Langkah Tepat Memulai Usaha Toko Roti di Rumah

tips buka usaha roti rumah honeymoonjournal.com

Di masa pandemi ini, ternyata banyak peluang bisnis yang bisa dimulai dari rumah. Tapi menjalankan sebuah bisnis, memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun jika seandainya sukses nanti maka keuntungan yang didapatkan juga berlimpah. Salah satu di antara pilihan usaha yang benar-benar digemari oleh masyarakat saat ini adalah usaha toko roti atau bakery. 

Selain makanan berat, memang cemilan atau makanan semacam ini tak kalah populer. Karena selalu menghadirkan inovasi terbaru yang pastinya akan sangat disukai oleh masyarakat. Ditambah lagi tak jarang acara-acara tertentu juga membutuhkan suguhan dalam bentuk ini.

Source: pch.vector from freepik.com

Kondisi kemarin yang mewajibkan kita untuk #dirumahaja menjadikan banyak bermunculannya ide-ide kegiatan di rumah. Termasuk booming-nya resep-resep roti, mulai dari yang simpel hingga yang advanced.  Sehingga banyak juga yang memulai usaha roti rumahan. Yang awalnya hanya iseng untuk mengisi waktu luang malah menjadi bisnis yang serius.

Hanya saja memang untuk modal yang harus dikeluarkan tak jarang cukup besar, sehingga menjadi kendala tersendiri bagi yang budget atau modalnya terbatas. Tak perlu khawatir, karena nyatanya Anda dapat memangkas modal tersebut dengan membuka usaha di rumah, tidak perlu sewa outlet untuk penjualannya. Lalu bagaimana langkah memulainya agar bisa sukses?

*****

Berikut yang dapat Anda coba, yaitu:

1. TERUS TRIAL RESEP

tips buka usaha roti rumah

Teruslah mencoba sampai menemukan resep yang paling nikmat. Usaha di bidang kuliner memang sangat bergantung dari segi rasa dan tampilan. Jadi utamakan untuk mengasah kemampuan dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan resep yang benar-benar nikmat pada kue yang akan dijual nantinya. Rasa yang otentik pun dapat menjadi personal branding yang oke. Lalu beli semua bahannya di toko bahan kue online nomor satu dengan harga terjangkau.

*****

2. BUKA OPEN ORDER ONLINE

tips buka usaha roti rumah

Bagi yang masih pemula dan tidak ingin resiko rugi karena produk tak laku, cobalah menerapkan cara yang satu ini.  Mulailah usaha roti dari rumah dengan membuka open order. Jadi tidak ada kekhawatiran roti yang sudah dibuat tidak terjual karena produksi sesuai pesanan. Bisa dilakukan secara online juga sehingga nantinya lebih banyak orang yang tahu mengenai produk yang Anda jual tersebut.

*****

3. BERIKAN TESTER

Berikan tester agar orang-orang mengetahui kualitas rasa dari kue atau roti yang Anda jual. Apalagi bagi usaha yang masih pemula terkadang memang tampak meragukan. Maka cobalah untuk memberikan tester kepada konsumen terlebih dahulu. Sehingga nantinya mereka akan penasaran pada produk tersebut.

*****

4. TENTUKAN HARGA JUAL YANG TEPAT

Pastikan untuk menentukan harga jual secara tepat. Sebagai pelaku bisnis baru hendaknya survey terlebih dahulu harga di pasaran dan juga dengan perhitungan biaya pembuatannya. Di awal, jangan terlalu banyak ambil keuntungan agar bisnis tetap jalan.

*****

Salah satu bahan yang sangat penting dalam pembuatan kue adalah mentega. Merek mentega pun sangat beragam. Merek yang paling terkenal dan sering digunakan oleh pelaku usaha roti salah satunya adalah mentega Wisman. Belanja bahan kue lebih mudah bisa secara online ke TokoWahab yang siap membantu menyediakan yang dibutuhkan oleh setiap pembeli.

Yang bisa bikin roti, yuk coba mulai usaha roti dari rumah!

13 thoughts on “Langkah Tepat Memulai Usaha Toko Roti di Rumah”

  1. Trial and error ini penting banget ya 🙂 ibuku kalau bikin kue sering, tapi bikin roti hampir gak pernah. Beberapa temen di sosmed suka “pamer” bikin roti ya ampun jago-jago banget. Bikin ngiler haha. Walaupun yeah pasti mereka juga pernah gagal pas awal-awal bikin 🙂

  2. Tips yang lengkap ini. Saat pandemi memnag usaha kuliner termasuk roti bertumbuh cepat. Teman-teman saya juga pakai open order online sehingga sudah pasti terbeli rotinya. Apalagi kalau bahan bakunya bagus dan dibeli di tempat yang tepat pasti bakalan makin mantap hasilnya

  3. Masalahnya saya ga punya keahlian dan alat bakingnya nih. Dulu waktu kerja di Taiwan, setiap Minggu bikin roti tawar sendiri. Tapi kan pakai alat otomatis. Jadi cuma masukin bahan, colokan listrik tekan tombol on. Udah tunggu sampai bunyi alarm, tanda roti tawar udah matang. Hehehe…

  4. Benwr deh trial kudu sebanyak2nya sampai rasa roti lezat. Ga apa2 sesekali atau seeing error hahaha yg penting usaha keras kan membawa hasil. Jualan di pandemi corona meningkat, apalagi kalau kita pandai juga marketingnya ya. TFS tipsnya bermanfaat sekali.

  5. Bener deh trial kudu sebanyak2nya sampai rasa roti lezat. Ga apa2 sesekali atau sering error hahaha yg penting usaha keras kan membawa hasil. Jualan di pandemi corona meningkat, apalagi kalau kita pandai juga marketingnya ya. TFS tipsnya bermanfaat sekali.

  6. Memberi tester dulu jarang dilakukan oleh pembuat roti, mereka fokus saja pada proses pembuatan dan penataan. Padahal, tester bagian dari marketing yang efektif. Ohya, aku sampe sekarang bercita-cita punya usaha roti. Tips yang dibagikan ke sini jelas berguna buat menambah pengetahuanku. Moga tercapai, doain ya mbak 😀 Ohya, tfs ya.

  7. Waaah….aku mah jauh dari bikin usaha roti. Masih di tahap belajar bikin roti, apalagi sekarang beli bahan-bahannya juga lebih mudah. Bisa belanja online. :))

  8. Saya dulu pernah buka usaha donat sebelum terjun ke make up. Tepatnya sih, suami yang buka usaha itu. Setengah tahun kemudian kami memutuskan berhenti karena mau fokus ke WO. Eh, si sulung rupanya ada bakat dan passion di bidang kuliner rupanya. Dia suka bikin kue2 gitu meski ngga dikomersilkan. Hihi…

  9. wah… bikin roti tuh benar-benar asing buat aku. Bukan tidak mau, tapi memang tidak pernah jodoh mungkin untuk bersentuhan dengan membuat roti di rumah. Padahal bisa bikin roti bahkan menjadikannya ladang bisnis juga terpikirkan…

  10. Ada tetangga yang di PHK karena pandemi corona. Sebulan setelah mengistirahatkan diri dan mencari ide, akhirnya buka usaha roti rumahan. Alhamdulillah orangnya gigih, mau berusaha tak kenal lelah, dan mau membuka diri/tidak minder karena PHK. Tulisan ini akan saya copas ke dia untuk penyemangat. Tetap ikhtiar di tengah keterbatasan. Makasih tulisannya. Sangat menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *