5 Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja

Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja

Gimana nih rasanya udah mau sebulan lebih kerja dari rumah? Udah puyeng belum sama manajemen waktu antara ngurus anak dan kerjaan? Hihihi… Jadi makmak ataupun bapak-bapak yang udah punya anak ternyata nggak segampang itu ya bagi waktu untuk work from home. Anak pasti minta perhatian lebih kalau ibu-bapaknya ada di rumah. Apa lagi anak masih kecil. Belum ngerti deh itu kalau orang tuanya masih harus tetep kerja walaupun nggak pergi ke kantor.

Kantor saya pun akhirnya memberikan kebijakan work from home parsial. Artinya bergiliran 2 hari masuk kantor 2 hari libur. Kalau Kangmas masih harus ngantor tapi jam masuknya lebih fleksibel. 

Selama saya wfh ini, whoaaa Kabay seneng banget! Saya ada di rumah = nen sepanjang hari! Soalnya kalau ditinggal kerja, dia sama sekali nggak mau minum ASIP. Sufor ataupun UHT pun kadang-kadang nggak setiap hari.

“Mumpung Mbun di rumah nih, nen terus aaah…” Gitu kali ya mikirnya.

Selama wfh, saya mengamati kegiatan temen-temen saya selama mereka #dirumahaja. Biar nggak bosen gitu kegiatan berputar hanya sekitar bangun tidur-makan-rebahan-cek medsos-kerja bentar-rebahan-makan-tidur. Dari mana saya tahunya? Dari mana lagi, selain dari IGStory~ 

Ini dia 5 ide kegiatan hits saat #dirumahaja:

1. TRIAL MASAKAN

Semenjak #dirumahaja, entah mengapa perut ini lebih sering minta diisi. Iya, nggak? Bawaannya tuh laperrrr mulu. Kalau temen saya yang mendampingi anak-anaknya belajar di rumah, anak-anaknya jadi makin sering minta makan. Tapi, kalau mau jajan ke luar juga serem bin riweuh kan… Pake masker, pulangnya cuci tangan, cuci kaki yang bersih. Rempong deh. Jadinya kegiatan yang paling hits selama #dirumahaja adalah TRIAL MASAKAN.

Saya pun termasuk yang mengisi waktu di rumah dengan masak. Mulai dari masakan rumahan biasa sampai resep-resep kekinian, seperti Dalgona Coffee.

Saya dan Ibu jadi punya waktu untuk bikin 3 bumbu dasar, yaitu bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu putih. Biar nanti kalau masak tinggal “Sreng! Sreng!” Praktis!

Kalau adik saya lagi kesenengan bikin Dalgona Coffee. Itu looh cara riweuh minum kopi. Udah cape-cape bikin coffee foam-nya diaduk sampai tangan berotot, ujung-ujungnya dicampur juga sama susu. Hahahaha…

Terus buat pie susu teflon, bikin donat goreng. Yaa, cemilan-cemilan gitu deh untuk memuaskan hasrat mengunyah.

masak Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja

*****

2. MAIN BINGO DI IGSTORY

Ini bacanya ‘bingo’, ‘binggo’ atau ‘binjo’, sih? Nggak ngerti saya, hahaha…

Ini juga lagi hits di IGStory. Entah siapa yang memulai, tapi lumayan seru sih ngisi-ngisi bingo terus tag ke orang lain gini. Ada yang bingo tentang sekolah masing-masing, tentang drama korea, artis, film yang udah ditonton sampai nostalgia 90an.

Templatenya bisa minta aja ke temen-temen via DM atau save dari akun-akun lain. Kalau saya sih random aja milihnya, yang pasti saya bisa ngisinya, hehehe…

Coba deh ikutan!

instagram bingo Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja

*****

3. NONTON NETFLIX SERIES / MARATHON DRAKOR

Katanya sih TV series di Netflix lagi pada bagus-bagus. Tapi saya nggak tahu apa aja. Monmaap, nggak langganan soalnya, hehehe… Kalau menurut IGS temen-temen saya sih, mereka lagi ngikutin Kingdom, Money Heist.

Kalau drakor sih lumayan ngikutin laah… Geng pumping juga suka ngomongin. Ada Crash Landing on You, Ittaewon Class, Hotel De Luna. Bahkan temen saya lagi rewatching drama jadul, seperti Meteor Garden, dooong…

Mau nonton sampai subuh pun nggak masalah soalnya bisa bangun siang.

Tapi untuk buibu yang udah punya anak sih masih harus diatur ya manajemen waktunya. Nanti kalau anak ngajak main kitanya malah ngantuk, hihihi…

netflix vs drakor
Netflix vs Drakor. Who wins?

*****

4. IKUT ONLINE COURSE / WEBINAR

Ini salah satu kegiatan saya selama dapet giliran wfh. Ternyata ada beberapa platform yang menggratiskan layanannya selama beberapa waktu looh…

Kalau saya ikut kursus online di Skill Academy dengan menggunakan kode voucher KELASGRATIS. Waktu bulan Maret lalu, Skill Academy menggratiskan 1 kelas manapun untuk akses selama 2 minggu. Kalau bayar biasa sih bisa unlimited access. Maklum deh, gratisan mah kita ngikut aja sama yang ngasih.

Kode ini bisa di-redeem sampai tanggal 31 Maret. Eeh, ternyata diperpanjang sampai 3 April. Langsung deh saya cuss daftar beberapa kelas lagi pakai email Kangmas dan Ibu. Hahaha… Jangan sampai melewatkan kesempatan gretongan banget dah ini.

online course Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja

Kelas yang saya ikuti adalah Teknik Creative Writing dan Storytelling pada Karya Non-Fiksi, Manajemen Waktu agar Lebih Produktif, Investasi Saham dan Islamic Financial Planning. Kalau Kangmas ikut kelas Mempersiapkan Dana Pensiun dan Career Hacks: Menjadi Kompeten di Segala Kondisi. Ngeborong, buuu…

Lumayan banget deh, udah gratis dapet sertifikat pula. Tapi emang harus ngebut kalau ikut banyak kelas gini. Jadinya saya buru-buru catat aja materinya di sela-sela Kabay tidur.

Nah, sebenarnya Tempo Institute juga mengadakan kelas menulis gratis. Tapi cuma sampai 22 Maret dan saya ketinggalan info, huhuhu… Nggak apa-apa deh, udah ngambil banyak kelas juga.

Kalau webinar masih banyak yang mengadakan. Ada dari IDX yang kerja sama dengan sekuritas tentang saham. Mandiri Sekuritas juga suka ngadain streaming course. Beberapa akun IG suka live juga untuk sharing dan diskusi. Tinggal kita menyediakan waktu dan kuota aja kalau memang niat ingin ikut.

*****

5. RUMPI ONLINE

Aplikasi apa yang sekarang hits banget selama #dirumahaja? Ya, Zoom!

Zoom adalah layanan online asal Amerika untuk video teleconference. Awalnya, Zoom biasa digunakan untuk online meeting dan berbagi materi. Tapi, semenjak himbauan #dirumahaja dan sekolah diliburin, Zoom ini jadi dipakai untuk banyak keperluan.

Misalnya seorang dosen atau guru yang mengadakan pembelajaran online. Supaya tetep bisa tatap muka, pakai Zoom deh. Kenapa nggak Hangout atau Skype? Soalnya Zoom ini bisa sampai 100 partisipan! Lebih dari sekelas kan itu. Pemakaian kuota pun katanya sih lebih hemat dibanding aplikasi sebelah. 

Nah, kalau kangen sama geng rumpi karena nggak bisa ketemuan, bisa via Zoom. Walaupun fisik nggak bisa ketemu, tapi seenggaknya masih bisa ghibah nanya kabar dan hahahihi melepas rindu via online. Terus di-screeshot, post di IGStory terus tag temen-temen deh.

zoom
Ini sih ibu saya yang lagi melepas rindu dengan anak-anak muridnya, hihihi…

*****

Gimana? Berfaedah kan ya, 5 ide kegiatan hits saat #dirumahaja ini. Tetep bisa melakukan hal-hal yang positif meskipun area jalan-jalan hanya sekitar kamar-dapur-kamar mandi, hehehe…

Kalau kalian, udah melakukan apa aja selama #dirumahaja? Tulis di kolom komentar yaa…

Stay at home, stay safe, stay healthy, everyone!

2 thoughts on “5 Ide Kegiatan Hits Saat #dirumahaja”

  1. Ya ampun aku banget nih Mbak ngisi berbagai macam template di IG.. haha sampai story titik-titik. Rumpi sama teman via video call juga kadang-kadang, rindu ngobrol ngalor ngidul. Semoga pandemi ini segera berakhir ya Mbak.. biar kita bisa beraktivitas dengan normal lagi.

    1. IGStory udah kayak jahit tusuk jelujur ya, hihihi… Emang seru sih ngisi-ngisi gitu…

      Aamiin ya Allah, udah kangen ini jalan-jalan nggak pake masker dan parnoan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *