bagus ya, karena pengaruh DA juga dari konten yang disukai pembaca dan disenangi sama mbah

    1. Nggak ada salahnya ngejar jadi yang terbaik, tapi orang akan lebih inget kita karena being different. But in the positive way, of course 🙂

    1. Dulu sebelum blog saya TLD, saya nggak mikirin. Eeeeh, setelah blog TLD saya juga jadi gemes sama yang belum, hihihi… Apa lagi kalau buat ikut lomba, sayang gitu kalau tulisannya bagus tapi belum TLD tuh…

  5. Kalo lihat anak2 jaman now suka bilang gini, “kalo gede mau jadi apa?” Mau jadi blogger. Hehe seru sih, tapi mereka kudu baca blogpost ini dulu deh .. persiapan nya jelas dan harus disiplin! Salut mbak! Akupun harus mengikuti jejakmu!

    1. Jadi pengen bilang ke mereka, “Jadi blogger profesional tidak semudah itu, ferguso!” hihihi 😛

  6. Jadi ini rupanya rahasia untuk jadi blogger sukses. Siap laksanakan! Ya, ilmu udah ada, tinggal dilaksanakan, itu kuncinya. Tanpa pelaksanaan, ilmu gak akan jadi manfaat. Semoga kita blogger sukses semua ya mbak.

    1. Tinggal eksekusinya ya, mba 🙂
      Aaamiin, semoga jadi blogger bisa membawa rezeki yang berkah untuk kita 😀

  7. Aq nih mbak bingung menentukan niche blog, selama jni apa yang ada dikepala itu yg langsung ditulis.
    Sepertinya lebih baik punya banyak blog dengan niche nya sendiri2 ya

    1. Kalau punya banyak blog dengan berbagai niche mah saya nggak sanggup, hehehe 😛
      Prefer sih menurut saya lebih baik fokus di bidang yang Mba suka dan kuasai, biar lebih mantep kontennya 😀

  8. Salam kenal. Saya suka menentukan goal dulu sebelum bikin blog. Kebetulan goal saya ngeblog buat nyari duit. Dari goal itu saya bisa tahu selanjutnya harus ngapain aja buat mencapai goal.

    Kalo milih niche saya fans berat ngeblog dengan 1 niche. Saya pilih niche yang pada temanya saya punya skill, passion, dan potensi trafik dan duitnya bagus.

    SEO bagi saya wajib. On page, keyword, backlink, dll. Untuk blog Indonesia saya lihat kebetulan banyak blogger yang masih belum rajin bangun backlink. Jujur saya seneng sih, dengan begitu keyword yang saya incar jadi agak lebih gampang dikejar.

    Lalu planning. Saya suka merencanakan step by step ngeblog hingga 1-2 tahun ke depan. Termasuk nyiapin ide konten buat sepanjang tahun, biar di tengah jalan gak bingung mau nulis apa.

    Intinya bagi saya kalo mau sukses ngeblog ya tentukan goal, lalu buat strategi dan perencanaan yang realistis untuk mencapai goal itu.

    1. Salam kenal juga, Mas 😀
      Waaah, lengkap banget mas ngejelasin planning ngeblognya! Kalau blogger mau dijadiin pekerjaan serius, emang harus diseriusin juga rencananya. Jadi terarah dan bisa dievaluasi…
      Thank you mas, sharingnya 🙂

    1. Untuk kelas SEOnya, Mba? Awal Agustus udah mulai, Mba… Bisa klik banner kelasnya, nanti langsung terhubung ke WA untuk tanya-tanya 🙂
      Oh iya, bisa juga mampir ke fbnya Mas Irwin Andriyanto buat info kelas DA gelombang 3 yang ganti nama jadi Kelas Growth Blog, free 😀

  9. Makasih tips-tipsnya mbk, keren deh. Yang paling susah bagi saya dari dulu itu ya seo. Nggak tahu kenapa kalau belajar seo pasti mogok di tengah jalan. Nggak paham lah, males lah, ngantuk. Laper lah…
    Lah..nggak jadi-jadi
    Tapi kalau baca artikel kayak gini pasti pengen belajar seo lagi, jadi semangat ngeblog juga.

  10. kalau aku lebih ke konsisten aja sih
    kalau ada ide lebih cepat dieksekusi lebih baik
    ikut komunitas juga baik banget dan bisa dapat ilmu banyak sekaligus sharing
    kalau SEO, asal tulisan kita detail dan banyak dicari maka akan banyak yg baca
    soalnya aku cukup abai masalah SEO karena kalau nulis engga pakai hati, jadinya malah males nulis wkwk
    tapi ini opini aja sih, boleh banget beda, tergantung juga tujuan ngeblognya apa hehe

    1. Kalau nulis SEO emang kadang ada orientasi nulis buat robot sih, soalnya tujuannya page one Google yang crawling kan bot
      Iyesss, kembali ke tujuan blogging itu sendiri ya, Mas… Feel free aja asal tetep positif 🙂

  11. Bener nih, salah satu alasanku ngeblog biar bisa bebas curhat tanpa di judge hehehehh, yg plg bingung ttp masalah seo, kayanya harus ikut training khusus nih, thx for sharing mba

  12. Hai Iis, artikel ini adalah salah satu artikel tips blogging yang paling menyenangkan yang pernah saya baca! Thank you so mucho for sharing this! Saya masih belum ahli bikin judul catchy, dan entah kenapa gak paham paham soal SEO wkwk. Tapi kudu belajar, for the sake of making a better blog yah.

    Btw salam kenal Iis, saya Justin (perempuan) hihi.

    1. Hai, Mbak Justin… Salam kenal juga 😀
      Alhamdulillah kalau bermanfaat >w< Saya pun masih harus banyak belajar nih, baru ngej SEO akhir-akhir ini, hihihi... Blogging itu sesuatu yang dinamis ya... Yuk, terus semangat belajarnya, supaya bisa terus berkontribusi hal positif di dunia digital ini :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *