Belajar SEO On Page, Mantra Ajaib Page One Google

belajar seo on page

Belajar SEO On Page, Mantra Ajaib Page One Google – Hayooo, siapa di sini yang belum kenalan dengan SEO alias Search Engine Optimization? Kalau sudah, waaah kalian hebat sudah tahu tentang SEO ini. Kalau belum, jangan berkecil hati… Saya juga dulu awal-awal ngeblog buta banget tentang ini.

“SEO itu apaan, sih? Temennya CEO yang direktur perusahaan itu?”

Tuinggg -____-”

Dulu waktu pertama kali kenal blog di tahun 2008 (udah tuir amat yak, saya?), saya cuma tahu blog itu semacam diari digital. Tulis sesuka hati, masukin gambar dengan ukuran segede-gede alaihimgambreng, klik publish, kelar urusan. Terus saya perhatiin analytic di dashboard, kok view-nya dikit amat, yaa? Padahal saya dulu suka nulis topik yang lagi hits. Niatnya biar bisa ikutan mejeng di page one Google.

Ooooh, ternyata tidak semudah itu, Ferguso! Google nggak sembarangan menampilkan tulisan dari blog di hasil pencariannya. Ternyata ada trik khusus supaya Google jatuh cinta dengan tulisan kita sampai akhirnya bisa muncul di halaman pertama. Masuk pekiwan kalau istilah Kaskuser zaman dulu. Duh, ketauan lagi kan jebakan umurnya, hehehe…

Kalau mau buat gebetan suka, kita harus tahu dulu dong trik pedekatenya. Nah, pedekate dengan Google ini lah yang disebut dengan SEO, kepanjangan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana, SEO adalah cara kita untuk mengoptimalisasi tulisan agar muncul di hasil pencarian si mesin pencari.

Kalau kalian baru ngeh ini sekarang, tenang ajaaa, saya juga baru kenal banget tentang si SEO ini waktu mau serius ngeblog di Honeymoon Journal ini. Beli domain TLD bikin saya belajar banyak hal, terutama SEO. Kan niatnya agar tulisan saya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan buibu di luar sana.

*****

BELAJAR SEO ON PAGE DI KELAS NAIKIN DA

Bulan kemarin itu saat saya main ke grup FB Blogger, banyak yang sharing tentang kelas Naikin DA (Domain Authority). Sebagai yang punya DA blog amat sangat minimalis (<– contoh kalimat tidak efektif, tapi ini saking kecilnya), saya langsung terpanggil untuk mengklik satu persatu link tulisan-tulisan itu. Dan semuanya itu pada ikutan kelas Naikin DA Selama 30 Hari GRATIS. Wah, harus banget ini di-highlight tulisan ‘gratis’-nya. Maklumlah yaaa, udah naluri makmak irit, hihihi…

Berbekal komen ke salah satu blog, berlanjut ke WA chat, akhirnya saya daftar juga kelas Naikin DA ini. Sambil degdegser dooong, karena katanya yang daftar itu puluhan sampai ratusan tapi yang terpilih hanya 30 orang. Menjelang akhir bulan, saya menunggu apakah saya dimasukkan ke dalam grup WA kelas itu. Akhirnya, Mas Irwin, salah satu coach, mengirim pesan japri kalau saya terpilih! Whoohoooo! Udah serasa menang lomba blog aja 😀

Singkat cerita, di kelas ini bukan hanya fokus untuk menaikan DA blog kita tapi juga ilmu blogging lainnya. Ada MasIrwin, Mas Pewe dan Mas Baim yang udah baik bangetttt berbagi ilmu blogging-nya kepada makmak blogger nyubi ini. Materinya daging banget deh! Mulai dari cara baca Google Analytic, analisis Google Search Console sampai belajar SEO On Page. Juga ada Mbak Ria Kurniasih yang udah ngajarin caranya bikin infografis. Biar tulisannya tambah maniiiis~

Pada dasarnya, saya udah tahu hal-hal di atas tapi baru kulitnya saja. Waktu dibahas lagi di kelas, saya langsung tercengang, “Ooooh, cara bacanya tuh gitu… Istilah ini tuh artinya ini…” di sela-sela waktu pumping. Semua ini mereka ajari bener-bener free! Padahal kalau ikut kursus SEO yang berbayar itu bisa sampai jutaan, loh!

*****

BELAJAR SEO ON PAGE BERSAMA COACH BAIM

Mas Baim alias Bahrul Ilmi adalah coach yang bertugas memberikan materi di Kelas Naikin DA 30 Hari ini. Kalau makmak yang lain pada manggil coach kepada para mentor, saya sendiri kadang suka manggil ‘Mas’.

“Siapa sih Mas Baim ini?”

Dia adalah seorang blogger dan content writer dari Pontianak. Mas Baim juga seorang SEO specialist yang biasa meng-handle web content salah satu digital agency di Jakarta. Mas Baim bisa menjelaskan materi SEO dengan bahasa yang sederhana. Apa lagi murid-murid di kelas ini makmak semua. Udah lah mumet sama kesibukan ngurus rumah, jangan ditambahin lagi puyeng baca materi SEO, hihihi… Untungnya Mas Baim sabarrrr banget ngejelasinnya. Pada tahu lah yaa kalau makmak udah nanya tuh kayak gimana. Sekalian ngabisin kuota ngomong 20.000 kata sehari. Terbaik emang deh para coaches ini!

Nah, dari penjelasan Mas Baim, SEO itu super duper penting dalam dunia blogging. Apa lagi niatnya ngincer page one Google. Saingannya banyak, buuu! Tapi susah itu bukan berarti kita nggak bisa, kan? Saya jelasin sekilas ya, apa aja sih yang harus diperhatikan kalau mau belajar SEO terutama SEO On Page?

*****

OPTIMASI SEO ON PAGE

SEO itu dibagi dua, ada SEO On Page, yaitu serangkaian kegiatan optimasi SEO yang berasal dari dalam blog kita, seperti optimasi kata kunci, optimasi gambar, dan lain-lain. Lalu SEO Off Page, yaitu optimasinya dilakukan dari luar blog, seperti share di media sosial.

Menurut Mas Baik, ada 11 cara untuk mengoptimasi SEO On Page. Yuk, lanjut baca!

belajar SEO on page infografis

*****

1. Judul artikel mengandung kata kunci (keyword)

Contohnya kata kunci yang mau dipakai adalah ‘Belajar SEO On Page’. Nah, judulnya pun harus mengandung kata kunci ini. Contohnya seperti artikel ini: Belajar SEO On Page, Mantra Ajaib Page One Google. Tapi tetap buat judul semenarik dan senatural mungkin.

2. Menyisipkan kata kunci di permalink

Contoh honeymoonjournal.com/belajar-seo-on-page. Permalink bisa cukup kata kuncinya saja atau mau seperti judul juga nggak apa-apa. Tapi lebih baik paling banyak 75 karakter saja. Takutnya dipotong oleh Google. Dengan permalink atau URL yang mengandung kata kunci, Google jadi lebih mudah untuk menemukan artikel kita.

3. Memasukkan kata kunci di meta deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang artikel kita. Nah, kata kunci masukan juga ke bagian ini jadi Google bisa menemukan artikel kita. Buat semenarik mungkin agar reader mau mengklik link artikel juga tapi usahakan 150 karakter saja, ya… 

4. Letakan kata kunci di paragraf pertama

Lihat kalimat di awal artikel saya ini? Nah, itu adalah trik agar kata kunci bisa masuk ke paragraf pertama. Tapi kalau sudah mahir, bisa juga kok dengan smooth menyisipkan kata kunci dengan natural. Karena saya belum jago, jadi triknya seperti itu, hihihi…

5. Optimasi tag heading

Ternyata heading itu penting loh dalam SEO! Saya baru tahu. Saya pun baru ngeh fungsi heading sepenting itu selain untuk memisahkan antar bagian tulisan. Heading di artikel saya ini kebanyakan menyisipkan kata kunci ‘Belajar SEO On Page’ kan. Nah, agak tricky sebenernya untuk urusan heading. Jadi tetap buat senatural mungkin agar reader tetap nyaman membaca tulisan kita. Selain kata kunci utama, bisa juga menggunakan kata kunci turunan atau LSI.

6. Optimasi gambar

Saya juga baru mengerti fungsi alt title kalau mau memasukkan gambar ke tulisan. Ternyata itu penting untuk SEO. Dulu waktu ngeblog masih pake wordpress gratisan, alt image selalu saya kosongin. Kalau sekarang sih saya selalu isi karena sudah paham. Kalau gambar kita optimasi dengan kata kunci, nanti bisa muncul di pencarian berdasarkan gambar Google.

Oh iya, jangan lupa mengubah nama (rename) file gambar yang mau dimasukkan ya. Ganti nama WhatsApp-bolobolo atau IMG_1112233 itu dengan kata kunci yang mau kita pakai. Misalnya rename jadi ‘Belajar SEO On Page’.

7. Penggunaan outbound link

Agar artikel lebih kredibel, boleh looh memberikan link dari tulisan kita ke sumber. Tapi ingat, sumbernya harus tetap relevan dan terpercaya. Jangan kita lagi ngebahas tentang SEO eeeh malah naro link ke toko baju bayi.

8. Gunakan internal link

Internal link ini adalah link ke tulisan kita yang lain di blog ini. Tujuannya agar pembaca bisa mengklik artikel kita yang sesuai dengan yang dibaca. Misalnya nih:

Baca juga: Alasan Saya Ngeblog, Dari Urusan Dunia Hingga Akhirat

Tujuan lainnya bisa menurunkan bounce rate.

9. Manfaatkan Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI) atau persamaan kata kunci

Nggak usah pusing duluan baca singkatan LSI, hihihi… Bahasa gampangnya itu adalah sinonim kata kunci atau kata kunci turunan. Kalau saat kita mencari di Google, suka ada kan tuh search related to (kata kunci) di bawah hasil pencarian. Misalnya kata kunci ‘Belajar SEO On Page’ punya LSI ‘Belajar SEO Youtube’, ‘Belajar SEO wordpress’, ‘Belajar SEO blogger’. Nah, bisa disisipin kata kunci ini di tulisan kita supaya Google bisa memunculkan artikel kita kalau ada yang mencari kata kunci tersebut.

10. Share ke media sosial

Share artikel ke media sosial lebih ke social signal dan branding sebenarnya. Kalau branding kita sebagai blogger di media sosial udah oke, nggak menutupi akan banyak visitor yang rajin mampir lagi ke blog kita. Bahkan bisa aja mereka langsung cari kata kunci berdasarkan nama blog kita. Coba deh ketik ‘honeymoon journal drama menyusui’ di Google. Pasti langsung blog ini yang muncul #shamelesspromotion

11. Submit ke Google Search Console (GSC)

Waah, ini nih yang paling penting dari ke sepuluh poin di atas. Untuk apa kita udah maksimal optimasi segala macem tapi Google nggak tahu kalau kita punya artikel. Nah, daftarkan artikel kita ke Google Search Console

“Nih, Google, saya punya artikel baru. Diindeks, yaa!” Gitu deh, kira-kira.

Kalau Google udah mengindeks artikel kita, kemungkinan tulisan kita muncul di page one Google akan semakin besar. So, jangan lupa submit ke GSC setelah publish tulisan ya, buuu…

*****

Itu deh sekilas tentang optimasi SEO On Page. Gimana? Seru kaan? Eits, ini masih kulitnya doang loooh… Mau materi yang lebih ngedaging lagi? Mau konsul sampai puas? Mau tanya-tanya sampai bingung apa lagi yang mau ditanyain? Yang paling penting, mau langsung masuk kelas tanpa harus degdegan “keangkut nggak yaa?”?

Kamu bisa ikut nih Kelas Jago SEO On Page Dalam 2 Minggu bersama para coaches terbaik! Klik banner di bawah ini lalu ikut kelasnya. Saya yang ikut kelas gratisnya aja segini senengnya, apa lagi ikut kelas ini. 

belajar seo on page

Happy blogging, gaes! Demi blogger Indonesia yang lebih berkualitas 😀

39 thoughts on “Belajar SEO On Page, Mantra Ajaib Page One Google”

  1. Yuni Bint Saniro

    Seneng itu pas tulisan kita mejeng di pejwan. Tapi dulu boro-boro bisa. Keindeks google juga kadang lama malah bisa nggak keindeks sama sekali.

    Ternyata ada trik and tipsnya tho. Kudu ikut kelasnya nih. Biar jadi blogger gaul.

  2. Alhamdulillah beruntung sekali dipertemukan sama orang-orang luar biasa di bidang blogging ya mbak.

    Saya udah hampir dua tahun ngeblog tapi haru belajar SEO

    1. Iya Mba, Alhamdulillah dipertemukan oleh orang-orang hebat yang baik hati

      Semangat yuk, terus belajar

  3. Yg optimasi tag heading triknya apa aja tuh Mbak,, sy kl buat yg natural biar pembaca nyaman bacanya kok bener² natural ya hehe… Semangat belajar SEO nya mbak…

    1. Sepemahaman saya klo optimasi heading itu menjadikan kata kunci sebagai heading
      Heading itu ibarat judul dan subjudul kalau di buku, jadi Google bisa secara cepat mengindeks tulisan kita kalau ada kata kunci di heading 🙂

      Tapi jangan over optimized juga, nanti kena tegur dari Yoast, hihihi… Tetep utamakan relevansi heading dengan tulisan…

  4. Suka banget dengan kelas ini, banyak bangetbinput yang didapatkan. Kalau ada rezeki pengen ikut kelas seo yang premiumnya pasti lebih mantap lagi

  5. Susana Devi Anggasari

    Beruntung yak bisa masuk kelas ini. Moga-moga ilmu yang diberikan ke kita mengucurkan keberkahan untuk para Coach

    1. Dasar makmak penuh perhitungan ya, klo bisa gratisan kenapa ga? 😛 Walaupun tugasnya banyak bener

  6. Wah sama mbak, dulu sebelum kenal seo asal tulis dan pasang gambar lalu publish,gitu aja. Dengan belajar seo on page ini akhirnya saya jadi tahu, ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya website kita berada dihalaman depan. Oya mbak, bersyukur sekali kita bisa ikut kelas naikkin DA ini ya mbak. Materinya bagus banget buat blogger newbie kayak kita-kita ini…

    1. Struktur tulisan berantakan, heading lompat-lompat, pokoknya blog udah kayak rumah yang bocor di mana-mana
      Alhamdulillah jadi nambah banget ilmu ngeblognya dari kelas ini

    1. Keren bangeeeet, terutama para coaches yang udah baik hati banget ngasih ilmu (dan tugas) gratis :p

    1. Blog makin bermanfaat karena bisa menjangkau lebih banyak orang kalau bisa masuk page one Google 😀

  7. Beberapa caranya aku udh lakuin sbnrnya mba, cuma kdg2 ga konsisten :D.

    Tp aku blm ngelakuin yg google search console . Sepertinya mulai skr kalo aku update blog, bakal aku masukin kesana juga deh :).

    Slama ini blog memang hanya utk penyaluran ku dalam menulis. Makanya sempet lama menulis ga terlalu merhatiin SEO :). Tp skr toh aku udh di rumah, jd sepertinya mau belajar juga utk LBH ngerti SEO ini

  8. Kaaan bagus banget tipsnya! Bookmarked nih! Btw Iis saya mau tanya, kalau taruh caption/deskripsi di alt-image, dia gak muncul di post kah? Terus meta deskripsi ini di mana ya letaknya wkwk (btw saya pake self-hosted WordPress, kali aja sama hehe)

    1. Saya pun pake self-hosted WP, mba 😀
      Kalau alt image itu ga bakal muncul di post, dia berfungsi untuk membantu Google bot crawling blog kita…
      Mba pake Yoast SEO kah? Meta description ada di daerah bawah setelah area menulis, atau biasa disebut snippet…

      1. Oooh, saya gak pernah isi hahaha. Berarti kudu diisi ya alt image itu, sip sip. Saya pakenya Jetpack, bagus mana si dibanding Yoast? Dan saya boleh nanya gak, kalau pake SEO di kedua plugin itu, mereka bantuin apa ya?

        1. Penting mba si alt image ini, soalnya google bot lebih suka baca si alt dibanding file name gambarnya 😀
          Jetpack mah sepahaman saya lebih ke maintanance blognya deh, kayak kalau server lagi down gitu nanti ngasih notif ke email.
          Kalau Yoast baru ke SEO, nanti di bawah area nulis ada indikatornya. Usahakan semuanya hijau, kalau ada 1 or 2 yang oren atau merah gapapa, masih dimaafin, hihihi…
          Bisa juga artikelnya dicek ke seobility.net mba, nanti ketauan mana aja yang harus diperbaiki biar SEO-friendly…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *