Hati-Hati Hoaks Vaksin Covid 19!

hati-hati hoaks vaksin covid 19 honeymoonjournal

Sudah setahun sejak kasus pertama Covid 19 ditemukan di Indonesia. Sudah setahun juga hidup kita “berubah”. Saya tak tahu berubah ke arah yang lebih baik atau lebih buruk di era “new normal” ini.

Kalau dilihat dari sisi kesehatan, tentunya kita melihat trend kasus positif Covid 19 di Indonesia belum mengalami penurunan yang signifikan. Masyarakat mulai tak acuh karena urusan ekonomi dan perut dirasa lebih darurat.

Pun dari sisi pendidikan, banyak sekali kendala yang dirasakan dari pihak guru maupun murid. Terutama di tingkat sekolah dasar, seperti pendidikan anak usia dini. Tidak semua materi dapat dipindahkan secara daring dengan mudah. Fitrah anak untuk bersosialisasi pun sangat berkurang karena tidak bisa lagi bebas bermain dengan teman sebayanya.

Tapi kalau dari sisi teknologi, kita mengalami akselerasi hampir 10 tahun! Protokol jaga jarak menjadi percepatan evolusi industri 4.0. Banyak perusahaan yang harus secepat mungkin mengalihkan model bisnis menjadi online. Melalui online, jangkauan menjadi lebih luas dan administrasi lebih mudah karena tidak harus datang ke tempat dan tatap muka.

Meskipun dari pendidikan cukup banyak tantangan, tapi pendidikan online pun mempunyai banyak sisi positif. Kursus dan kelas online banyak bertebaran. Jarak antara mentor dan peserta bukan lagi hambatan. Aplikasi virtual meeting pun dengan cepat memiliki update yang makin membuat nyaman pengguna.

*****

TETAP BERTAHAN DI ERA NEW NORMAL DENGAN VAKSIN COVID-19

vaksin covid-19

Menurut prediksi beberapa pakar, pandemi ini tidak akan selesai hanya dalam 1 atau 2 tahun. Tapi kehidupan harus tetap berjalan. Roda ekonomi harus terus berputar. Pendidikan harus terus dilakukan. Banyak hal lain yang harus tetap dilaksanakan meskipun ancaman virus Covid 19 masih mengintai.

Di kantor saya pun rekan kerja satu divisi sudah terjangkit Covid 19. Protokol semakin diperketat dengan tracking perjalanan setiap minggu. Alhamdulillah, 2 orang rekan saya sudah kembali sehat dan masuk kerja lagi tanpa gejala berat saat sakit.

Tahun lalu, seluruh ilmuwan di dunia bekerja sama untuk menemukan vaksin Covid 19. Wow, ini adalah kali pertama orang sebanyak ini meneliti sebuah penyakit! Berbagai penelitian pun dijalankan secara simultan karena vaksin harus segera diciptakan dan disebar ke seluruh dunia.

Apakah vaksin Covid 19 merupakan solusi pamungkas pandemi ini?

*****

HOAKS TENTANG VAKSIN COVID-19

hoaks vaksin covid-19

Kemenkominfo menemukan ada 105 hoaks (berita palsu) tentang vaksin Covid 19. Jumlah yang sangat tinggi! Dulu tersebar hoaks tentang virus Covid-19 ini sendiri, seperti tersebarnya gambar hasil zoom yang ‘katanya’ bentuk virus Covid 19 padahal nyatanya itu gambar zoom seekor serangga.

Sebelum vaksin ditemukan, orang-orang sangat khawatir tentang virus dan minta penemuan vaksin dipercepat. Sekarang vaksin sudah ada, hoaks tentang vaksin pun menyebar dan membuat cemas lagi.

Ini ada beberapa hoaks terkait virus covid 19:

  1. Vaksin Covid 19 menyebabkan wanita mandul. Berita ini tersebar di twitter mengatasnamakan perusahaan Pfizer. Nyatanya, Pfizer menepis isu tersebut dan mengatakan tidak ada masalah keamanan yang signifikan selama studi vaksin.
  2. Pesan berantai mengatasnamakan WHO yang berisi link pendaftaran vaksin Covid 19. Faktanya, vaksinasi di Indonesia hanya dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan gratis
  3. Adanya kandungan boraks dan formalin dalam Sinovac. Faktanya, produksi vaksin Sinovac tidak menggunakan pengawet dan bahan lain seperti merkuri, formalin dan boraks. 
  4. Vaksin mengandung sel vero yang tidak halal. Faktanya, sel vero yang berasal dari kera hijau Afrika ini hanya sebagai media pengembangan kultur virus untuk memperbanyak virus. Virus yang sudah terbentuk pun dipisahkan dari sel vero sehingga sel vero tidak terbawa dalam proses akhir pembuatan virus. Majelis Ulama Indonesia pun sudah menyatakan bahwa vaksin Covid 19 tidak mengandung bahan haram.
  5. Vaksin yang disebar sebagai kelinci percobaan karena tertulis “Only for clinical trial”. Faktanya, kemasan vaksin yang ada label tersebut digunakan untuk uji klinis fase 3 dan berisi vaksin dan suntikan dalam satu kemasan. Sedangkan vaksin yang disebar dikemas dalam bentuk botol kaca single dose, sudah lolos uji BPOM dan aman.
  6. Vaksin Covid 19 mengandung chip untuk melacak manusia. Faktanya, vaksin tidak mengandung chip yang merupakan benda padat. Barcode pada botol dan kemasan vaksin diperlukan untuk pelacakan vaksin dan kepada siapa vaksin tersebut disuntikkan.
  7. Vaksin Covid 19 mengubah genetika seseorang. Faktanya, mRNA dalam vaksin hanya akan memicu respon antibodi tubuh agar lebih siap jika virus Covid-19 sesungguhnya menyerang. Jadi, mRNA tidak akan berinteraksi maupun mengubah DNA tubuh kita dengan cara apapun.
  8. Puluhan wartawan terkapar setelah divaksin. Faktanya, ada 5 awak media yang menjalani observasi dan merasa keluhan efek amping pas penyuntikan vaksin. Setelah diperiksa, salah satu penyebabnya karena kurang istirahat sebelum vaksinasi. Kelima awak media tersebut pun dalam kondisi sehat. 

Contoh berita ada adalah hoaks, ya… Kita perlu menelusuri lebih dalam informasi yang menyebar di media sosial kita. Kalau ternyata hoaks dan kita ikut menyebarkan berarti kita sudah memberitahu berita palsu kepada orang-orang. 

*****

SUDAH VAKSIN COVID-19, TETAP PATUHI PROTOKOL 3M

Vaksin merupakan langkah pencegahan agar penyakit tidak semakin menyebar. Khususnya Covid 19, vaksinasi pun salah satu solusi agar pandemi dapat berhenti. Di Indonesia sendiri, vaksinasi sudah masuk tahap kedua. Setelah tahap pertama pada Januari 2021 untuk tenaga kesehatan dan garda depan pemerintahan, kini giliran lansia dan para pelayan publik.

Pekerja publik meliputi tenaga pendidik (guru, dosen), pedagang pasar, tokoh agama, pejabat negara, pegawai daerah, attel, jurnalis, keamanan, transportasi publik dan pelaku sektor pariwisata. Ibu saya pun masuk ke dalam daftar penerima vaksin akhir bulan Maret ini.

Vaksin ini gratis dari pemerintah dan tanpa syarat. Distribusinya bertahap sesuai prioritas. Untuk kita-kita yang masih muda, usia produktif dan tidak bekerja di garda depan publik, mohon bersabar mendapatkan jatah vaksin Covid 19 ini, ya…

Khusus untuk yang memiliki KTP DKI Jakarta, Halodoc sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyediakan layanan DRIVE THRU VAKSIN COVID-19 UNTUK LANSIA. GRATIS! 

vaksin covid-19 halodoc drive thru

Layanan ini sudah tersedia sejak tanggal 3 Maret 2021 bertempat di PARKIR HALL C JIEXPO KEMAYORAN, KECAMATAN PADEMANGAN, JAKARTA UTARA. Layanan drive thru ini diharapkan dapat membantu mensukseskan distribusi vaksin ke seluruh Indonesia dengan aman tanpa berkerumun. Meskipun baru Jakarta, semoga bisa cepat tersedia di berbagai daerah lain.

Caranya cukup mudah, yaitu tinggal daftar di aplikasi Halodoc melalui banner di halaman depan aplikasi Halodoc. Kita bisa mengisi tanggal dan waktu kunjungan sesuai waktu yang kita inginkan.

Meskipun sudah vaksinasi, TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN 3M, ya! Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Vaksin bukanlah obat. Vaksin mempercepat pembentukan herd immunity agar penyebaran virus cepat menurun. 

Apakah masih ada kemungkinan tertular? Kemungkinan ini masih ada tapi jika kita sudah divaksin, maka gejala yang timbul tidak akan berat.

Pencegahan utama agar terhindar dari pandemi adalah menjaga kebersihan diri dan menghindari kerumunan orang banyak.

Semoga, pandemi cepat berlalu sehingga kita bisa bertemu lagi dengan orang-orang terkasih secara leluasa dan aman. Pandemi belum selesai, vaksin Covid-19 sedang dilakukan. Telusuri lebih dalam jika ada berita yang tidak jelas sumbernya agar kita dan keluarga terhindar dari hoaks yang membuat cemas.

*****

Sumber:
1. Antara News – Hoaks Vaksin Covid-19 Sebabkan Wanita Mandul
2. Detik Health – Sederet Hoax Vaksin Sinovac yang Tak Perlu Dipercaya Lagi
3. Detik Health – Hoax Kemenkes Bantah Puluhan Wartawan Terkapar Setelah Vaksinasi Covid-19
4. DPPKBMD Bantul – Ini Fakta Penting Vaksin Covid-19
5. Kompas – Kemenkominfo Temukan 105 Isu Hoaks Terkait Vaksin Covid-19
6. Popmama – Hoax yang Sempat Bikin Heboh Selama Setahun Pandemi Covid

10 tanggapan pada “Hati-Hati Hoaks Vaksin Covid 19!”

  1. Banyak juga ya hoax tentang vaksin yang beredar, kayaknya sih dari orang-orang anti vaks ya.
    Semoga dengan semakin banyak yang memberantas hoax gini, akan semakin sedikit orang yang kemakan hoax.

    Btw Halodoc ini membantu banget loh selama pandemi ini.
    Saya berkali-kali, konsultasi dokter dan beli obat melalui Halodoc, praktis:)

  2. Iya nih Kak, buanyaakk bgt hoax yg beredar seputar covid 19, vaksinnya dan sebagainya.
    Jadi malesin bgt ye kan.
    semoga dgn literasi yg baik, kita bisa terhindar dari dampak hoax ituuu

  3. saya sudah vaksin akhir februari 2021 di salah satu rumah sakit di Kota Batu. Pengalamannya sehat setelah divaksin, tidak ada kendala yang tidak pas seperti kebayang informasi tidak sesuai.

  4. Kalo masalah hoaks kita sebagai individu terpelajar semoga bisa membedakan yang hoaks da yang bukan ya. Kalo saya pribadi, justru harus mengetahui & mempersiapkan diri dari ‘kipi’ sebelum vaksinasi.

  5. drive thru vaksinasi covid-19 bagi lansia ini kerjasama kemenkes dengan Halodoc ini semoga segera di perluas jangkauannya ya, nggak cuma buat yang ber KTP DKI saja

  6. Waah… terima kasih informasi jawaban-jawaban dari hoax yang beredar mbak. No 6 itu paling aneeh banget. kalo sampai ada yg percaya .. ampuun deeh.

  7. Itu dia pentingnya literasi. Sjpaya masyarakat gak gampang tergiring berita yang ga bertanggung jawab. Kupenasaran kalo udah vaksin hidup kita setenang kaya dulu lagi gak yaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *